Tips Untuk Mempermudah Belajar Edit Foto di Photoshop

Halo sobatku semua. untuk pertemuan ini saya akan mencoba memberikan beberapa pengenalan tentang Belajar Edit Foto dengan Photoshop. agar sobat bisa lebih semangat lagi dalam mengasah kemampuan edit foto di photoshop. jika sobat adalah pemula maka saya sarankan untuk membaca baik - baik artikel ini. karena beberapa pengalaman yang pernah saya alami akan saya jabarkan, dan ini sangat bermanfaat bagi kita semua yang ingin belajar photoshop.

Belajar Edit Foto Dengan Photoshop.


Untuk menguasai Teknik dalam Edit Foto dengan Photoshop, sobat memang harus perbanyak latihan baik itu dirumah, di sekolah ataupun didalam pikiran. karena ilmu datang dari pengalaman latihan yang sudah dilakukan. nah agar lebih cepat dalam prosesnya maka saya akan memberikan beberapa Tips agar lebih mudah menguasai teknik  edit foto dengan photoshop.

Mengetahui Fungsi Toolbar dasar Photoshop

Dalam Photoshop sudah disediakan beberapa Tool dasar dalam proses editing. ketika membuka Photosop pastilah kita melihat Toolbar sebelah kiri yang berisi beberapa Tool. dibawah adalah toolbar Photoshop yang sudah saya kelompokkan berdasarkan fungsinya.
 untuk pertemuan ini saya akan mencoba memberikan beberapa pengenalan tentang Belajar Edit Tips Untuk Mempermudah Belajar Edit Foto di Photoshop
TOOL DASAR DALAM PHOTOSHOP


Saya sarankan untuk mengetahui semua fungsi yang ada diatas. karena semuanya memiliki kegunaan pada proses editing foto di photoshop. tapi perlahan - perlahanlah dalam belajar.
"berjalanlah jangan berlari, banyak bunga yang harus kau rasakan keindahannya"by safri,st.

Mengetahui Dasar Mengatur Warna Dengan Adjustment Panel

Ketika belajar edit foto dengan Photoshop kita tidak akan pernah terlepas dari warna. karena apapun yang di tangkap oleh mata kita, semua terbentuk dari gabungan warna. nah dengan tool yang satu ini sobat bisa menyentuh warna apapun yang ada pada foto, dengan menggunakan pengaturan pada masing - masing tool warna yang ada pada Adjusment Panel.
 untuk pertemuan ini saya akan mencoba memberikan beberapa pengenalan tentang Belajar Edit Tips Untuk Mempermudah Belajar Edit Foto di Photoshop
ADJUSTMENT PHOTOSHOP

Semua kasus editing foto di Photoshop pasti menggunakan alat ini untuk menyentuh warnanya agar menjadi tampilan baru yang di inginkan. untuk lebih jelasnya mengenai Adjustment Panel Sobat bisa baca di Cara Menggunakan Adjustment Panel Photoshop. tutorial photoshop ini mengajarkan anda tentang cara edit warna pada foto.

Mengetahu Penggunaan Layer

Menggunakan Photoshop, pasti kita tidak bisa lepas dari penggunaan layer, karena setiap gambar yang terbuka di photoshop akan terorganisir menjadi layer. bagi sobat yang ingin mempelajari cara edit foto, maka perbanyak latihan menggunakan layer. didalam Layer panel masih banyak tersimpan pengaturan yang bisa di jadikan bahan eksperimen pada latihan kalian.
 untuk pertemuan ini saya akan mencoba memberikan beberapa pengenalan tentang Belajar Edit Tips Untuk Mempermudah Belajar Edit Foto di Photoshop
LAYER PANEL PHOTOSHOP

Untuk Latihan menggunakan Layer di Photoshop, sobat bisa mengikuti Tutorial Cara Membuat Wallpaper di photoshop. dalam tutorial ini sobat akan melihat penggunaan layer yang baik dan benar.

             Dengan Belajar Menguasai 3 Panel yang di atas maka sobat lebih mudah mengetahui jalan dalam proses Belajar Edit Foto dengan Photoshop. seringlah latihan walaupun tidak memiliki sumber materi yang ingin di pelajari. karena kesalahan yang sobat dapatkan pasti akan menjadi ilmu baru.

Selain 3 Point diatas sobat juga harus mengetahui beberapa tool yang masih ada dalam photoshop. tapi saya sarankan ikuti Tips saya, agar kita tidak terburu - buru dalam belajar. 
"ingat, Otak juga memiliki Batas, maka harus pintar dalam menyusun ingatan dalam otak."
Caranya : 
  • Sesekali belajar Manipulasi dari tutorial photoshop yang banyak beredar di internet. tapi jangan terlalu ambil pusing dulu, yang penting ikuti langkah - langkahnya sampai selesai. ini dimaksudkan agar me-refresh pengetahuan dasar kita lewat latihan dengan tingkatan lebih Sulit.
  • Buat kata kunci dalam latihan sobat. Misalnya, Trik menggunakan Layer, Tips menggunakan Color balance pada foto dan lain - lain. ini di maksudkan agar latihan sobat lebih spesifik.
  • Banyak melakukan Eksperimen. dengan belajar sendiri tanpa ada sumber tutorial. gabungkan beberapa tools yang sudah di pelajari. pasti akan menemukan trik. saya yakin itu. "Ini berdasarkan pengalaman saya".
  • Ketika belajar edit photoshop dari Materi tutorial orang lain, pastikan mengerti prosesnya, bukan melihat hasilnya. banyak orang bisa manipulasi di Photoshop, tapi masih berharap dari materi, karena dia tidak mengerti apa fungsi dari semua teknik pada proses pembuatannya. 

IMAJINASI TENTANG KEINDAHAN

Dalam dunia Editing, imajinasi sangat menentukan hasil yang akan dicapai. karena kita bisa melihat gambaran kecil dari hasil kita melalui khayalan tanpa batas ini. sesuai pengalaman saya, ketika masih baru belajar edit foto dengan photoshop saya selalu kebingunan untuk membuat suatu foto menjadi lebih menarik dari sebelumnya. karena minimnya pengetahuan saya tentang keindahan. 

Dengan seringnya saya membaca berbagai macam teori maka saya simpulkan bahwa. otak kita harus sering menerima suatu informasi akan keindahan. karena indah itu memiliki struktur pembentuknya. dari strktur itulah saya belajar untuk membentuk keindahan dalam imajinasi saya. entah itu warna , bentuk atau lainnya.
Contoh. :
  • Bunga mawar adalah salah satu bunga dengan keindahan yang sudah memikat seluruh mata manusia di dunia. Harusnya anda bertanya dalam diri, apa yang membentuk keindahan  itu ?? kalau di lihat bungan mawar memiliki warna merah, dengan bentuk kelopaknya melengkung - lengkung gitu. di tambah wangi khas. bawa point ini kedalam otak sobat. dan buatlah menjadi rumus yang membentuk keindahan. ketika sobat sudah memiliki banyak rumus pembentuk keindahan, saya yakin sejelek apapun objek yang ada di depan mata kita, pasti akan indah dalam imajinasi kita.

KESIMPULAN

Belajar edit foto dengan photoshop tidak bisa dalam sekejap, sobat harus melewati tahap agar mengerti. bukan sekedar tahu.  jadi perbanyak latihan secara teratur. sekalipun sobat sudah menguasai teknik cara edit foto dengan photoshop, tapi imajinasi masih dibawah rata - rata. maka itu akan sia - sia, sebab teknik hanyalah sekedar proses dan yang menentukan adalah apa yang bisa sobat hasilkan. Perbanyaklah berimajinasi.

Penutup

Saya rasa Materi Belajar Edit Foto dengan Photoshop kali ini sampai disini saja. semoga cakrawala sobat bisa lebih terbuka lebar agar dapat menguasai photoshop. saran dan kritik akan sangat membantu jika disisipkan lewat komentar dibawah, agar kita bisa diskusikan secara bersama - sama. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Tips Untuk Mempermudah Belajar Edit Foto di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel