UKURAN STANDAR ID CARD

Mengenal Ukuran Standar Id Card (Identity Card) | Sebelum membahasa jauh tentang jeni - jenis dan ukuran id card, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang pengertian dan peran id card. dalam kehidupan pasti membutuhkan interaksi antar sesama manusia, agar kita bisa saling mengenal satu sama lainnya.  namun terkadang ada tembok yang menghalang terjadinya interaksi tersebut, yakni tidak saling mengenal. maka lahirlah id card dengan fungsi sebagai tanda pengenal tertulis, yang bisa membuat kita saling mengetahui biodata walaupun dalam sekilas saja. setidaknya ada standar perkenalan bertemu pada suatu tempat.

Apa itu Id Card ?


ID CARD ( Identity Card ) atau biasa disebut Kartu Tanda Pengenal adalah salah satu terobosan dalam dunia kerja, ukuran id card ini bisa masuk dalam dompet dan berguna untuk membuat suatu lingkup aktifitas lebih ramah. dengan id card kita bisa saling mengetahui nama walaupun tanpa berkenalan. bisa mengetahui jabatan tanpa bertanya, dsb. semua itu tergantung jenis id cardnya dan informasi dalam id card tersebut.

Jika ingin melihat standar kualitas suatu acara ataupun kegiatan. perhatikanlah desain id card nya. ukuran untuk mengetahui kualitas bisa juga terletak pada siapa desainer pada kegiatan itu. kalau memang kegiatan besar, pasti tidak akan memakai seorang desainer dibawah standar, lalu mencetak id card.

Peran Id Card dan Jenis-nya


Di jaman modern ini, id card sangat berperan penting. dimana semua negara memberikan syarat standar terbentuknya pagelaran mewajibkan penggunaan id card. salah jenis jenis id card yang wajib kita miliki adalah kartu tanda penduduk. fungsinya untuk membuktikan bahwa kita adalah masyarakat yang sah dalam negara indonesia ini. 

Selain ukuran KTP, ukuran id card juga digunakan pada perusahaan sampai anak SD pun harus mempunyai nya.  terbayangkan pentingnya id card ini. adapun jenis id card sangatlah banyak, seperti :
  • KTP 
  • SIM
  • ATM
  • Tanda Pengenal Karyawan 
  • Id Card Organisasi
  • dan masih banyak lagi.

Ukuran Standar ID CARD 

Sebelum membuat Id Card, pertama kita harus tahu dulu berapa jenis - jenis ukuran standar id card yang sudah menjadi ketetapan internasional. ketetapan ini diatur oleh International Organization for Standards (ISO).  badan internasional ini tidak sembarang mengeluarkan standar ukuran id card. semua ini disesuaikan dengan jenis ukuran kertas, agar mudah di print. karena printer pun memiliki standar ukuran bidang print out. 

 ada baiknya kita mengenal sedikit tentang pengertian dan peran id card UKURAN STANDAR ID CARD

Adapun pembagian jenis dan tipe ukuran id card, terbagi menjadi 4 - diantaranya : 
  1. ID-1 dengan ukuran = 85.60mm x 53.98mm. ciri-cirinya memiliki sudut yang bulat. ukuran ini standar biasa digunakan untuk kartu Atm,Debit card, kartu nama, id card panitia dan lain - lain
  2. ID-2 : 105mm x 74mm ( digunakan untuk standar kartu tanda penduduk )
  3. ID-3 : 125mm x 88mm, digunakan untuk kartu pasport dan juga Visa
  4. ID-4 atau ID -000 : 25mm x 15mm, di fungsikan untuk kartu SIM dengan ciri khasnya memiliki sudut yang terpotong.
Di atas merupakan contoh ukuran id card dalam milimeter, untuk mengetahui ukuran id card dalam cm / centimeter, maka tinggal di bagi 10. contohnya 85.60mm x 53.98mm - menjadi 8.56cm x 5.398cm.

Berikut saya akan memberikan beberapa macam jenis dan ukuran id card yang biasa digunakan :


Ukuran KTP / E KTP | Di indonesia kita sudah menggunakan ktp elektronik atau e ktp yang bentuknya mengikuti standar ISO 7810. Jadi KTP memiliki ukuran panjang 85.60mm x Lebar 53.98mm. untuk ukuran ktp dalam cm adalah 8.56cm x 53.98cm. Sementara ukuran ktp dalam pixels adalah 1011 x 638 pixels

Ukuran Name tag
 atau Co Card| name tag biasanya dipakai untuk sebuah event sebagai tanda peserta dll. Name tag memiliki ukuran bervariasi, diantaranya : 9.7cm x 13.7cm, 9.5cm x 11.9cm, 8.1cm x 11.2cm, 5.8cm x 8.6cm.

 ada baiknya kita mengenal sedikit tentang pengertian dan peran id card UKURAN STANDAR ID CARD


  • Ukuran Id Card B1  102 x 65 mm
  • Ukuran Id Card B2 126 x 79 mm
  • Ukuran Id Card B3 126 x 95 mm
  • Ukuran Id Card B4 155 x 106 mm
  • Ukuran Id Card A1 100 x 68 mm (landscape)
  • Ukuran Id Card A2 106 x 82 mm (landscape)


Ukuran Kartu Nama 

Kartu nama (name card) adalah kartu tanda pengenal yang berisikan identitas seseorang. kartu nama biasa digunakan untuk bisnis, agar lebih mudah berbisnis dengan relasinya. kartu nama sering dipakai oleh direktur, manager dan orang-orang penting dalam perusahaan. agar ketika bertemua orang lain, bisa langsung memberikan tanda pengenal tersebut.

Sebelum memulai membuat kartu nama kita harus tahu dulu, standar ukuran kartu nama yang sering digunakan. 
 ada baiknya kita mengenal sedikit tentang pengertian dan peran id card UKURAN STANDAR ID CARD

Ukuran kartu nama yang paling umum digunakan di indonesia adalah 90mm x 55mm dan 80mm x 53mm. untuk ukuran kartu nama dalam cm adalah 9cm x 5.5cm, sedangkan dalam pixel adalah 1063 x 650 pixels sesuai 300 dpi.

Pembuatan Id Card

Untuk membuat id card, ada beberapa tahap yang harus kita lewati. pertama harus membuat desain id card termasuk ukuran id cardnya, entah itu menggunakan aplikasi photoshop ataupun corel draw. lalu mempersiapkan biodata untuk di isi dalam id card tersebut. kemudian gunakan print untuk mulai memproduksinya dengan cetak satu persatu. 

Nah itulah beberapa penjelasan tentang ukuran standar id card beserta peranya dalam kehidupan kita. jadi jangan anggap remeh id card kawan. semoga apa yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat. lebih dan kurangnya mohon di maafkan. terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "UKURAN STANDAR ID CARD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel