Tips dan Cara Menggunakan Offset Autocad

Perintah autocad | Perintah Offset pada autocad berfungsi untuk membuat garis yang ada menjadi terduplikasi dengan jarak yang kita inginkan. dari jenis garis lurus ,lingkaran sampai dengan lingkaran semuanya dapat di offset dengan mudah. Perintah offset memang salah satu perintah autocad yang sangat penting. untuk itu kali ini saya akan menunjukan kepada sobat bagaimana menggunakan offset serta triknya dalam menggambar 2 dimensi.

MENGGUNAKAN OFFSET AUTOCAD

Sekarang bukalah autocad sobat. dan pastikan sedang bekerja pada tampilan 2 dimensi. buatlah kotak dengan menggunakan perintah REC ( rectangle ) usahakan kotaknya sama sisi.

Offset standar

  1. Setelah itu aktifkan perintah Offset dengan menekan O lalu Enter atau pilih Command offset yang ada pada toolbar.
  2. Setelah itu masukkan nilai nya - Enter.
    Nilai ini yang akan menjadi jarak antara garis hasil duplikat dengan garis aslinya.
  3. Kemudian bentuk kursor akan menjadi kotak, nah sekarang pergi ke garis yang ingin di Offset lalu klik.
  4. Nah setelah itu tinggal Klik di tempat dibagian samping garis. maka disitulah garis hasil offsetnya akan tampil.
 Perintah Offset pada autocad berfungsi untuk membuat garis yang ada menjadi terduplikasi  Tips dan Cara Menggunakan Offset Autocad
fungsi dasar offset autocad

Offset Otomatis/Multiply

Setelah sobat tahu fungsi Offset dengan pengaturan standar diatas, maka sekarang kita akan belajar Offset dengan tingkat yang lebih lagi. dimana offset kali ini akan otomatis. 
Masalah yang biasa dialami pada Drafter, ketika menginginkan garis offset yang banyak, tetapi masih menggunakan cara diatas. misalnya pada pembuatan denah tangga, yang memiliki banyak garis yang sama jaraknya. maka dengan offset multiply kita bisa lebih mudah untuk membuatnya. 
Untuk latihannya, kita akan membua tangga. sekarang mulailah membuat persegi panjang menggunakan Line. Panjang 300cm dan Lebar 100cm. lihat gambar dibawah.

  1. Aktifkan perintah Offset dengan menekan O - Enter.
  2. Masukkan Nilai jarak yang diinginkan. disini saya menggunakan 15 cm - Enter.
  3. Nah setelah itu, lihat pada command prompt. akan terdapat pilihan [ Exit/Multiply/Undo ], Tekan M - Enter, untuk memilih Multiple.
  4. Sekarang mulailah Klik pada sisi sebelahnya sampai sobat mendapatkan jumlah garis offset yang di inginkan. lihat dibawah.
 Perintah Offset pada autocad berfungsi untuk membuat garis yang ada menjadi terduplikasi  Tips dan Cara Menggunakan Offset Autocad
membuat tangga denga offset autocad
Saya 2 Contoh latihan diatas sudah bisa menunjukan kepada sobat fungsi offset autocad yang sebenarnya. intinya sobat mengetahui inti dari fungsinya. sebenarnya masih banyak contoh masalah dalam menggunakan offset ini, tapi kalau sudah bisa latihan diatas, saya yakin nanti sobat akan mampu mempercepat proses drafting.

Keterangan : perintah offset berfungsi untuk menduplikat garis yang saling berhubungan. jika sobat membuat persegi mengunakan lain, maka untuk meng-offset persegi itu sobat harus konversi dulu perseginya kedalam bentuk polyline atau berhubungan, karena kalau tidak, saat kita meng offset maka harus stu persatu, karena dalam persegi ada 4 garis.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. pertemuan selanjutnya kita akan membahas yang lebih mantap lagi, terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa di share. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Menggunakan Offset Autocad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel