KISI-KISI INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR
KISI-KISI INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR
No. | DIMENSI TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA |
A | PERENCANAAN LAYANAN BK |
1. | Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK. |
2. | Guru BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen. |
3. | Guru BK/Konselor dapat merancang program BK |
B | PELAKSANAAN LAYANAN BK |
Persiapan Layanan BK | |
4. | Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) |
Pelaksanaan Layanan BK | |
5. | Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. |
6. | Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK. |
7. | Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam pelayanan BK. |
8. | Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir. |
9. | Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis. |
10. | Guru BK/Konselor dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar. |
11 | Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. |
12. | Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK. |
13 | Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK. |
Penilaian Keberhasilan Layanan BK | |
14 | Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK. |
C | EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK |
15. | Guru BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK. |
16. | Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK. |
17. | Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor). |
18. | Guru BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK. |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR"
Posting Komentar