CARA MENAMBAHKAN EFEK SINAR CAHAYA MASUK KEDALAM RUMAH LEWAT JENDELA DI PHOTOSHOP

 Kali ini saya akan memberikan Trik pada anda semua Bagaimana Cara Menambahkan efek Sinar matahari masuk ke dalam ruangan melalui jendela rumah kita. teknik ini sangat berguna bagi pada desainer 3D interior maupun exterior, sebab pada alat rendering seperti Vray kadang cahaya yang kita inginkan tidak sama pada hasil rendering. nah photoshop lah sebagai alat terakhir editing sebelum di publikasikan pada dunia. teknik menggambar cahaya seperti ini akan membantuk kita sedikit demi sedikit memahami sifat cahaya ketika melewati sebuah jendela untuk masuk kedalam suatu ruangan.

sebagai bahan pertimbangan dibawah saya memperlihatkan perbedaan antara Sesudah diberi efek cahaya dan sebelum di beri efek. jadi bagi teman - teman yang ingin tahu caranya, silahkan ikuti baik - baik tutorialnya dibawah. 

Langkah - langkah Membuat Cahaya Masuk kedalam Rumah lewat jendela menggunakan Photoshop

Step 1

Buka gambar interior rumah kita di photoshop. disini saya menggunakan gambar dari Pixabay.com
kita akan membuat efek pada jendela sebelah kanan. 

Step 2

Gunakan Polygon Lasso tool. buatlah seleksi sesuai arah dari cahaya melalui jendela. caranya dijelaskan pada gambar dibawah.
 setelah terseleksi, langsung pergi ke Layer - New fill layer - Gradient.
 gunakan  gradient dari putih ke transparan. style liner. usahakan gradient kita fokus ke jendela jadi yang transparant akan mengarah ke lantai. ceklist Reverse jika ingin memutar balik posisi gradient. klik ok jika sudah.
Beri nama pada layer "Cahaya 1",Berikan opacity 35%. nah sampai disini kita sudah menghasilkan efek cahaya yang masuk ke dalam rumah melalui jendela. namun masih belum realistis, sebab efek cahaya yang masuk seharusnya memiliki degradasi di pinggirannya. 

 Step 3

Kopi layer cahaya 1 - klik kanan dan pilih Rasterize Layer - atur nilai opacity jadi 35%. lanjutkan dengan pergi ke Filter - Blur - Gaussin blur. pakai radius 3. lalu tekan OK.
Klik kanan pada layer dan pilih Blending options. disini kita akan memberikan efek bias pada garis luar cahaya agar terlihat lebih alami. Pilih Outer Glow. - untuk Blend Mode gunakan Screen dengan Opacity 40%, selanjutnya Size 5 px. klik OK jia sudah.
Sinaryang kita hasilkan menurut saya sudah bisa terlihat alami dan menyatu dengan gambar. tapi kalau di lihat dengan seksama, pada jendela masih kurang begitu terang, padahal disitulah cahaya masuk. jadi kita berikan efek lagi.

 Step 4

Buatlah seleksi sesuai lubang jendela dengan menggunakan Polygon Lasso Tool dan beri warna Putih. tekan CTRL D untuk deselect atau menghilangkan seleksi. Berikan Softlight pada blendnya. nah sekarang barulah terlihat lebih alami lagi atau sudah bisa dikatakan masuk akal.
hasil Tutorial kita akan seperti dibawah ini.
Sekian Tutorial kita kali ini tentang pencahayaan pada photoshop. baca juga "Cara mengubah bwarna pada cahaya lilin pada Photoshop" jangan lupa komentarnya.
Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MENAMBAHKAN EFEK SINAR CAHAYA MASUK KEDALAM RUMAH LEWAT JENDELA DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel