Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM

Cara login Kepala Sekolah di DHGTK dan cetak SPTJM adalah pembahasan artikel yang akan Admin sampaikan pada kesempatan kali ini, karena pentingnya pengisian DHGTK absensi online. Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan (DHGTK) merupakan aplikasi pencatatan atau pengisian kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah swasta dan sekolah negeri di Indonesia.
Cara login Kepala Sekolah di DHGTK dan cetak SPTJM adalah pembahasan artikel yang akan Adm Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM
Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK

Dalam melakukan proses pengisian DHGTK dilakukan secara online oleh sekolah. Proses pengisisannya untuk pertama dapat dilaksanakan secara harian, mingguan atau bisa juga secara bulanan. Untuk mengisi kehadiran guru kedalam sistem online DHGTK, ada dua user yang akan digunakan yaitu :
  1. Login userid Kepala Sekolah
  2. Login userid operator Dapodik
Perubahan pada  userid dan password tersebut diatas  dilakukan melalui DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) sekolah yang bersangkutan. Perubahan userid dan password secara otomatis akan terakomodasi pada sistem DHGTK secara syncron. Data yang digunakan akan terupdate pada sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil melakukan syncron.

Kepala Sekolah merupakan pimpinan di sekolah maka hal yang berhubungan dengan DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan ) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral GTK, tugas Kepala Sekolah adalah :
  • Mengalokasikan biaya BOS untuk menerapkan DHGTK karena ini dilakukan secara full online.
  • Memberikan tugas khusus kepada yang di tunjuk untuk melakukan penginputan data absen online yaitu dari Operator sekolah maupun dari GTK dengan diberikan surat penugasan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  • Melakukan sosialisasi absensi online DHGTK kepada GTK di lingkunagn sekolah.
  • Mencetak SPJTM setiap bulan atau per triwulan.
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan benar dengan jujur dalam pengisisan DHGTK.
  • Memantau dan mengevaluasi/merevisi petugas pengisian absen online (DHGTK) yang dilakukan setiap hari.
Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK
  • Login pada laman DHGTK berikut ini linknya : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau http://223.27.144.195:414/.
  • Setelah Mengunjungi laman di atas selanjutnya Kepala Sekolah melakukan login dengan cara pilih “LOGIN SEKOLAH”.
  • Langkah berikutnya setelah berhasil login adalah mengisi data sebagai berikut :
  1. Isikan NPSN Sekolah.
  2. Masukan userid kepala sekolah yaitu email dan pasword yang sudah terinput di dapodik bukan menggunakan email dapodik sekolah. Apabila belum ada email kepala sekolah dibuat terlebih dahulu di aplikasi dapodik yaitu pada bagian user penugasan, setelah itu di sinkronkan dengan dapodik, dan data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 s.d 7 hari setelah berhasil sinkron, jadi dimohon untuk bersabar menunggu agar bisa login kepala sekolah.
  • Setalah semua data terisi selanjutnya masukan kode sesuai yang tertulis.
  • Kemudian pilih “LOGIN”.
  • Setelah login maka akan tampil fitur : Beranda, Kehadiran, Keluar Aplikasi, Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP.
  • Pada menu Beranda terdapat beberapa sub menu yaitu : Profil Sekolah, dan cetak SPTJM, Data Pengguna.
Cetak SPTJM
SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) merupakan surat pernyataan kepala sekolah yang mnerangkan bahwa data yang sudah di input bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan kevalidannya. Untuk lebih jelasnya cara cetak SPTJM silahkan unduh dibawah ini.
Demikian tadi cara login kepala sekolah di DHGTK yang dapat Admin bagikan. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel