Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA Tahun Pelajaran 2018/2019 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan berupa data informasi untuk menjadikan tolak ukur pencapaian hasil belajar pada peserta didik dalam melaksanakan program pembelajaran untuk kurikulum 2013.Untuk penilaian yang dilakukan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dilakukan oleh guru sebagai pendidik berupa  hasil belajar, oleh sekolah sebagai satuan pendidikan penilaian hasil belajar, dan oleh Pemerintah untuk pemetaan dan perkembangan penilaian hasil belajar.
 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan berupa data informasi untuk menjadikan tolak  Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019 ini membahas mengenai penilaian hasil belajar oleh guru sebagai pendidik dan sekolah sebagai satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar bertujuan untuk memberikan pemantauan dan mengevaluasi proses belajar mengajar serta  kemajuan belajar, dan pencapain hasil belajar peserta didik secara terus menerus serta berkesinambungan. 

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA Satuan pendidikan memberikan Penilaian hasil belajar  bertujuan untuk penilaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran. hasil penilaian belajar peserta didik diantaranya berupa  penilaian aspek sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Di dalam Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA aspek sikap dilakukan berdasarkan observasi/pengamatan dan beberapa teknik penilaian lain yang relevan, dan untuk pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas. Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019 Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai.

Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir, ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional. Pada praktiknya pendidik dan satuan pendidikan memerlukan referensi untuk melaksanakan proses penilaian. Oleh karena itu perlu disusun panduan penilaian sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian.

Dengan Panduan penilaian kurikulum 2013 SMA ini diharapkan bisa memfasilitasi guru sebagai pendidik dan satuan pendidikan sebagai wadah dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan, dengan memanfaatkan hasil penilaianini diharapkan untuk kedepannya dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA.

Panduan penilaian kurikulum 2013 SMA 2018/2019 dapat didwonload pada link berikut.
Demikian tadi informasi yang dapat saya bagikan mengenai Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel