RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Sebelum melakukan pembelajaran seorang guru yang bertugas pada pendidikan wajib untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa sering kita kenal (RPP), dimana RPP harus disusun secara lengkap dan sistematis ini tentunya bertujuan semoga berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan  satu kali pertemuan atau lebih.

Dimana RPP yang disusun harus berdasarkan Permendikbud 22 – 24 tahun 2016 dan tentunya RPP yang di buat harus terintegrasi diantaranya 
  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. 
  • Mengintegrasikan literasi; keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill). 
Bagi guru Bahasa Indonesia yang ketika ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut ini kami sajikan untuk anda pola RPP Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 Revisi 2017 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) dan tetunya RPP Bahasa Indonesia  kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017 di susun berdasarkan materi yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia kelas 9 (Buku pegangan guru &dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2017 

Adapun materi yang terdapat pada buku Bahasa Indoensia kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dijadikan sumber atau materi pembuatan RPP adalah diantaranya sebagai berikut
  • Fungsi teks laporan, pengertian teks laporan, model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen), jawaban tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
  • Struktur teks laporan, ciri-ciri kebahasaan teks laporan: kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan, model teks laporan percobaan.
  • Teks pidato persuasive, jawaban gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
  • Struktur teks (pidato persuasif), ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan, model teks pidato persuasif
  • Unsur pembangun karya sastra (cerpen), model teks narasi (cerpen.)
  • Struktur teks narasi (cerpen), ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas, model teks narasi cerpen. 
  • Fungsi teks tanggapan, model teks tanggapan, jawaban isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian
  • Struktur teks tanggapan , ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan , kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian, model teks tanggapan (puji, kritik)
  • Fungi teks diskusi, pola teks diskusi, jawaban isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi
  • Struktur teks diskusi: Pendahuluan, gagasan utama, alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang, gagasan utama—sudut pandang lain, alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain, Kebahasaan: Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotifFungsi teks narasi, model teks narasi kisah inspiratif, Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk kisah inspiratif, Struktur teks narasi, ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas, Model teks narasi kisah inspiratif, literasi buku fiksi dan nonfiksi, unsur-unsur buku, cara membaca buku dengan SQ3R, Cara membuat rangkuman
  • Hubungan antarunsur buku, pola penyusunan tanggapan , langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
  • Literasi buku fiksi dan nonfiksi, Unsur-unsur buku, cara membaca buku dengan SQ3R, cara membuat rangkuman
  • Hubungan antarunsur buku, Contoh penyusunan tanggapan , Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

Sumber http://rppkurnas.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel