DOWNLOAD NASKAH PIDATO MENDIKBUD HARDIKNAS 2019

Assalamualaikum wr.wb
Salam Maju Bersama

Naskah Pidato Hardiknas Kemdikbud 2019 Tanggal 2 Mei - Selamat datang di situs berbagi ilmu dan informasi perkembangan pendidikan di Indonesia. Kali ini dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional seperti biasa kita sebagai seorang pengabdi negara wajib melaksanakan Upacara dalam memperingatinya. Adapun yang diperlukan dalam upacara Hardiknas 2019 adalah naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Namun sebelum kalian download naskah Hardiknas 2019, kita akan review sedikit tentang naskah pidato hari pendidikan nasional tahun lalu 2015. Isinya adalah seperti di bawah ini.
Republik tercinta ini digagas oleh anak-anak muda terdidik dan tercerahkan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri Bhineka yang modern. Sebuah negara yang berakar pada adat dan budaya bangsa nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagai sebuah negara modern.

Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. Gagasan dan perjuangan yang membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika. Dunia terpesona pada Indonesia, tidak saja karena keindahan alamnya, atau keramahan penduduknya, atau keagungan budayanya, tetapi juga karena deretan orang-orang terdidiknya yang berani mengusung ide-ide terobosan dengan ditopang pilar moral dan intelektual.

Indonesia adalah negeri penuh berkah. Di tanah ini, setancapan ranting bisa tumbuh menjadi pohon yang rindang. Alam subur, laut melimpah, apalagi bila melihat mineral, minyak, gas, hutan, dan semua deretan kekayaan alam. Indonesia adalah wajah cerah khatulistiwa. Namun, kita semua harus sadar bahwa aset terbesar Indonesia bukan tambang, bukan gas, bukan minyak, bukan hutan, ataupun segala macam hasil bumi; aset terbesar bangsa ini adalah manusia Indonesia. Tanggung jawab kita sekarang adalah mengembangkan kualitas manusia Indonesia.
Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Jangan sesekali kita mengikuti jalan berpikir kaum kolonial di masa lalu. Fokus mereka, kaum colonial itu, adalah pada kekayaan alam saja dan tanpa peduli pada kualitas manusianya. Kaum kolonial memang datang untuk mengeruk dan menyedot isi bumi Nusantara, menguras hasil bumi Nusantara. Karena itu, mereka peduli dan tahu persis data kekayaan alam kita, tetapi mereka tidak pernah peduli dengan kualitas manusia di Nusantara.
Dalam naskah pidato tersebut terdapat inti dari isi yang berpesan bahwa pentingnya pendidikan di Indonesia, dan apa saja yang terkandung di dalam negeri ini adalah banyaknya sumber daya alam yang bisa diolah sehingga diperlukan tenaga-tenaga terdidik yang berkualitas.

Tidak lupa juga kita mengenang ki Hajar Dewantara dan yang patut kita ditiru adalah semangat dan konsep di dalam dunia pendidikan lebih khususnya tempat pendidikan haruslah menyenangkan, ini inti dari akhir paragraf pidato tahun lalu 2015. Seperti di bawah ini.

Di hari Pendidikan Nasional ini, mari kita kembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan. Sebuah wahana belajar yang membuat para peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan. Pendidikan sebagai sebuah kegembiraan. Pendidikan yang menumbuh-kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insane berkarakter Pancasila.

Ikhtiar besar kita untuk pendidikan ini hanya akan bisa terwujud apabila kita semua terus bekerja keras dan makin membuka lebar-lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan. Mulai hari ini, kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua.
Nah bapak dan ibu guru maupun adik-adik itu adalah ulasan sedikit tentang inti dari isi naskah pidato hardiknas tahun 2015. Untuk isi naskah pidato tahun 2019 bisa kalian download dan bagikan di bawah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Silahkan klik di bawah ini Naskah Pidato Hardiknas 2019
Link Aktif
DOWNLOAD NASKAH HARDIKNAS MENDIKBUD

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD NASKAH PIDATO MENDIKBUD HARDIKNAS 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel