Pengertian Warna Polikromatik, Monokromatik dan Contohnya

Assalamualaikum. pertemuan kali ini, saya akan menjelaskan kepada sobat pengertian warna monokromatik dan warna polikromatik disertai dengan contohnya. Prinsip dasar terbentuknya warna tersebut adalah ketika mencampur warna sehingga menjadi gelap dan terang. bagaimana kita bisa mencapainya ? caranya tinggal dicampurkan dengan warna hitam atau putih.

Yang perlu anda ketahui adalah kedua warna tersebut termasuk dalam Skema Warna atau Kombinasi Warna. Dimana ketika kita ingin membuat kombinasi beberapa warna, maka kita cukup menggunakan skema warna monokromatis dan polikromatis.

Perbedaan Warna monokrmatik dan polikromatik bisa dilihat dari awal katanya, yaitu mono dan poli. mono artinya satu dan poli berati banyak. berikut penjelasan yang lebih jelas.

Apa itu Warna Monokromatik ?


Warna Monokromatik adalah satu warna primer yang dicampur dengan warna hitam atau putih hingga menghasilkan gradasi warna tua maupun muda atau memiliki intensitas yang berbeda. contohnya merah campur putih menjadi merah muda, pink, hingga merah yang sangat muda. biru dicampur hitam, menjadi biru tua sampai biru paling tua yang ujungnya sampai ke warna hitam.
pengertian warna monokromatik dan warna polikromatik Pengertian Warna Polikromatik, Monokromatik dan Contohnya
Contoh warna Monokromtik

Contoh warna monokromatik diatas memperlihatkan warna dasar yang sudah tercamput dengan hitam da juga putih. semakin banyak campuran putihnya maka akan semakin muda warnanya, begitupun sebaliknya semakin banyak warna hitam yang dicampurkan maka akan semakin gelap. 

Penggunaan warna Monokromatik 

Bagaimana sih menggunakan skema warna monokromatik ? biasanya ada seniman, arsitek, maupun orang biasa yang menyukai satu warna. misalnya hijau.

Jadi dia ingin membuat Interior rumahnya diselimuti hanya warna hijau saja, namun warna hijaunya tersebut juga memiliki intensitas gelap dan terang. berikut contohnya:
pengertian warna monokromatik dan warna polikromatik Pengertian Warna Polikromatik, Monokromatik dan Contohnya

Gambar diatas saya rasa sudah cukup jelas untuk mengartikan tetang pemanfaatan skema warna monokromatik dalan dunia desain dan seni.

Apa itu Warna Polikromatik

Warna Polikromatik adalah warna sekunder yang dicampur dengan putih dan hitam sehingga akan menghasilkan intensitas berbeda-beda. jadi warna sekunder ini adalah warna hasil campuran warna-warna primer. silahkan baca lebih jelas tentang warna sekunder.

pengertian warna monokromatik dan warna polikromatik Pengertian Warna Polikromatik, Monokromatik dan Contohnya
Contoh warna polikromatik

Dalam penggunaan skema warna polychromatic, kita juga mengenal beberapa metode untuk memadukan warna, seperti :

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Warna Polikromatik, Monokromatik dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel