TRIK MEMBUAT EFEK TEKS BESI MELELEH DI PHOTOSHOP

Belajar Efek Teks Photoshop | Kali ini kita akan membuat Efek Teks Besi atau Metal yang Meleleh di Photoshop. dengan mengikuti tutorial kali ini anda diharapkan mampu kombinasikan beberapa efek filter pada photoshop sehingga mendapat sesuatu yang unik. Tool yang paling utama pada tahap pembuatannya adalah Turbulence pada panel Liquify tool dan Plastic wrap pada Filter Artistic. keduanya akan menciptakan efek meleleh pada besi.

Apa Itu Besi ?

Seperti yang kita ketahui Besi adalah Unsur yang paling mudah ditemukan di bumi. 35% penyusun bumi adalah besi dan sebagian besar bisa di temukan didalam inti bumi kita. bsai sendiri bisa meleleh pada suhu 1.535 derajat celcius dan akan mendidih pada suhu 3000 drajat celcius. jadi Tutorial kita kali ini, memang sangatlah susah jika di tetrapkan pada dunia nyata,karena kita akan membuat efek teks besi meleleh. hehe.

Belajar Membuat Efek Teks Besi Meleleh di Photoshop

Membuat efek teks meleleh sebenarnya tidak sulit , yang penting kita mau belajar. sebelumnya kita sudah pernah membahas trik membuat metal yang hampir sama dengan tutorial kali ini yaitu Cara Membuat Efek Teks Metal dengan Texture Loreng di Photoshop. namun kali ini kita akan membuat besi atau metal itu menjadi meleleh agar terksesan Unik.
dibawah ini adalah contoh hasil tutorial kita
Belajar membuat efek teks besi meleleh di photshop

Langkah - langkah membuat Efek Teks Besi Meleleh di Photoshop.

Step 1

  • Buatlah lembar kerja baru dengan ukuran 1000 x 700 pixels. dengan warna Background  Putih.
  • Buatlah layer kosong baru di atasnya, beri nama layer "Meleleh". 
  • Lalu pergi ke toolbar dan pilih Horizontal Type Mask tool. Tulis pada lembar kerja kita. setelah itu tekan CTRL ENTER , maka huruf kita langsung menjadi seleksi. ketika anda menulis akan ada warna pink pada layar, nah itu menandakan bagian yang tidak terseleksi nantinya

 Step 2

Masih dalam keadaan seleksi pada huruf. Pergi ke Filter - Render - Clouds. maka huruf kita sekarang terisi. tekan CTRL D untuk menhilangkan seleksi.
Lanjutkan Pergi ke Filter - Liquify.
dalam panel liquify pilihlah Turbulence tool, pada arah panah dibawah. lalu buatlah efek yang mirip seperti gambar dibawah. cara menggunakan turbulence adalah dengan tahan klik pada bagian ujung huruf. lakukan sampai mendapat hasil yang di inginkan.
 Nah untuk hasil dari Turbulence saya sepert dibawah.

 Step 3

Pergi Filter - Artistic - Plastic wrap. gunakan Pengaturan dibawah.

 Step 4

Duplicate atau copy layer huruf kita dengan menekan CTRL J. dan berikan Overlay pada blend modenya.

 Step 5

Pergi ke Filter - Brush Strokes - Accented Edges. lalu gunakan pengaturan seperti dibawah. klik ok.

 Step 6

Klik kanan pada layer Meleleh atau layer utama kita. pilih Blending Options.
Gunakan Drop shadow, Bevel and Embos dan Stroke.
Pengaturan Drop Shadow
Pengaturan Bevel and Emboss
Pengarutan Stroke. pengaturan ini adalah pelengkap saja, jika kita akan menaruh huruf pada backgroud berwarna hijau, namun jika tidak menginginkannya, bisa diabaikan saja.
klik OK jika sudah.

 Step 7

Pergi ke panel layer. Klik pada icon adjusment yang berada di paling bawah lalu pilih Color Balance.

 Maka layer Color balance akan terlihat. dan pengaturannya seperti gambar dibawah.
Klik kanan pada layer Color Balance kita dan pilih Create Clipping Mask. agar hanya bekerja pada satu layer dibawahnya saja.

Sampai disini kita sudah bisa melihat Hasilnya. nah untuk backgroundnya sebenarnya anda bisa menggunakan apa saja, sebab inti dari tutorial ini adalah Menghasilkan efek teksnya saja.


Semoga Tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda sekalin. teruslah berkarya didalam suka maupun duka. jangan lupa komentarnya dan sharing kepada teman - teman yang lain,

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "TRIK MEMBUAT EFEK TEKS BESI MELELEH DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel