RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : SMA Negeri ....................... |
Kelas/Semester | : XII / 2 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB V MY GOAL AND CAREER D PERGURUAN TINGGI |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 7 Pengembangan Pribadi |
NILAI KARAKTER | : | Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Mengetahui dunia Perguruan Tinggi |
INDIKATOR | : | Memahami bidang pendidikan di Perguruan Tinggi |
BIDANG LAYANAN | : | Karir |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik dapat menentukan pilihan sekolah lanjutan sampai ke Perguruan Tinggi |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, memeriksa kehadiran peserta didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui tentang Perguruan Tinggi ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan tugas perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses · Eksplorasi : peserta didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”. · Elaborasi : peserta didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan persyaratannya. · Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman belajar sehari-hari supaya dapat masuk ke Perguruan Tinggi. 2. Aspek CTL · Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi mengenai dunia Perguruan Tinggi. · Learning Community (masyarakat belajar) : peserta didik membahas bersama tentang dunia Perguruan Tinggi. · Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : peserta didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : peserta didik memahami dunia Perguruan Tinggi. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : peserta didik dan guru BK menyimpulkan perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi sejak dini. 2. Refleksi : persyaratan ke Perguruan Tinggi. | 5 ’ |
I. PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Bagan jenis-jenis Perguruan Tinggi. | Laiseg : Mencari informasi Perguruan Tinggi Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan informasi yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, bakat dan minat. Laijapan : Merencanakan kuliah. |
I. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward bila ada perubahan sikap pada peserta didik bernama :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi peserta didik yang belum ada perubahan sikap bernama
Mengetahui, ......................., Juli 2017
Kepala SMA Negeri ............... Guru BK Kelas XII
.................................... ................................................
NIP. NIP.
Belum ada Komentar untuk "RPL Bimbingan Konseling Kelas 12 SMA Revisi 2017"
Posting Komentar