RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Mata pelajaran IPS pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilanjutkan dan tidak terpisahkan dari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah pada jenjang SMA/MA. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP/MTs memperhatikan prinsip relevansi dan keberlanjutan (kontinuitas) dari kompetensi yang telah diberikan sebelumnya.
Khusus dalam pembelajaran IPS SMP/MTS sebagaimana Peta Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I – XII, kompetensi itu dicapai secara bertahap dalam tingkat perkembangannya mulai dari kelas VII sampai dengan IX. Pada Kelas VII-IX, kompetensi mata pelajaran IPS SMP/MTs dirumuskan sebagai berikut:
a. peserta didik pada kelas VII dan VIII diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional dan ASEAN serta pengaruhnya terhadap kehidupan, dinamika interaksi sosial budaya dan kegiatan ekonomi dalam mendukung keberlanjutan kehidupan masyarakat, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara sampai masa pergerakan kebangsaan.
b. peserta didik pada kelas IX diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang pada lingkup global, perubahan sosial, budaya, dan ketergantungan ekonomi dalam menghadapi arus globalisasi, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan sampai masa reformasi.
KI dan KD mata pelajaran IPS di SMP/MTs menjadi acuan dalam menentukan ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Baca Juga:
👉 RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
👉 RPP IPA Kelas 7 SMP Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
👉 Silabus IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
👉 Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP K Revisi 2017
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Ruang Lingkup IPS Pendidikan Dasar adalah organisasi sosial, warisan budaya, lingkungan, ruang, waktu, keberlanjutan, perubahan, sumber daya dan kegiatan ekonomi. Ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP/MTs, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. keruangan dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional, ASEAN, dan Internasional;
2. dinamika interaksi sosial;
3. kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan bangsa; dan
4. perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia sejak zaman praaksara hingga masa sekarang.
Mengingat pentingnya peran RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang membuat guru malas dalam menyusun RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah barang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.
Untuk membantu meringkan tugas para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) dalam membuat dan menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan rekomendasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran lainnya.
Belum ada Komentar untuk "RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar