APLIKASI DCM BIMBINGAN DAN KONSELING

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Ada beberapa contoh aplikasi instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan siswa, antara lain  Daftar Cek Masalah (DCM), Inventori Tugas Perkembangan (ITP), Alat Ungkap Masalah (AUM), Analisis Tugas Perkembangan (ATP), dan lain-lain. Selain itu pengalaman Konselor dalam melaksanakan program pelayanan konseling dan masukan dari berbagai fihak terkait juga dapat digunakan sebagai dasar penyusunan daftar kebutuhan konseli.

DCM adalah sekumpulan pernyataan yang harus ditanggapi oleh siswa dengan jujur dan masalah yang saat ini terjadi/ dialami, apakah pernyataan-pernyataan tersebut saat ini menjadi masalah pribadinya atau tidak. Pernyataan-pernyataan  tersebut dalam jenjang SMP dan SMA, dikelompokkan kedalam 12 bidang masalah, yakni:
Ada beberapa contoh aplikasi instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan sis APLIKASI DCM BIMBINGAN DAN KONSELING

  1. Masalah Kesehatan
  2. Masalah Ekonomi
  3. Masalah Rekreasi dan Hobby/Kegemaran
  4. Masalah Kehidupan Sosial
  5. Masalah Hubungan Pribadi
  6. Masalah Muda-Mudi
  7. Masalah Kehidupan Keluarga
  8. Masalah Agama dan Moral
  9. Penyesuaian terhadap Sekolah
  10. Masalah Penyesuaian terhadap Kurikulum
  11. Masalah Kebiasaan Belajar
  12. Masalah Masa depan dan Cita-Cita, dan
Dari pernyataan-pernyataan masalah yang dipilih oleh siswa, selanjutnya Konselor Sekolah atau Guru BK dapat mengolah hasil jawabannya kedalam program excel. Harapannya pekerjaan kita akan lebih cepat, mudah dan akurat.
Setelah hasil analisis masalah telah kita peroleh, Konselor/Guru Pembimbing dapat merumuskan dan menyusun strategi jenis layanan Bimbingan dan Konseling apa yang saat ini mendesak dibutuhkan oleh siswa.
Silahkan Bapak dan Ibu Guru sesuaikan dengan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling pada Pedoman Operasional Guru Bk di Kurikulum 2013.

Wassalamualaikum wr.wb

Silahkan klik link di bawah ini jika Anda ingin mengunduh file : 

:::::::::::::::DCM SMP & SMA (40 Siswa):::::::::::::

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Belum ada Komentar untuk "APLIKASI DCM BIMBINGAN DAN KONSELING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel