MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP

Salam Broster ku semua. ketemu lagi coy. berita baik, saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini. kita akan Belajar Membuat Desain Jam Dinding Klasik di Photoshop. seri kali ini saya buat dengan keringat hampir 2 gelas, hehe. yang penting sobat puas dan bisa menguasai Photoshop dengan cepat.

Hasil Membuat Jam Dinding Klasik

  saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP  
Jam dinding yang saya impikan selama ini, walaupun tidak bisa beli, tapi saya bisa buat desainnya di Photoshop. Puasnya tuh disini.  

MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP 

Step 1

Buatlah lembar kerja baru di photoshop dengan ukuran 1500x1500 pixels - Jam Dinding

 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP

Step 2

Gunakan Garis bantu (Guides) disekitar lembar kerja seperti dibawah. ini sangat berguna untuk menentukan titik tengah pada step selanjutnya.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP
selanjutnya, berikan warna coklat muda pada background kita. ini sebenarnya cuma opsional saja. bisa diberi bisa juga tidak.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP

Step 3

Aktifkan Ellipse Tool, buatlah lingkaran ditengah lembar kerja. berikan Gradient pada isinya dengan warna Coklat ke Putih, Tipe Gradient Radial. Enter.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP
Klik kanan pada layer dan pilih Blending Options. gunakan Inner Glow sesuai pengaturan dibawah.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP
Pakai juga Pattern Overlay. pada Pattern saya menggunakan salah satu dari Paper. sobat bisa mencari sesuka hati. klik OK jika sudah.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP

Step 4

Buat layer baru - Pergi ke Filter - Render - Clouds ( pastikan foreground & background hitam putih ).
Klik kanan pada layer - Create Clipping Mask.
 saya punya tutorial photoshop menarik untuk sobat kali ini MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP

Agar lebih kental nuansa Klasik nya. tambahkan Texture yang Abstrak. saya pakai Concrete yang bisa sobat cari dipencarian google, kata kuncinya "free concrete texture".. masukkan tekstur ini lalu sesuaikan besarnya - dan Create Clipping Mask.
Jika sudah, buat jadi satu grup semua step diatas kecuali Background - beri nama layer "Latar Jam".

Step 5

Aktifkan Brush lalu pilih brush standar dengan ukuran 30px
Buat layer baru. gunakan Ellipse Tool tapi dengan mode Path. gambar lingkaran - klik kanan - Stroke Path - Brush - OK. maka lingkaran kita akan menjadi garis luar jam dinding.
Ulangi langkah diatas , namun dengan lingkaran yang lebih kecil.
Klik kanan pada layer ini dan pilih Blending Options.
Pada Fill Opacity kurangi menjadi 0%.
Gunakan Stroke - Size 10px - Position Outside - Color Hitam. klik Ok.
Garis yang kita ciptakan tadi akan menjadi dua bagian kecil. ( ini adalah trik membuat garis double ).

Step 6

Sekarang kita akan membuat garis - garis detik pada jam.
Gunakan Rectangle Marquee Tool - buat persegi panjang - beri Warna hitam didalamnya (Alt Backspace ). CTRL D hilangkan garis seleksi.
 Nah dalam jam terdapat 60 Detik, jadi kita harus membuat garis kecil ini sebanyak 60 buah dengan jarak 360°/60 = 6°. mari gunakan trik saya.
Tekan CTRL ALT T pada persegi - bawa titik tengahnya ke titik tengah lembar kerja - dan berikan 6 pada kolom derajat. tekan Enter. selanjutnya tekan SHIFT CTRL ALT T sebanyak 59 kali.
kalau sudah sekarang sobat tinggal cari bagian jam 1 - 12 lalu berikan sedikit perbedaan dengan membesarkannya menggunakan CTRL T ( transform tool ).
semua layer garis detik diatas jadikan satu, pilih semua layer dan tekan CTRL E.

Step 7

Waktunya membuat jam dengan huruf Romawi agar terkesan Classic.
Gunakan Huruf Tahoma Reguler Tulislah XII pada bagian jam 12. sobat sesuaikan sendiri penempatannya. tekan CTRL enter.
- Sekarang kita copy menjadi 12 karna dalam jam terdapat 12 angkan dari 1 - 12.
- untuk jarak derajatnya 360°/12 = 30°.
- Lakukan langkah yang sama seperti diatas tadi. namun dengan jarak 30°.
Jika sudah, sekarang sobat tinggal mengganti setiap kopian dengan angka romawi.
Buat angka ini menjadi satu grup "Nomor Jam".
Step 8
Sekarang sobat tinggal tambahkan sesuatu di tengah lingkaran jam dinding. saya menambahkan tulisan Grafis Media dengan Huruf Edwardian, juga bentuk dari Custom Shape tool.

Step 9
Membuat Jarum Jam

  • Gunakan Pen tool untuk membuat setengah bagian seperti gambar 1 dibawah.
  • Pakai Path selection tool - tahan Alt dan tarik ke kanan untuk mengkopinya - CTRL T - klik kanan - Flip Horizontal. 
  • Blok keduanya lalu klik kanan - Fill Path - berikan warna Cokelat Muda. - Enter.
Klik kanan pada layer Jarum Jam - Blending Options.
Gunakan Bevel and Emboss
Pakai juga Pattern Ovelay - Wax Crayon on Charcoal Paper. klik Ok.
Ulangi langkah yang sama untuk membuat Jarum jam lainnya.
selebihnya sobat bisa berikan efek yang diinginkan sesuka hati. karena kita sudah selesai membuat Jam Dinding Klasik.

Bagaimana ? Keren kan Tutorial Membuat Desain Jam Dinding Klasik di Photoshop. saya harap sobat semua bisa menikmati pelajaran photoshop kali ini. kalau masih merasa tertantang, silahkan lihat Tutorial Membuat Tameng Captain America dengan Photoshop

Oke saya pamit dulu yah. pastikan terus Update Tutorial Photshop di Blog Sederhana ini. Safri, ST mengucapkan terima kasih sudah berkunjung. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "MEMBUAT DESAIN JAM DINDING KLASIK DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel