Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2019.a Pembaruan Secara Online

Aplikasi Dapodik 2019.a  Pembaruan Secara Online - Tim Dapodikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi merilis Dapodik versi 2019a tepatnya pada tanggal 21 September 2018. Dapodik 2019 merupakan sistem pendataan Dapodik untuk tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil dengan melakukan pembaruan atau pengembangan Aplikasi Dapodik ke versi terbaru dengan tingkat kualitas lebih baik jika dibandingkan versi sebelumnya.
 Tim Dapodikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi merilis Dapodik versi Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2019.a Pembaruan Secara Online
 Dapodik Versi 2019.a
Kalo dilihat secara keseluruhan pembaruan pada versi terbaru ini hadir dengan tampilan utama pada bagian menu login dan registrasi dengan warna yang lebih cerah dan segar. Secara sistem, pengembangan versi 2019.a disiapkan untuk dapat menunjang kebutuhan pemanfaatan data pokok pendidikan di tahun pelajaran ini dengan dikemas bukan dalam bentuk installer, untuk itu perlu dilakukan instal secara online.
  • Mewajibkan satuan pendidikan menentukan Kurikulum 2013 berdasarkan robel kelas 1, 7 dan 10 jenjang SD, SMP, SMA/SMK.
  • Penambahan menu data validasi status invalid peserta didik SD dibawah usia 5 tahun enam bulan sejak terhitung dari 1 Juli 2018 dan juga digunakan mengecek jumlah rombongan belajar dengan ketentuan jumlah siswa (Permendikbud No14 Tahun 2018 *PPDB).
  • Penambahan validasi Tanggal Mulai Tugas/TMT pada rincian data GTK jika terjadi selisih tanggal lahir kurang dari 15 tahun dari TMT dengan status invalid. (Kewajaran data usia saat pengangkatan sebagai PTK).
  • Penambahan fitur website service sebagai pemanfaatan fitur selain Dapodikdasmen untuk keperluan sekolah (kompatibilitas dengan aplikasi e-rapor dan aplikasi PMP).
  • Perubahan alur pengisian dan bisnis proses KIP (Kartu Indonesia Pintar dan PIP peserta didik (Membedakan antara penerima KIP dan usulan sekolah layak PIP).
  • Penambahan warning/peringatan dini saat terdapat kesalahan penghapusan data TPG/ tunjangan profesi guru (Sebagai edukasi ke sekolah untuk memperhatikan akurasi data).

Aplikasi Dapodik Versi 2019.a Pembaruan Secara Online
Dengan adanya versi terbaru dari Dapodik 2019.a, tentu saja hal ini perlu diketahui oleh pihak sekolah khususnya operator sekolah yang menjadi bagian dari kebutuhan pokok sekolah karena berkaitan dengan data administrasi sekolah baik itu data GTK ataupun data siswa.

Untuk memudahkan proses installer dan cara penggunaan, perlu kiranya memahami panduan instal pembaruan secara online Dapodik 2019 a, silahkan ikuti panduannya pada link resmi Dapodikdasmen Pusat berikut ini.

Aplikasi Dapodik Versi 2019.a Pembaruan Secara Online

Demikian tadi pembahasan mengenai aplikasi Dapodik versi 2019.a. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2019.a Pembaruan Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel