RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap  RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Peserta didik mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi, di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Proses tersebut berlangsung melalui kegiatan tatap muka di kelas, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri di keluarga dan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Kegiatan tatap muka merupakan kegiatan yang dipetakan dalam pertemuan.Setiap pertemuan memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pendahuluan:
  1. mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkanbisa berupa lam dan lingkungan, digital, atau bahan cetak (insani dan non-insani);
  2. mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkanterkait dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  3. menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
  4. menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukantermasuk penguatan nilai-nilai karakter dan peningkatan keterampilan Abad 21 sesuai tuntutan KD; dan
  5. menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.
Dalam kegiatan inti memuat hal hal yang berkaitan dengan pendekatan dan metode/model yang dijabarkan dalam modul 1.Yang harus diperhatikan adalah karakteristik dari setiap model pembelajaran disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang diusung dalam pembelajaran. Dalam kegiatan inti harus nampak bahwa peserta didik menjadi pusat pembelajaran, atau pelaku pembelajaran. Dalam kegiatan inti harus nampak tahapan yang dilakukan peserta didik dari model atau metode pembelajaran yang dilakukan.

Pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman, untuk KD 3.2 dan 4.2 menggunakan pendekatan saintifik dengan metode diskusi, tanya jawab penugasan dan presentasi terkait materi Perkenalan (Kennenlernen), Berikut ini adalah contoh dari kegiatan inti yang disusun pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman pertemuan pertama
  • Guru memberikan stimulus dengan meminta Peserta didik memperhatikan beberapa gambar orang sedang berkenalan dan kemudian membuat Assosiogram terkait kosa kata yang diharapkan muncul dalam perkenalan. Peserta didik mungkin menjawab dalam bahasa Indonesia, dan guru mengulang dalam bahasa Jerman serta menuliskannya di papan tulis
  • Peserta didik diminta mengamati teks yang diperdengarkan atau video perkenalan ditayangkan
  • Peserta didik diminta menafsirkan tema teks yang diperdengarkan atau video yang ditayangkan, atau menafsirkan kata-kata tanya yang digunakan dalam perkenalan
  • Peserta didik menirukan pelafalan guru
  • Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati teks tulis serta diminta mengajukan pertanyaan terkait halhal yang mereka tidak tahu dan paham
  • Teks lisan diperdengarkan atau video perkenalan ditayangkan kembali, setelah itu bersama – sama melafalkan kalimat demi kalimat yang ada pada teks tersebut
  • Selanjutnya, di dalam kelompok peserta didik berdiskusi, menyelesaikan tugas menyempurnakan kata atau kalimat rumpang dengan huruf dan kata yang tepat
  • Hasil diskusi kelompok, diberikan ke kelompok lain untuk diverifikasi. Hasil verifikasi di tempel di dindin. Dan setiap kelompok menyampaikan temuan-temuan kesalahan dalam penulisan. Guru membimbing dan meminta Peserta didik lain untuk mengomentari setiap pernyataan yang disampaikan oleh verifikator kelompok.
  • Guru meminta peserta didik mengamati hal-hal yang berbeda pada kata baik dalam kalimat tanya maupun jawabannya.
  • Bersama-sama mengamati dan menarik kesimpulan dari hasil pengamatan, seperti pada kata heiβen dan heiβe, sind dan bin, kommen dan komme, wohnen dan wohnedll. Kesimpulan terkait konyugasi kata kerja di tulis peserta didik di papan tulis.
  • Setiap kelompok diminta mendemontrasikan percakapan teks perkenalan yang dibahas diawal pembelajaran
  • Guru menegaskan untuk peserta didik memperhatikan pelafalan, makna kalimat dan grammatik yang digunakan 

Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel