Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017

Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 merupakan bahan materi yang dikembangkan oleh Kemendikbud untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan khususnya untuk guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan adanya Modul PKB Bahasa Inggris SMP diharapkan guru pelajaran Bahasa Inggris mampu menerapkan apa isi dari Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017.
 merupakan bahan materi yang dikembangkan oleh Kemendikbud untuk Pengembangan Keprofesian  Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017
Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017

Dalam pembahsan artikel Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 kali ini hanya sebagian dari isi Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 dan nanti anda bisa mengunduh Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 di akhir penjelasan yang akan saya berikan. Isi dari Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 terdapat Kegiata pembelajaran yang terdiri dari TUJUAN, URAIAN MATERI, AKTIVITAS PEMBELAJARAN, LATIHAN, RANGKUMAN DAN UMPAN BALIK. Berikut penjelasan masing - masing isi dari Kegiatan Pembelajaran.

Tujuan
Peserta diklat dapat memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam bahasa Inggris (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis).

Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator pencapaian materi merupakan bagian sub materi dari modul ini yang berisi :
  • Menentukan fungsi sosial teks tertulis berbentuk News Item
  • Menentukan struktur teks tertulis berbentuk News Item
  • Menentukan unsur kebahasaan teks tertulis berbentuk News Item
  • Menentukan gambaran umum teks tertulis berbentuk News Item.
  • Menentukan informasi tertentu teks tertulis berbentuk News Item.
  • Menentukan informasi rinci tersirat teks tertulis berbentuk News Item.
  • Menentukan pikiran/gagasan utama paragraf tertentu teks tertulis berbentuk News Item
  • Menentukan makna kata teks tertulis berbentuk News Item.
  • Menentukan coherency dan cohesiveness teks News Item.
  • Menentukan cara pengajaran teks tertulis berbentuk News Item.
Uraian Materi
Bacalah materi berikut dengan seksama, dan awalilah dengan berdoa.Dalam memahami sebuah genre atau text-type, diperlukan pengetahuan tentang fungsi sosial teks (social function of text), struktur teks (generic structure of text) dan unsur kebahasaan (language features of text). Social function of text, generic structure of text, dan language features adalah komponen yang memberikan ciri pembeda dalam setiap jenis teks yang dipakai dalam proses komunikasi sehari-hari. Ketiga komponen tersebut terdapat dalam bentuk tulisan.
  • Fungsi Sosial Teks (Social Function of Text)
Fungsi sosial teks merupakan kerangka konseptual yang berperan dalam membedakan berbagai jenis teks berdasarkan pada tujuan komunikatifnya. Sebagai contoh, dalam modul terdahulu anda telah mempelajari narrative text dan descriptive text yang masing-masing memiliki tujuan komunikatif yang berbeda. Ketika kita berdongeng (cerita dongeng) secara tertulis dan lisan tujuan komunikatifnya adalah untuk menghibur pembaca atau pendengar melalui cerita yang disampaikan. Ketika kita menyampaikan descriptive text, tujuannya adalah untuk menceritakan ciri-ciri atau sifat seseorang, hewan atau suatu benda sehingga pembaca dan pendengar menjadi paham atas orang, hewan maupun benda yang kita sampaikan. Keberhasilan proses interaksi komunikasi dalam bentuk teks apapun yang kita lakukan dengan orang lain sangat ditentukan oleh ketercapaian tujuan komunikatifnya. Ketika kita menyampaikan ciri-ciri sesorang, seharusnya pendengar atau pembaca dapat membayangkan atau mengenali sosok orang tersebut.
  • Struktur Teks (Generic Structure of Text)
Cara penulisan struktur teks ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar bahwa sebuah teks terdiri atas ide pokok (main idea) dan beberapa ide penjelasan (supporting ideas).
  • Unsur kebahasaan (Language Features of text)
Unsur kebahasaan teks adalah unsur kebahasaan tertentu yang memberikan penanda khusus pada sebuah tek sehingga membedakannya dari jenis teks lain.
  • Aktivitas Pembelajaran
Mulailah dengan berdoa, Brainstorming Kemudian Peserta diminta menutup buku atau tidak membaca Uraian Materi C pada Kegiatan Pembelajaran 1. Kelas dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Kelompok A, Kelompok B, dan Kelompok C untuk memberikan pendapat sesuai dengan pemahaman sebelumnya dan kata-kata Anda sendiri tentang ‘apa itu fungsi sosial teks’, apa itu struktur teks’, dan ’apa itu unsur kebahasaan teks.’ Satu kelompok besar dibagi lagi menjadi 2 kelompok kecil, misal Kelompok A1 dan A2 menuliskan ‘apa itu fungsi sosial teks’, Kelompok B1 dan B2 menuliskan ‘apa itu struktur teks’, Kelompok C1 dan C2 menuliskan ’apa itu unsur kebahasaan teks.’ Tuliskan di kertas plano dan tempeLembar Kerjaan di dinding. Anda dapat mengerjakan dengan menggunakan LK.01.

Anda dapat mempelajari materi pada uraian materi C no.4 tentang Teks News Item melalui diskusi kelompok yang sama pada aktivitas pembelajaran 1 dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran di bawah ini. Anda dapat mengerjakan pada LK.02.
  • Latihan/Kasus/Tugas
Contoh LK.01 Brainstroming
Kerjakan dalam tiga kelompok besar, yaitu A, B, dan C. Masing-masing kelompok besar membagi menjadi dua kelompok kecil, yaitu A1 dan A2, B1 dan B2, serta C1 dan C2. Kelompok A mendiskusikan ’apa itu fungsi sosial teks’, kelompok B mendiskusikan ‘apa itu struktur teks’, dan kelompok C mendiskusikan ‘apa itu unsur kebahasaan teks’.

Rangkuman
Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari kegiatan-kegiatan belajar di atas adalah sebagai berikut :
  1. Setiap jenis teks memiliki social function, organization structure, dan language features yang berbeda-beda,
  2. Social function ( Fungsi social ) adalah tujuan komunikasi yang akan dicapai penulis atau pembaca ketika menyampaikan teks,
  3. Organization Structure/ generic structure( struktur teks ) adalah langkah-langkah bagaimana suatu teks disusun, dan
  4. Language Features adalah ciri kebahasaan yang sering kita gunakan dalam mengembangkan sebuah teks. Language features mencakup tata bahasa, kosa kata, dan kata penghubung.
  5. Pengklasifikasian Type of Text dalam bahasa Inggris dipengaruhi dalam beberapa hal, antara lain: tujuan, fungsi teks (social function), struktur kebahasaan (generic structure) yang dipakai, dan unsur kebahasaan (language feature) yang ada dalam News Item Text.
Umpan Balik Dan Tindak Lanjut
Setelah selesai membaca, merangkum dan mengerjakan latihan/tugas selanjutnya peserta diharapkan senantiasa berlatih untuk menulis untuk mengungkapkan gagasan dalam teks berbentuk paragraf.

Silahkan anda dwonload Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017 berbentuk rar, yang didalamnya terdapat file pdf untul KK A - KK J.
Demikian tadi Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017, semoga bermanfaat dan anda bisa menjadi guru yang profesional dalam pendidikan.

Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Modul PKB Bahasa Inggris SMP Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel