Tips Menghindari Noise Pada Hasil Foto Kamera Digital

Tips Menghindari Noise Pada Hasil Foto Camdig Anda! Digital "noise" adalah masalah umum di kamera digital saat ini. Banyak faktor yang dapat menyebabkan noise pada fotografi digital Anda. Tetapi ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk menghindarinya. Karena noise dapat mengaburkan detail pada gambar yang Anda inginkan.

Setelah sebelumnya saya sudah memberikan tips pakai photoshop. kali ini tipsnya langsung, jadi hasil foto tidak perlu di edit lagi pakai aplikasi. yang belum melihat tutorialnya, silahka baca "cara menghilangkan noise pada foto dengan photoshop".
Tips Menghindari Noise Pada Hasil Foto Camdig Anda Tips Menghindari Noise Pada Hasil Foto Kamera Digital

Memahami apa itu sensor kamera digital.

Tidak seperti kamera analog, kamera digital bekerja dengan sensor, bukan film. Sensor menerima cahaya dan memprosesnya menjadi muatan listrik melalui dioda foto kecil. Jadi, untuk menghindari noise pada hasil foto kamera Anda, maka diperlukan beberapa langkah yang perlu diambil. salah satunya dengan cara mengenali sensor kamera digital yang Anda gunakan.

Pahami apa itu "noise" digital dan apa penyebabnya.

Ketika cahaya menyentuh dioda foto sensor, sinyal elektron dihasilkan untuk menyampaikan cahaya ke sensor kamera. "Noise" elektronik adalah fluktuasi yang tidak diinginkan dalam sinyal ini. Dalam kamera digital, suara memanifestasikan dirinya sebagai bintik-bintik. Biasanya diwarnai dan tanpa pola. Ini umumnya disebabkan oleh aliran elektron yang tidak diinginkan di dalam dan di sekitar sensor. Yang menambah aliran elektron yang diinginkan. Noise dapat disebabkan oleh ketidaksempurnaan pada sensor itu sendiri seperti "piksel panas", keacakan dalam distribusi jumlah terbatas foton yang tersedia pada tingkat cahaya rendah, dan sensor atau kamera terlalu panas.

Beli peralatan kamera baru yang lebih canggih.

Cara yang paling mudah, tetapi mahal, untuk melawan noise adalah membeli kamera yang lebih baru jika kamera Anda berumur beberapa tahun. Dengan kamera yang lebih mahal mampu memberikan kinerja yang lebih baik. Kamera yang lebih baru memiliki sensor yang dikembangkan untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya dengan lebih sedikit noise daripada yang ada di kamera yang lebih tua. Sehingga kamera yang lebih baru dan lebih canggih sudah pasti dapat menghindari noise pada foto - foto Anda.

Pilih kamera dengan sensor yang lebih besar.

Masalah dengan sensor yang lebih kecil adalah bahwa sensor cahaya lebih dekat satu sama lain daripada di sensor yang lebih besar. Dan itu berarti elektron yang terlalu panas merusaknya lebih cepat karena kedekatannya. Sensor yang lebih besar berarti elektron harus melakukan perjalanan lebih jauh sebelum merusak sensor cahaya terdekat mereka.

Sensor full frame sempurna untuk mengurangi noise di gambar Anda. Kamera DSLR atau kamera compact bersensor besar seperti dalam format "Four Thirds" jauh lebih baik daripada kamera saku. Bahkan beberapa tahun lebih baru, meskipun DSLR full-frame lebih baik lagi. Karena lensa wide-angle dan prime yang cepat untuk itu lebih banyak tersedia dan lebih murah.

Pilih kamera dengan lebih sedikit megapixel, atau resolusi yang lebih rendah, di kelas tertentu.

Semakin banyak piksel yang ada pada sensor kamera, semakin dekat mereka bersama-sama dan kemungkinan semakin panas elektron akan merusak sensor cahaya. Meskipun kamera high-end umumnya memiliki sensor yang lebih besar dengan resolusi tinggi atau jumlah megapiksel. Ada yang memiliki sensor lebih besar tetapi masih mempertahankan jumlah megapiksel yang lebih rendah, membuatnya sempurna untuk menangani gangguan digital.

Alihkan eksposur kamera ke mode manual dan sesuaikan pengaturan yang mungkin menimbulkan noise.


Ketika kamera dalam mode otomatis, atau dalam mode program. Seperti halnya dengan kebanyakan kamera ujung bawah dari "variasi point-and-click". Maka gambar Anda lebih mungkin memiliki noise saat kamera mengubah eksposur dengan sendirinya. Dan cukup sering itu akan memperkenalkan faktor-faktor yang memperkenalkan suara ke gambar Anda.

Mengambil kendali kamera Anda dan pengaturan eksposur akan membantu Anda menghilangkan faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada gangguan digital dalam foto-foto Anda. Panduan instruksi kamera Anda akan berisi semua instruksi tentang cara menyesuaikan berbagai pengaturan pada kamera Anda.

Tidak apa-apa untuk menggunakan mode pemaparan semi-otomatis, tetapi pastikan untuk mengatur ISO rendah secara manual jika memungkinkan. Misalnya, Anda bisa menggunakan mode aperture-priority dengan aperture lebar, yang akan memungkinkan kecepatan rana yang relatif singkat dengan ISO yang diberikan. Anda dapat menggunakan fungsi kompensasi-exposure atau bracketing kamera untuk mencoba pencahayaan berbeda di dekat kamera yang dianggapnya benar.

Kurangi ISO Anda.

ISO adalah pengaturan yang mengontrol seberapa sensitif cahaya sensor kamera Anda. ISO yang lebih rendah (misalnya ISO 200) berarti sensor Anda kurang peka terhadap cahaya, tetapi juga cenderung tidak menghasilkan noise digital, sementara ISO yang lebih tinggi (misalnya ISO 400, atau ISO 800) membuat sensor kamera Anda lebih sensitif terhadap ketersediaan ringan, tetapi juga meningkatkan kemungkinan gambar Anda akan memiliki noise. Periksa panduan kamera Anda tentang cara menyesuaikan pengaturan ISO.

Jika Anda membutuhkan ISO yang lebih tinggi untuk eksposur yang benar dengan kecepatan rana yang cukup cepat untuk menghindari kabur dari kurangnya dukungan kamera atau subjek yang bergerak, gunakanlah. Menambahkan beberapa spekles noise ISO tinggi lebih baik daripada mengolesi gambar dengan blur atau menghapus detail bayangannya dengan underexposure.

Gunakan kecepatan rana yang lebih cepat.

Kecepatan rana yang panjang (misalnya, eksposur 5 detik, atau 30 detik atau lebih) menciptakan lebih banyak noise. Karena mereka membuat sensor kamera menjadi terlalu panas. Kecepatan shutter yang lebih cepat memberikan sedikit kesempatan bagi sensor untuk overheat. Jadi, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak cahaya ke gambar Anda untuk mengurangi waktu pencahayaan, dan mengurangi kemungkinan noise.

Nyalakan beberapa lampu, atau gunakan lampu kilat.

Jika Anda tidak dapat menambahkan lebih banyak cahaya, atau akan merusak gambar (seperti salah satu lampu di luar rumah pada malam hari). Kecepatan rana yang sedikit lebih lambat dan ISO yang lebih rendah akan memberikan hasil terbaik.

Tingkatkan rasio signal-to-noise Anda dengan ISO rendah dan eksposur rendah.

Jika Anda membiarkan banyak cahaya masuk ke kamera, sebaiknya cepat, itu akan mengalahkan suara dan memberi Anda gambar yang dapat diterima. Gunakan pengaturan ISO rendah, yang memperkuat sinyal sensor relatif sedikit. Pengaturan terendah biasanya terbaik, tetapi Anda biasanya harus mencari noise untuk melihatnya hingga ISO 400 dengan kamera compact atau DSLR lama, dan hingga ISO 1600 dengan DSLR modern (2011).

#Bagaimana Cara Menghindari Noise pada kamera Digital?


Aktifkan pengaturan pengurangan noise kamera.

Fitur ini biasanya ditemukan di kamera kelas atas. Pengurangan noise di dalam kamera biasanya membantu dalam memerangi noise pada gambar Anda. Terutama yang memiliki eksposur lebih panjang atau dalam kondisi kurang cahaya. Namun sadarilah, hal itu tidak memperhalus detail halus pada gambar Anda, membuatnya lebih halus untuk mata, yang dapat menimbulkan masalah, jadi gunakan saja pengaturan ini jika Anda merasa noise akan menjadi masalah serius saat memotret.

Perangkat lunak PC sering dapat mengurangi noise pada pasca produksi, sambil menjaga detail lebih baik daripada yang disediakan dalam komputer internal kamera. Dan Anda dapat kembali ke gambar asli Anda jika Anda memutuskan Anda tidak ingin banyak proses editing.

Baca juga:

Untuk menghindari noise pada kamera digital memang tidaklah mudah. Apalagi kamera yang Anda gunakan adalah kamera yang sudah cukup berumur. Tetapi, jika Anda mengikuti beberapa langkah di atas, Anda mungkin bisa menghindari hasil gambar yang buruk akibat noise.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghindari Noise Pada Hasil Foto Kamera Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel