RPL Bimbingan Konseling Kelas 11 SMA Semester 2 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : SMA Negeri 1 ....................... |
Kelas/Semester | : XI / 2 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB III BELAJAR A PENTINGNYA BELAJAR |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 4. Kematangan intelektual |
NILAI KARAKTER | : | Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca. Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar |
INDIKATOR | : | Mengikuti kegiatan di sekolah yang dapat mengembangkan emosi atau keterikatan sosialnya terhadap orang lain |
BIDANG LAYANAN | : | Belajar |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik dapat memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul B - Psikologi Remaja, Dinamika |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Saat ini belajar itu penting atau tidak ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : peserta didik merasakan berbagai pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya belajar. • Elaborasi : mengemukakan gagasan baru secara lisan pentingnya belajar. • Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman belajar sehari-hari. 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi tentang “Goal of Study” • Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik merasakan manfaat belajar sebagai kewajiban. • Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan cerita “Percaya diri dalam belajar” • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan tugas di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP. 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : peserta didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan pentingnya belajar. 2. Refleksi : tanggung jawab pelajar adalah belajar. | 5 ’ |
X.PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Memahami tugas utama pelajar adalah belajar. Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar. Laijapan : Belajar sebagai kegiatan utama. |
XI.CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –
Belum ada Komentar untuk "RPL Bimbingan Konseling Kelas 11 SMA Semester 2 Revisi 2017"
Posting Komentar