CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Efek teks photoshop | Salam sobatku semua. kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya. dimana sebelumnya kita sudah membuat background efek bokeh dengan photoshop. nah untuk kali ini kita akan membuat efek teks bokeh di photoshop. dimana tulisan akan terbentuk dari susunan efek bulatan bokeh. 

Bokeh didalam photoshop adalah hasil manipulasi menggunakan pengaturan brush. kita membuatnya secara manual, namun tetap mempertahankan kriteria bokeh itu sendiri. yaitu memiliki efek buram atau blur. sudah banyak tutorial yang mengajarka cara membuat bokeh, namun saya rasa untuk mentransformasikan efek bokeh kedalam sebuah tulisan, masih sangat jarang. maka dari itu, tutorial kali ini sangat baik dipelajari oleh kalian semua.

Berikut contoh hasil dari membuat efek teks bokeh dengan photoshop
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Sebelum memulai, sobat persiapkan dulu untuk bahan backgroundnya. disini saya memakai background bokeh dari hasil tutorial membuat bakcground bokeh di photoshop. 

Langkah 1

Buka background bokeh sobat diphotoshop. disini background saya memiliki ukuran 1200x900 pixels.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Langkah 2

Sebelum memulai merangka teks bokeh, kita edit dulu backgroundnya menjadi buram/blur agar nantinya, desain fokus ke teks bokeh. Pergi ke Filter - Blur - Gaussian blur. berikan Radius 8.9 pixels. kemudian Ok.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Langkah 3:menulis kata diphotoshop

Gunakan Text tool ( T ), lalu tulislah kata yang sobat inginkan. untuk jenis hurufnya pastikan memilih yang bentuknya kurus/slim. saya memakai Font Simplex. berwarna Hitam. tekan CTRL Enter untuk Apply.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Langkah 4: Membuat brush bokeh.

Sekarang kita akan mengatur brush sehingga membentuk bokeh. aktifkan Brush tool ( B ). lalu pergi ke Windows - Brush. maka panel pengaturan brush akan terbuka. 
Pertama tentukan dulu jenis brushnya pada Brush Tip Shape. pilih brush bulat nomor 30. atur Spacing sampai terlihat jarak disetiap bulatan.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP
Selanjutnya Gunakan Shape dynamic. berikan Size jitter 36%. dimana fungsi dari size jitter ini untuk memberikan keacakan pada besar kecilnya brush. Tambahkan lagi Scattering, dengan pengaturan Scatter 52% sementara count biarkan 1. fungsi scatter untuk mengacak brush dengan jarak tertentuk, sedangkan Count sebagai penentu kepadatan brush.  semakin banyak nilainya maka brush akan semakin padat.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Lanjutkan ke Color dynamic. berikan Foreground/Bakcground Jitter 100%. ini akan berpengaruh pada warna brush kita. Terakhir gunakan Transfer berikan Opacity Jitter 20% dan Flow Jitter 100%, fungsi Transfer disini untuk memberikan intensitas warna brush menjadi acak.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Jika sudah selesai, tutup saja panel pengaturan brush ini. tenang, yang penting pengaturannya sudah kita buat.

Langkah 5: Conver teks ke Path

Sekarang kita akan mengkonversi teks kita kedalam bentuk path. agar path-nya bisa digunakan sebagai jalur dari brush yang sudah dibuat.
Klik kanan dilayer Text - pilih Create Work Path. maka akan tampil garis workpath-nya.
Untuk melihat workpath, silahkan pergi di Windows - Path. disitu akan terlihat path yang sedang aktif. 
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Langkah 6

Nah kalau Pathnya sudah terlihat sekarang sobat buat layer baru - berikan Blend mode Overlay dan tempatkan paling atas. jangan lupa buat layer Text tidak terlihat, cukup klik icon mata (Visibility).
Bekerjalah di layer baru, kemudian aktifkan Path Direction Tool ( A ), lalu klik kanan pada Lembar kerja - pilih Stroke Path. akan muncul dialog - Cari Brush kemudian Oke.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP

Bentuk dari path tadi akan diselimuti brush yang sudah kita buat. jika tidak menyukai warnanya tinggal CTRL Z saja lalu ulangi Stroke path nya. untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 layer dengan ukuran brush yang berbeda. dibawah saya menggunakan 2 layer.
 kali ini saya akan melanjutkan tutorial sebelumnya CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP
Akhirnya efek teks bokeh sudah jadi dibuat menggunakan photoshop. bagaimana mudakan. yang penting mau sabar menjalani tutorialnya.
Jika ingin membuat efek blur pada efek teks bokeh yang sudah jadi. tinggal pergi ke Filter - blur - gaussian blur. masukkan radius maksimal 2. sedangkan untuk menambahkan efek  teks bokeh yang memiliki bias, pergi ke layer klik kanan dan pilih Blending options - gunakan Outer glow. aturlah sesuai selera sobat.
Baca juga:


Mungkin sampai disini dulu pertemuan kita. semoga cara membuat efek teks bokeh di photoshop ini bisa menambah wawasan kalian semua. jika ada pertanyaan silahkan sisipkan dengan rapi. ingat jangan lupa di share, agar kawan lainnya bisa ikut mendapat ilmunya. saya SAFRI ST mengucapkan terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT EFEK TEKS BOKEH DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel