CARA MENAMBAHKAN EFEK SINAR MATAHARI PADA POHON DI PHOTOSHOP

Menambahkan Sinar Matahari Pada Sela Ranting Pohon di Photoshop - Kesempatan kali ini kita akan mencoba menghidupkan foto hasil jepretan kita dengan menambahkan garis sinar matahari disekitarnya yang terbentuk oleh lubang dibagian perpisahan dedauan dan ranting pada pohon.

Apa itu Sinar Matahari ?

Sinar Matahari bisa juga di sebut radiasi matahari, yaitu sinar yang berasal dari matahari. sinar matahari sangat berguna bagi kehidupan manusia karena mempengaruhi segala aspek pertumbuhan yang ada didunia, seperti Fotosintesis tumbuhan,perubahan musim dan lain2. bagi seorang desainer memang harus banyak berjemur selain untuk mendapatkan vitamin D bisa sambil mengamati pengaruh benda terhadapat pancaran sinar matahari, berguna ketika kita akan membuat beberapa bentuk yang membutuhkan pengaturan cahaya dan bayangan.
Tutorial kali ini Hampir mirip fungsinya dengan pelajaran kita sebelumnya yaitu Cara Menambahkan Sinar Matahari Masuk dari Jendela Rumah Menggunakan Photoshop.

Dibawah ini adalah hasil dari tutorial kita kali ini, perbedaan antara sebelum pemberian efek sinar dan sesudahnya.


Cara Menambahkan Sinar Matahari Pada Pohon Di Photoshop

Step 1

Bukalah gambar anda di photoshop, dibawah saya menggunakan foto hasil jepretan Ray Bouknight  di Flickr.com - unduh gambar Disini

 Step 2 - Seleksi bidang cahaya pada gambar

Copy layer gambar kita - Tekan CTRL SHIFT U agar gambar menjadi hitam putih. atau pergi ke Image - Adjustment - Desaturate.
 Lanjutkan Pergi ke Image - Adjustment - Treshold.
atur tresholdnya sampai kita hanya mendapatkan warna putih pada bagian atas pohon saja, karna ingin yang akan digunakan sebagai bias cahaya nanti.
 kalau masih ada bagian putih dibawah, biarkan saja lalu klik OK. untuk menhilangkan bagian putih dibawah, cukup gunakan Brush dengan warna Hitam lalu warnai bagian putih yang tidak digunakan sampai hilang. seperti dibawah ini.

 Step 3

Pergi ke Select - Color range.
disini kita akan menyeleksi otomatis pada warna yang dinginkan. tujuan kita adalah menghilangkan warna hitam. jadi kita akan klik pada bagian warna hitam sehingga menjadi putih kelihatannya - "putih berarti tanda warna yang sudah terseleksi pada Tool Color range". Klik ok.
maka secara otomatis semua yang berwarna hitam sudah kita seleksi, sekarang wakunya menghapus nya dengan tekan Delete.

Step 4

Selanjutnya kita akan memerikan Efek pada hasil yang sudah kita dapat pada tahap ke3. 
Pergi ke Filter - Blur - Radial blur.

Pilih Zoom pada Blur Method - Best pada Quality, lalu atur Blur centralnya sesuai perpektif gambar kita, cukup klik dan tarik dimana tempat yg di inginkan. disini saya membawanya ke tengah atas sesuai perpektif foto yg digunakan. Amountnya berikan 90 - "sesuaikan". Klik OK jika sudah.
Sekarang kita sudah bisa melihat Efek Sinar Matahari Menembus bagia daun - daun pada Pohon, namun kalau dilihat sinar nya mesih kurang menyala, maka dari itu kita akan menambahkan satu efek lagi.

Step 5

Klik kanan pada Layer dan Pilih Blending Options - Gunakan Outer Glow lalu atur Opacity Blendmode 45% , Spread 1 dan Size 3. Klik OK.
Sekarang kita sudah memberikan efek pada sinar agar lebih terkesan menyala dengan menambahkan warna pada bagian luar garis cahaya kia.
Semoga ada kesan yang didapatkan dari tutorial kali ini. manfaat ilmu yang anda dapatkan adalah kebahagiaan saya karena telah berbagi ilmu sesama manusia. selamat mencoba. salam grafis.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MENAMBAHKAN EFEK SINAR MATAHARI PADA POHON DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel