CARA MEMADATKAN WARNA FOTO DI PHOTOSHOP

Kali kita akan belajar memadatkan warna foto kita menggunakan Adjusment tool pada photoshop. Foto yang dihasilkan Oleh Kamera - kamera digital seperti canon pastilah sangat beda dengan yang dihasilkan oleh Smartphone. dikarenakan perbedaan pixels yang dimiliki oleh kedua kamera tersebut. jika membandingkan hasil foto kedua kamera tersebut maka anda akan melihat warna yang di hasilkan oleh jepretan kamera digital akan lebih padat dan tajam sedangkan foto yang dihasilkan pada kamera handphone terlihat lebih pudar. disinilah kekurangan kamera pada handphone. namun kata pudar disini bukanlah foto yang dihasilkan pecah - pecah ,melainkan warna yang di tangkap oleh kamera handphone kita kurang banyak.

Bisakah kita mengedit kepadatan warna pada foto ?

Iya kita bisa. semua jenis gambar yang ada bisa di ubah komposisi warnya menggunakan aplikasi grafis, diantara aplikasi grafis itu yang paling banyak penggunanya adalah Photoshop. 

Mengatur Kepadatan Warna foto di  Photoshop

Sesuai permasalah warna foto yang kita alami diatas, maka photoshop lah jalan untuk memcahkannya. dimana kita bisa menggunakan beberapa tool pada adjustments panel untuk memadatkan warna. diantaranya Brightness and Contrast, Levels, Curves, Exposure. 

Adjustment tool

Untuk memanggil adjustment panel anda bisa pergi ke Windows - Adjustment. maka anda akan melihat panel yang didalamnya terdapat pilihan - pilihan untuk mengatur warna. namun disini kita akan memahami 4 dari 15 element itu. dibawah adalah contoh gambar yang belum tersentuh pengaturan apapun.

Menerapkan Adjustment Panel untuk Mengatur kepadatan Warna pada Foto

1. Memadatkan Warna Foto menggunakan Brightness and Contrast di Photoshop

Klik pada Pilihan nomor 2 (Brightness and contrast) maka layer adjustment diatas foto kita akan terlihat dan panel pengaturan akan tampil. Aturlah Brightness menjadi - 27 dan Contrast 19, check juga Use Legacy. Bbrightness disini berfungsi untuk mengatur terang dan gelapnya warna keseluruhan gambar kita. sedangkan Contrast berfungsi untuk mengatur kepadatan dari masing masing warna yang ada. 

2. Memadatkan Warna Foto menggunakan Levels pada Photoshop

Klik pada pilihan nomor 2 ( Levels) maka Layer adjusment akan tampil di atas foto begitupun pengaturan panelnya akan terlihat. gunakan mode RGB atau default karena kita akan mengatur warna yang ada secara keseleuruhan. ada tiga pilihan pengaturan yaitu Black (sebelah kiri, abu - abu (tengah) dan White (sebelah kanan). 3 pilihan ini kita gunakan untuk menambah terang dan gelapnya warna pada gambar.
Atur Black menjadi 54 dan white 247. maka warna pada foto akan terlihat padat. disebabkan kita telah menambahkan warna hitam untuk lebih memadatkan warna pada area yang gelap dan putih untuk lebih memadatkan warna pada area yang memiliki intensitas cahaya lebih tinggi. untuk abu - abu kita biarkan di tengah. untuk melihat pengaruh dari abu - abu , coba geser ke kiri dan kenanan.

3. Memadatkan Warna Foto Menggunakan Curves pada photoshop

Kli pada Pilihan nomor 3 yaitu Curves. pada Panel pengaturannya klik pada garis kurva dan tarik kebawah. lanjutkan klik yang kedua dan tarik kebawah sedikit. lihat gambar dibawah. maka foto akan terlihat padat. untuk cara kerjanya sebenarnya hampir sama dengan Levels yaitu pngaruh Hitam dan Putih. namun kelebihan Curves ada pada tonesnya. yang akan kita bahas padaa pertemuan selanjutnya.

4. Memadatkan Warna Foto Menggunakan Exposure pada Photoshop

Klik pada nomor 4 yaitu Exposure maka layer adjustmen diatas foto kita akan terlihat dan panel pengaturan akan tampil. Aturlah gamma menjadi 0,64 dan Exposure +0,25. maka warna pada foto akan terlihat lebih padat dari sebelumnya. jika masih kurang, cobalah anda otak atik sampai menemukan hasil yang pas.

Saya rasa untuk memadatkan warna dengan cara yang cepat dan sederhana seperti diatas sudah bisa mengurangi waktu kita untuk edit sebuah foto di photoshop.
Kesimpulannya adalah :
semakin banyak kita mencampur warna hitam pada satu warna yang sudah ada maka warna tersebut akan semakin gelap, sebaliknya jika kita menambahkan warna putih pada warna yang sudah ada maka warna kita akan menjadi lebih muda dan terlihat terang.

Selamat belajar. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMADATKAN WARNA FOTO DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel