CARA MEMBUAT EFEK FOTO DI ATAS PLASTIK MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

MEMBUAT EFEK FOTO DI ATAS PLASTIK MENGGUNAKAN PHOTOSHOP - kali ini kita akan belajar membuat efek plastik di photoshop, dimana kita akan membuat foto terlihat seperti terukir di atas plastik.

Apa itu Plastik ?

Plastik adalah istilah umum bagi polimer, yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen - elemen lain yang mudah di menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran. plastik sering kita temukan sehari. mulai dari tempat minuman hingga pembungkus makanan. bentuknya puun berbeda - beda, ada yang bulat, segi empat dan lain - lain. namun pada kesempatan ini , kita akan membuat efek plastik yang tipis seperti pada kontong plastik dan sejenisnya. 

sebagai bahan pertimbangan, saya memperlihatkan hasil dari tutorial kita kali ini - seperti gambar dibawah. terlihat efek cahaya yang dihasilkan plastik akibat lipatan - lipatannya. foto yang ada didalamnya pun ikut dalam nuansa lipatan tersebut.

MEMBUAT FOTO MENJADI PLASTIK DI PHOTOSHOP

Jika anda tertarik untuk mengetahui caranya, maka pelajari baik - baik.

Cara Membuat Foto diatas Kantong Plastik Menggunakan Photoshop

Step 1

Buat lembar baru dengan ukuran 1200 x 900 pixels. dengan background putih

Step 2

Membuat Plastik di Photoshop.
Buat layer baru diatas background. kemudian tekan G atau pilih Gradient tool yang ada di toolbar. gunakan warna gradient standar - hitam dan putih - Mode Differenxe.
Tarik Gradient dari kiri kenan dan dari kanan kekiri berulang - ulang sampai anda mendapatkan model yang menyerupai gambar dibawah.
Jika sudah, kita save dulu file ini ke dalam bentuk PSD dengan nama Displacement. yang nantinya akan digunakan sebagai bahan utama agar terlihat realistis.
setelah itu, lanjutkan lagi. langsung pergi Ke Filter - Artistic - Plastic Wrap. dan atur Hightlight strengt, Detail dan Smoothness nya seperti dibawah. jika belum merasa puas maka ubah lagi.
 Klik ok dan hasilnya akan menyerupai gambar dibawah, nah sekarang kita sudah membuat tekstur plastik, yang akan digunakan sebagai bahan dalam proses tutorial kali ini.

Step 3

Bukalah foto yang ingin di beri efek plastik. usahakan ukurannya sama. jadi sebenarnya sebelum kita membuat ukuran awal lembar pertama tadi, kita harus tau dulu ukuran gamar yang akan di edit, agar saat menyesuaikan, gambar tidak rusak.
dibawah saya menggunakan gambar dari Pixabay.com - beri nama layernya "Foto".
 Pergi ke Filter - Distort - Displace.
 akan muncul kotak dialog pengaturan nilai displacenya, disini beri Horizontal dan Vertical scalenya 25, displacement map ::Stretch to fit, Undefined Areas :: Repeat edge Pixels. Klik ok
 Maka anda akan dibawa untuk mencari file psd yang sudah kita simpan tadi pilih dan OK.
selanjutnya ubah Blend layer ini menjadi Softlight. lanjutkan dengan kopi layer plastik kita tadi dengan menekan CTRL J lalu taruh di atas layer Foto dan berikan blend Luminosity.
Kopi layer foto kita CTRL J , bawalayernya ke paling atas dan beri blend Overlay dengan opacity 52%. maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
Nah sekarang anda tinggal melihat gambar sebelum dan setelah di edit. untuk mengetahui berapa banyak yang berubah hehe. mungkin Langkah - langkah di atas sudah bisa menjawab pertanyaan sobat semua. semoga bermanfaat.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT EFEK FOTO DI ATAS PLASTIK MENGGUNAKAN PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel