Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik


Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen penting. Tentu saja anda harus menggunakan kamera dan lensa yang disesuaikan dengan karakter dan kriteria objek utama. Selain itu, pencahayaan juga mempengaruhi detail warna yang anda inginkan. Hal penting lainnya yang bisa anda pertimbangkan tentu saja dengan penerapan komposisi. Anda harus tahu bahwa ada beberapa pilihan komposisi foto ideal yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Bahkan, komposisi ini juga bisa diintegrasikan dengan pengaturan kamera sederhana.

5 komposisi foto ideal yang bisa anda coba dengan mudah

Sebenarnya ada banyak pilihan komposisi yang bisa anda terapkan dengan cukup mudah. Namun, masing-masing dari komposisi ini sebaiknya disesuaikan dengan pengaturan kamera. Hal ini dilakukan untuk memaksimakan hasil foto yang anda inginkan. Beberapa kamera memang memiliki fitur berbeda yang mempengaruhi pilihan komposisi itu sendiri. Biasanya semakin baik spesifikasi dan fitur dari kamera itu biasanya akan memberikan banyak pilihan dari komposisi. Detail elemen dari komposisi yang anda gunakan tentu saja harus disesuaikan dengan pilihan objek utama. Berikut ini ada 5 komposisi foto ideal yang bisa anda coba melalui berbagai kamera, seperti:

1. Objek gelap dengan background

 Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen p Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik
Sebenarnya salah satu dari komposisi foto ideal yang bisa anda gunakan ini akan mengandalkan metode siluet. Namun, anda juga harus melibatkan background yang menawarkan penampilan sangat menarik. Ada banyak pilihan background yang bisa diterapkan untuk kolaborasi dengan objek utama. Tentu saja rekomendasi dari background ini memberikan pengaruh terhadap seluruh hasil foto. Objek utama akan terlihat siluet dengan karakter pencahayaan yang sangat gelap dibandingkan background.

Untuk mendapatkan kesan lebih dramatis tentu saja luas dari background yang diterapkan akan memudahkan anda mendapatkan hasil terbaik. Background dengan tampilan landscape menjadi pilihan yang bisa disesuaikan dengan tampilan dari objek siluet. Anda bisa melakukan pengaturan fitur untuk membuat pencahayaan terlihat lebih gelap. Penerapan lain mungkin dengan mengambil foto ini pada sore menjelang malam.

2. Komposisi pantulan cahaya

 Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen p Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik
Ini adalah salah satu komposisi yang menampilkan efek pantulan cahaya pada sudut objek utama. Biasanya efek seperti ini dianggap akan menggangu objek utama yang menjadi bagian penting dari fotografi. Bahkan, tidak banyak fotografer yang menghapus foto dengan tampilan seperti ini. Namun, sebagian dari fotografer biasanya akan menjadikan momen ini sebagai bagian dari komposisi yang mengesankan. Apalagi ada banyak integrasi elemen yang bisa diterapkan dengan sangat ideal.

Anda bisa menggunakan kolaborasi penting terhadap garis atau diagonal yang membuat pantulan cahaya terlihat menutup sebagian objek utama. Bahkan, kontras yang didapat saat anda menerapkan pengaturan dari komposisi ini juga sangat unik. Penempatan dari pantulan cahaya memang menjadi hal penting yang harus diperhitungkan. Beberapa objek utama dengan komposisi ini akan membutuhkan pantulan yang terletak secara sentral. Untuk mendapatkan momen ini biasanya dilakukan dengan perubahan bukaan rana. Selain itu, anda juga bisa mempertimbangkan waktu ideal untuk pengambilan objek di siang hari.

3. Separate shape

 Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen p Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik
Rekomendasi lain dari komposisi foto ideal yang bisa anda pertimbangkan dengan menerapkan separate shape. Komposisi ini adalah menempatkan beberapa objek penting dengan ukuran dan bentuk berbeda pada satu garis. Hal ini tentu saja akan membutuhkan pengaturan garis yang sinkron antara objek satu dengan lainnya. Konsep komposisi seperti ini tidak akan membutuhkan background yang berlebihan. Bahkan, pencahayaan dari beberapa sisi juga bisa terlihat sangat sederhana. Anda harus mempertimbangkan konsep dari bentuk pilihan dari objek yang digunakan.

Ukuran dari objek yang sering digunakan untuk menerapkan komposisi ideal ini biasanya cukup kecil. Anda bisa memulainya dengan mencoba menempatkan beberapa perlengkapan sederhana di atas meja. Gunakan garis lurus dengan konsep diagonal yang menempatkan salah satu objek pada posisi sentral. Kolaborasi warna dari pilihan objek juga mempengaruhi hasil foto yang anda inginkan. Cobalah untuk menggunakan pilihan warna yang tidak terlalu berlebihan. Pengaturan rana pada fitur kamera juga cukup sederhana sehingag pencahayaan dan bayangan juga sangat ideal.

4. Background langit yang luas

 Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen p Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik
Komposisi lain yang bisa anda pertimbangkan biasanya melibatkan background dengan ukuran yang lebih luas. Salah satu background yang sering digunakan adalah langit. Anda bisa menentukan lokasi dengan pilihan background langit yang sangat ideal. Elemen komposisi yang diintegrasikan seperti ini bisa saja mengambil konsep 2/3 atau 1/3. Masing-masing dari pilihan elemen komposisi itu juga mempengaruhi bagian objek utama yang anda ingin dapatkan. Tentu saja hasil foto yang diterapkan untuk elemen konsep komposisi akan berbeda.

Anda bisa mencoba untuk menerapkan elemen komposisi ini dengan menggunakan konsep 2/3 dari objek utama. Cara mendapatkan foto ini dengan menjadikan latar langit di pantai. Apalagi hal ini sering dilakukan karena dianggap sangat mudah. Selain itu, pengaturan pencahayaan juga bisa didapat secara ideal. Elemen komposisi 2/3 akan digunakan pada latar dari langit. Hal ini dianggap akan memberikan pengaruh besar pada tampilan background itu sendiri. Anda harus ingat bahwa background langit dengan elemen seperti ini sebaiknya tidak diintegrasikan dengan objek lainnya.

5. Kontras cahaya dan bayangan

 Untuk mendapatkan foto yang menarik dan mengesankan biasanya dibutuhkan beberapa elemen p Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik
Kolaborasi ideal bisa anda gunakan untuk memaksimalkan komposisi yang melibatkan kontras dari cahaya dan bayangan. Tentu saja pola seperti ini akan menggunakan pengaturan fitur yang memudahkan objek utama mendapatkan dua tampilan sekaligus. Penggabungan pencahayaan yang baik dan konsep gelap di objek utama tentu saja harus disesuaikan dengan latar yang digunakan. Cara seperti ini bisa anda dapatkan dengan memperhitungkan ukuran dari objek utama. Anda bisa menggunakan objek biasa untuk mendapatkan hasil yang sangat sempurna.

Beberapa objek yang digunakan untuk memaksimalkan konsep seperti ini tentu saja terlihat sangat ideal. Bahkan, beberapa sisi dari objek utama juga menggunakan detail siluet yang tidak terlalu berlebihan. Tentukan salah satu garis yang akan digunakan untuk konsep cahaya terang. Selanjutnya, sisi lainnya akan menggunakan detail yang lebih gelap. Ukuran dari objek biasanya tidak terlalu kecil. Hal ini untuk membuat momen terlihat sangat dramatis.

Baca juga :

Hal penting untuk penggunaan komposisi foto ideal

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dengan penggunaan komposisi itu tentu saja ada beberapa hal yang diperhitungkan. Masing-masing dari elemen yang digunakan juga mempengaruhi pengaturan dari integrasi objek dan komposisi. Bila anda menerapkan komposisi terbaik biasanya akan membuat objek yang terlihat biasa menjadi sangat mengesankan. Hal ini juga mempengaruhi seluruh bagian dari sisi objek. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus anda perhitungkan dalam penggunaan komposisi, seperti:

  1. Fitur kamera yang digunakan
  2. Pencahayaan dari sekitar objek
  3. Latar landscape yang digunakan pada beberapa komposisi
  4. Ukuran objek yang ditempatkan
Baiklah sobat, mungkin itu saja yang bisa saya berikan kali ini. semog bisa menambah wawasan kalian. terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Komposisi foto ideal yang bisa dicoba untuk hasil terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel