Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Assalamualaikum. pada pertemuan ini, IndoINT akan memberikan tutorial dasar photoshop. sangat cocok untuk pemula yang baru memulai belajar photoshop. adapun tema tutorialnya "Fungsi dan Cara menggunakan layer photoshop". sobat akan mengerti fungsi pada tiap fitur yang ada pada layer panel. kemudian diarahkan menuju latihannya supaya lebih faham lagi penerapannya. karena setiap icon yang ada pada layer panel, memiliki fungsi masing masing. 

Secara umum, layer adalah element yang berfungsi membedakan dengan elemen lainnya pada aplikasi photoshop. dengan adanya layer, gambar tidak akan berpadu melainkan terpisah namun tetap terlihat menyatu. setiap gambar yang dimasukkan ke photoshop, pasti akan membentuk layer baru dengan sendirinya. kita juga bisa memberikan pengaturan terhadap layer tersebut untuk menghasilkan efek tertentu.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Dalam aplikasi photoshop, letak layer berada pada Layer Panel Photoshop. Layer panel adalah kotak dimana terdapat beberapa icon untuk mengatur layer didalamnya. dibawah ini, saya sudah memberikan nomor pada tiap fitur dalam layer panel. silahkan lihat fungsi masing masing fitur pada layer panel tersebut serta cara menggunakannya.

Sebelum memulai, sobat harus tahu dulu cara menampilkan layer panel photoshop. pergi ke menu Windows - Layers. atau bisa tekan F7. 
media akan memberikan tutorial dasar photoshop Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop
Bagian bagian Layer Photoshop

1. Kind berfungsi untuk mencari layer sesuai kategori. contohnya ketika kita memiliki layer yang banyak pada pekerjaan. maka denga menggunakan Kind sobat bisa mencari layer secara spesifik misalnya mencari layer dari nama,effect, dll.

2. Blending Layer berfungsi untuk memberikan efek pencampuran pada layer satu dengan lainnya. misalnya ketika sobat memiliki dua layer, coba berikan blend Multiply pada layer paling atas, pasti kedua layer tersebut akan terlihat menyatu. Blend Layer memiliki beberapa pilihan yang masing masing punya cirikhas.

3. Lock Layer berfungsi untuk mengunci layer. terdapat 4 kategori yaitu, Lock transparent pixel, Lock pixel, Lock Position dan Lock all. masing masing memiliki fungsi. contohnya Lock position berguna mengunci layer agar tidak bisa bergerak. 

Lock layer memang sangat berguna pada saat tertentu. sehingga proses pekerjaan lebih terstruktur dan bagian layer lainnya tidak terganggu.

4. Visibility fungsinya untuk membuat layer terlihat dan tidak terlihat. cukup klik di ikon mata tersebut.

5. Opacity berfungsi untuk membuat layer terlihat transparan. semakin kecil nilai persennya maka semakin transparan gambar yang ada, kalau sudah 0% berarti gambar tidak terlihat lagi.

6. Fill fungsinya sama dengan Opacity. namun ketika sobat menggunakan layer style / blending options, maka berapapun nilai Fill yang diberikan tidak akan berdampak pada gambar. contohnya memberikan Drop Shadow pada layer. lalu kurangi Fill nya. pasti efek Drop shadow tidak terganggu.

7. Adjustment Layer berfungsi untuk mengatur kualitas warna pada gambar. kita bisa memilih adjusment mana yang di inginkan. untuk menggunakannya, klik icon pada nomor 13.

8. Layer Smart Object berfungsi agar ketika memberikan efek pada layer gambar utama tidak terganggu, namun efek tetap terlihat. kita juga bisa memberikan beberapa efek secara bersamaan dan bisa mengatur ulang efek tersebut. saya sudah kupas tuntas tentang materi ini pada pertemuan sebelumnya.

9. Layer, ini adalah bentuk dari layer secara umum. sementara gambar kotak tersebut disebut Layer Thumbnail. gambaran kecil terhadap layer. layer thumbnail juga ada fungsinya, yaitu kita bisa seleksi layer secara mudah. coba tahan CTRL lalu klik layer thumbnail, maka layer akan terseleksi secara keseluruhan.  Coba ikuti tutorial "cara membuat efek tulisan unik di photoshop" disana terdapat trik menggunakan layer thumbnail untuk menyeleksi.

10. Layer Background - ketika membuat foto pertama pada photoshop, pasti nama layer kita otomatis menjadi Background dan modenya terkunci.

11. Add Layer Style - Untuk menambahkan efek pada layer. mulai dari Stroke,inner shadow, dll. alternatifnya adalah dengan klik kanan pada layer kemudian pilih Blending Options. untuk latihan menggunakannya, lihat tutorial "cara membuat tombol di photoshop". sobat akan melihat fungsi sebenarnya dari layer style.

12. Add Layer Mask berfungsi untuk menambahkan layer mask pada layer utama. untuk lebih mengetahui fungsi layer mask, silahkan lihat tutorial "teknik masking photoshop".

13. Add Fill & Adjusment Layer - pilihan untuk menambahkan adjusment layer. setelah terpilih maka bentuknya akan seperti nomor 7.

14. Create New Group berfungsi untuk membuat layer menjadi satu grup. kita bisa menyatukan beberapa layer sekaligus dalam satu grup. grup sangat baik diterapkan jika layer sudah terlalu banyak. misalnya membuat brosur, pada bagian atas kita memiliki 7 layer dengan gambar berbeda. maka gabungkan saja semuanya dan beri nama "bagian atas". perintah keyboard membuat grup adalah Ctrl + G, sementara untuk membuat grup menjadi pecah "Ctrl + Shift + G".

15. New Layer untuk membuat layer kosong baru. cara cepatnya adalah dengan menekan Crtl + Shift + N. layer akan muncul diatas layer sebelumnya. kalau ingin layer muncul dibawah maka tahan Ctrl lalu klik icon layer tersebut.

16. Delete Layer berfungsi untuk menghapus layer yang di inginkan. tinggal pilih layer kemudian klik Icon Tong Sampah tersebut. atau bisa juga, drag layer ke icon tersebut.

17. Layer Mask, kalau di nomor 12 kita sudah pilih. maka bentuk dari layer mask itu sendiri seperti ini.  akan tampil layer disamping layer utama. fungsi layer mask adalah menyembunyikan bagian gambar tertentu dengan sistem hitam putih.

18. Indicate Layer Effect - ketika sudah menambahkan efek pada layer. maka icon ini akan tampil dibagian kanan. untuk menambahkannya cukup klik nomor 11 dan pilih mana yang mau digunakan.

Fitur lain pada layer yang terlihat ketika kita klik kanan yaitu Clipping Mask. fungsi layer clipping mask adalah untuk membuat bentuk layer dibawah mengikuti layer diatas. latihannya lihat "cara membuat efek coretan wajah di photoshop". sobat akan diajar membuat bentuk wajah mengikuti bentuk coretan.

    Seperti itulah Fungsi dan cara menggunakan layer photoshop. masing masing memilki kelebihan untuk mengatur layer. kalau mau mahir photoshop maka langkah awal memang harus menguasai penggunaan layer karena disinilah keutamaan dalam editing foto menggunakan photoshop. 
Lanjutkan tutorial dasar selanjutnya dengan mengetahui tool seleksi photoshop.
Semoga bisa membantu menambah ilmu photoshop sobatl terima kasih sudah berkunjung. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel