TRIK MEMANMBAHKAN RUMPUT PADA RENDER VRAY SKETCHUP DI PHOTOSHOP

Kali ini kita akan belajar membuat hasil render vray sketchup terlihat lebih nyata dengan menambahkan rumput di photoshop. jika anda adalah seorang desainer 3d maka membuat efek rumput pasti sudah sering membuat kepala pusing. karena dalam proses renderingnya akan memakan waktu yang lama. 
     Dalam membuat desain 3dimensi banyak kriteria yang harus kita lakukan agar terlihat realistis ketika di suguhkan. salah satunya komponen tumbuhan yaitu rumput. karena dalam desain exterior pasti kita tidak akan luput dari pemberian material atau texture rumput, yang secara alami akan memberi kesan hidup pada gambar. 
      Jika sobat mempunyai komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi tinggi memang tidak akan merasa susah, namun sebaliknya jika keadaan komputer kita apa adanya maka proses rendering akan memakan waktu yang lama saat menginginkan tampilan rumput yang realistis.
    Dengan pengalaman yang sering saya alami, maka ide untuk mempersingkat waktu render saya lakukan dengan trik, menambahkan rumput di photoshop, jadi pada saat render di vray sketchup saya hanya memberi warna hijau pada bagian yang akan di beri material rumput. agar pada saat seleksi di photoshop bisa lebih mudah.
dibawah ini adalah contoh hasil pemambahan rumput di photoshop.

Rumput yang terlihat pada gambar diatas hanyalah rumput yang berasal dari potret pemandangan. jadi kesannya  bisa lebih hidup. jika sobat berminat, silahkan pelajari langkah - langkahnya dibawah ini.

TRIK MEMBUAT RUMPUT REALISTIS PADA HASIL RENDER VRAY SKETCHUP DI PHOTOSHOP

Langkah 1

Pertama - tam, renderlah model 3dimensi sobat di sketchup menggunakan vray. berikan material warna hijau pada bagian yang akan diberi rumput.lalu render.
Buka hasil render kita di photoshop.

Langkah 2

sekarang kita akan seleksi bagian yang ingin di beri tekstur rumput.
Pergi ke Select - Color range.
Pilih warna hijau, caranya klik pada bagian warna hijau pada gambar maka pada color range bagian yang di pilih akan berwarna putih. klik oke.

sekarang semua bagian sudah terseleksi. lanjutkan dengan menekan CTRL J, agar hasil seleksi terduplikat menjadi layer baru.

Berikan nama layer menjadi "Rumput".

 Langkah 3

Cari tekstur rumput gratisan di internet. yang perspektifnya hampir sama dengan gambar kita. lalu masukkan ke dalam photoshop.
disini saya menggunakan tekstur rumput dari searching di google yang berlisensi gratis.
dibawah saya sudah memasukan tekstur rumput ke dalam lembar kerja.

maka tekstur rumput akan menjadi layer sendiri.
usahakan layer tekstur rumput layernya berada diatas layer "rumput".
klik kanan pada tekstur lalu pilih Create Clipping Mask.
 maka bagian hasil seleksi kita tadi akan terlihat tekstur rumput.

Langkah 4

jika melihat pada bagian pertemuan rumput dan dinding rumah, masih ganjil karena belum adanya efekbentuk dari rumput. masih berupa tekxturnya saja. maka kita akan menggunakan brush tool untuk membuat bentuk itu.
Tekan B atau Brush tool. klik kanan dan Pilih brush Rumput. atur besarnya sesuai keinginan. 
usahakan kita sedang bekerja di layer "Rumput". 
brushlah pada bgian pinggir rumah dan lihat hasilnya. lakukan trik ini sampai menghasilkan efek bentuk rumput.


Nah gambar dibawah ini, hasil dari trik brush yang saya lakukan. jadi besar dari brush memang sangat berpengaruh. ingat hukum perspektif, semakin jauh maka semakin kecil.

Penutup

semoga tutorial photoshop kali ini bisa menambah ilmu sobat sekalian. jika sobat merasa puas mohon tulis komentarnya dan berbagilah dengan teman yang lain. jika ada keluhan jangan sungkan untuk menyelipkannya di kolom komentar dibawah,

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "TRIK MEMANMBAHKAN RUMPUT PADA RENDER VRAY SKETCHUP DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel