Download Dapodik PAUD 3.5.0 Beserta Panduan Instalasi

Dirjen PAUD DIKMAS (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat) telah merilis versi Aplikasi Dapodik PAUD 3.5.0 pada tanggal 25 Juli 2019 untuk tahun pelajaran 2019/2020. Dengan pembaruan yang terbaru ini diharapkan pendataan untuk administrasi PAUD lebih dimudahkan dan tidak mengalami kendala.
Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Download Dapodik PAUD 3.5.0 Beserta Panduan Instalasi

Dapodik PAUD 3.5.0 terdapat beberapa pembaruan salah satunya adalah kode yang digunakan untuk registrasi diubah menjadi 36 karakter, lebih panjang dari sebelumnya serta satuan pendidikan diberi pilihan untuk memakai Dapodik Offline/ Online, berdasarkan jaringan internet di masing-masing daerah.

Pembaruan Dapodik PAUD
  1. Pembaharuan Mengaktifkan Kembali Fitur Menu Registrasi Offline > Registrasi offline digunakan bagi satuan pendidikan yang lokasinya tidak ada akses internet, untuk bisa melakukan cara registrasi secara offline ini satuan pendidikan harus meminta bantuan ke operator dinas kab/kota setempat untuk mendaftarkan pada manajemen dan juga mengunduh file prefill yang nantinya dipakai untuk melakukan registrasi di aplikasi Dapodik Paud semi Online.
  2. Pembaharuan Mengaktifkan Sinkronisasi Dapodik Offline > Sinkronisasi Offline bisa dilakukan jika satuan pendidikan mengawali proses registrasi secara Offline juga. File prefill di Dapodik Paud semi Online yang selanjutnya bisa dikirim melalui data manajemen untuk kemudian diunggah ke server pusat.
  3. Pembaharuan Menghilangkan tombol tambah PTK > Untuk menambah data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pada versi 3.5.0 dilakukan dengan cara manual yaitu melalaui aplikasi manajemen oleh operator dinas kabupaten/kota, agar bisa login satuan pendidikan harus melakukan sinkronisasi data baik secara Offline/Online yang melalui data prefill.
  4. Pembaharuan mematikan menu penugasan > Fitur penugasan yang terdapat pada versi 3.5.0 berpindah ke aplikasi manajemen yang di entry oleh operator dinas kab/kota setempat.
  5. Pembaharuan mematikan beberapa menu file inputan di data rincian PTK > untuk masukan di manajemen aplikasi dapodik.
Download Dapodik PAUD 3.5.0

Cara Instal Dapodik PAUD
  • Sebelum melakukan instalasi  terlebih dahulu uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnya.
  • Klik 2 kali atau klik kanan run as administrator pilih yes,
  • Pilih Lanjut.
  • Selanjutny ikuti proses installasi sampai selsai.
  • Setelah selesai instalasi langkash selanjutnya registrasi kembali dengan menggunakan kode registrasi, username dan password pada aplikasi dapodik versi sebelumnya yang sudah pernah digunakan

    Demikian tadi pembahasan mengenai Dapodik PAUD 3.5.0. Semoga bermanfaat.


    Sumber https://www.pelitaguru.id/

    Belum ada Komentar untuk "Download Dapodik PAUD 3.5.0 Beserta Panduan Instalasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel