RPL Bimbingan Konseling Kelas 10 SMA Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pelayanan
Satuan Layanan Klasikal
Satuan Pendidikan : SMA Negeri ..................................... Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 1 X 40 menit
I. MATERI LAYANAN : BAB I selamat datang kelas X
A. SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 7. Pengembangan pribadi
III. NILAI KARAKTER : Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
IV. KOMPETENSI : Menanamkan rasa cinta pada sekolah
V. INDIKATOR : Dapat mengikuti kegiatan sekolah yang dapat mengembangkan emosi atau keterikatan sosial terhadap orang lain
VI. BIDANG BIMBINGAN : Sosial
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik dapat merasakan suasana nyaman di kelas X
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : bagaiaman Cara menumbuhkan rasa cinta pada sekolah ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : peserta didik merasakan pendekatan dalam pelayanan kllasikal sewaktu membuat puisi tentang sekolah • Elaborasi : membuat teks puisi tentang cinta sekolah dengan mendalami dan memahami kondisi dan suasana di sekolah yang baru • Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman dihari-hari awal tahun di sekolah baru sewaktu MOPD 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : peserta didik menanyakan tentang cara membuat teks puisi mengenai sekolah. • Konstruktivisme (membangun) : melakukan percobaan perilaku baru berdasarkan aspek dan tugas perkembangan yaitu ”A New Spirit in The School Year” • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menyelesaikan tugas di modul BK dengan melengkapi kalimat bagaiaman menanamkan rasa cinta pada sekolah 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : membacakan puisi tentang sekolah dengan penuh semangat . | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan suasana hati di kelas X setelah membuat puisi tentang sekolah 2. Refleksi : menumbuhkan rasa cinta kepada sekolah melalui puisi | 5 ’ |
XII. PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Puisi | Laiseg : Ekspresi senang pada diri siswa Laijapen : Tetap senang belajar di kelas. Laijapan : Prestasi belajar tercapai karena ada rasa senang belajar di kelas. |
XIII. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas X
.................................... ................................................
NIP. NIP. –
Belum ada Komentar untuk "RPL Bimbingan Konseling Kelas 10 SMA Revisi 2017"
Posting Komentar