Contoh Abstrak Skripsi, Tesis, dan Karya Tulis Lainnya
Guruberbahasa.com- Contoh abstrak yang benar
Abstrak adalah ringkasan dari seluruh isi sebuah tulisah ilmiah. Selain harus mencantumkan informasi bibliografisnya (nama penulis, judul, tahun, dan jumlah halaman), isi abstrak seharusnya mengandung elemen-elemen kunci yang akan dijelaskan secara ringkas di bawah ini:
1. Latar belakang. Di bagian ini, Anda perlu memberikan rangkuman informasi mengenai latar belakang atau lebih spesifik pokok masalah yang Anda geluti di dalam karya ilmiah Anda.
2. Tujuan. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan tujuan penulisan karya ilmiah Anda.
3. Implikasi. Di bagian ini Anda mengemukakan implikasi praktis dari hasil riset Anda (jika ada).
4. Metode. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan metode riset yang Anda gunakan.
5. Hasil. Di bagian ini Anda mengemukakan temuan-temuan yang Anda hasilkan dalam riset Anda.
6. Kesimpulan. Kemukakan kesimpulan akhir dari hasil riset Anda di sini.
1. Latar belakang. Di bagian ini, Anda perlu memberikan rangkuman informasi mengenai latar belakang atau lebih spesifik pokok masalah yang Anda geluti di dalam karya ilmiah Anda.
2. Tujuan. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan tujuan penulisan karya ilmiah Anda.
3. Implikasi. Di bagian ini Anda mengemukakan implikasi praktis dari hasil riset Anda (jika ada).
4. Metode. Di bagian ini Anda perlu mengemukakan metode riset yang Anda gunakan.
5. Hasil. Di bagian ini Anda mengemukakan temuan-temuan yang Anda hasilkan dalam riset Anda.
6. Kesimpulan. Kemukakan kesimpulan akhir dari hasil riset Anda di sini.
CONTOH:
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO MELALUI METODE DEMONSTRASI LANGSUNG PADA SISWA KELAS X 1 SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR
Ida Ayu Made Wedasuwari, S.Pd.,M.Pd
Kata kunci : Kemampuan Berpidato dan Metode Demonst rasi Langsung
Keterampilan berbicara dapat ditingkatkan melalui kegiatan berpidato, sebab berpidato melibatkan kegiatan penguasaan bahasa, pengekspresian imajinasi, dan kegiatan penunjang lainnya. Melihat demikian kompleksnya kegiatan berpidato, sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan untuk dapat mengapresiasikan kegiatan berpidato. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpidato ad alah dengan metode demonstrasi langsung di mana metode ini menyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tir uan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode demonstrasi langsung dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa dan untuk mengetahui langkah-langkah dalam menerapkan metode demonstrasi langsung untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Penel itian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Di mana subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA(SLUA) Saraswati 1 Denpasar, yang berjumlah 40 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes dan observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama ke giatan berpidato. Data dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitat if. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi langsung dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil kemampuan berpidato siswa pada refleksi awal sebesar 50,35, siklus I sebesar 65,70, siklus II sebesar 80,06. Selain itu dari penelitian ini diket ahui bahwa langkah-langkah pembelajaran berpidato melalui tahapan menentukan t ujuan dari suatu sajian materi pengajaran, menentukan hasil belajar yang di perlukan untuk mencapai tujuan, memilih dan mengumpulkan alat-alat untuk demonstrasi yang diperlukan, mengulangi latihan demonstrasi yang diberikan sampai peserta didik dapat melakukannya dengan tepat, tahap penampilan langsung dapat digunakan oleh siswa dalam kegiatan berpidato, sangat cocok diguna kan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Berdasarkan temuan terse but dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi langsung dapat meningkatkan kemampuan berpidato siswa dan langkah-langkah pembelajaran berpidato sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa.
Sumber http://www.guruberbahasa.com/
Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi, Tesis, dan Karya Tulis Lainnya"
Posting Komentar