INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK KURIKULUM 2013

Download Contoh Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum 2013 Terbaru - Supervisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti Pengawasan Utama; pengontrolan. Sedangkan dalam konteks Pendidikan, Supervisi adalah segala bantuan dari para pemimpin sekolah, yang tertuju pada perkembangan kepemimpinan guru-guru dan personal sekolah lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan. Supervisi ini berupa dorongan, bimbingan, dan kesempatan bagi pertubuhan keahlian dan kecakapan guru-guru, seperti bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran, pemilihan alat-alat pelajaran dan metode pengajar yang lebih baik, cara penilaian yang sisitematis terhadap fase seluruh proses penalaran, dan sebagainya (Herabudin. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia).

Download Contoh Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum  INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK KURIKULUM 2013

Sedangkan supervisi pembelajaran secara etimologi sering diartikan sebagai serangkaian bantuan usaha dari guru. Terutama bantuan yang berwujud layanan profesional yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan pengawasan serta supervisor lainnya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar (Sudarwan, Danim. dan Khairil. 2012. Profesi Pendidikan Bandung: Alfabeta).

Sehingga sangat jelas bahwa supervisi ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran kemudian dicarikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Supervisi dilaksanakan oleh Supervisor, dalam supervisi pembelajaran, supervisor bisa diperankan oleh kepala madrasah, pengawas madrasah, atau pihak-pihak lain yang mengerti serta memahami tentang pembelajaran itu sendiri.

Supervisi akademik merupakan salah satu (fungsi mendasar (essential function) dalam keseluruhan program sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk., 1981; dan Glickman, et al; 2007). Hasil supervisi akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru. 

Tujuan supervisi akademik adalah:
  • membantu guru mengembangkan kompetensinya,
  • mengembangkan kurikulum,
  • mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).

Prinsip-prinsip supervisi akademik
  • Praktis, artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
  • Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.
  • Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
  • Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya.    
  • Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
  • Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran.
  • Kooperatif, artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran.
  • Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran.
  • Demokratis, artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
  • Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.
  • Humanis, artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor
  • Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
  • Terpadu, artinya menyatu dengan dengan program pendidikan.
  • Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).

Untuk lebih jelasnya bisa Bapak dan Ibu Guru Silahkan download di bawah ini Contoh Instrumen Supervisi Akademik Kurikulum 2013. Semoga bisa menjadi bermanfaat artikel ini dan jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini jika sangat bermanfaat. Terima kasih dan silahkan baca artikel yang lainnya.

Silahkan Klik di bawah ini

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Belum ada Komentar untuk "INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK KURIKULUM 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel