Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba


Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah satu tema yang diambil banyak fotografer. Hal ini dikarenakan ada banyak tempat yang bisa dijadikan objek menarik untuk melatih berbagai komposisi hingga pilihan tema foto. Sebenarnya anda juga bisa menerapkan kategori fotografi seperti ini dengan sangat mudah. Perlengkapan kamera dan lensa yang digunakan biasanya bisa disesuaikan dengan konsep yang akan diterapkan. Anda tidak harus menggunakan kamera dan lensa yang mahal untuk mendapatkan foto mengesankan. Ada beberapa tips fotografi tema landscape yang bisa dicoba dengan sangat mudah.

6 tips fotografi tema landscape yang mempengaruhi hasil foto


Konsep dari fotografi seperti ini biasanya akan dipengaruhi beberapa elemen. Pemilihan waktu, objek yang menarik hingga kondisi pencahayaan dianggap akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Tentu saja anda juga harus mendapatkan dukungan dari kamera dan lensa yang disesuaikan dengan kondisi saat pengambilan gambar. Pengaturan dari kamera biasanya menjadi perhitungan penting. Mungkin anda juga bisa mempertimbangakn 6 tips fotografi tema landscape yang bisa dicoba dengan sangat mudah seperti:

1. Memilih spot atau objek foto yang menarik

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Salah satu dari tips fotografi tema landscape yang bisa anda terapkan dimulai dengan memilih spot yang ideal. Biasanya landscape atau pemandangan yang menjadi objek utama akan memiliki banyak sudut pandang berbeda. Anda harus menentukan sudut pandang yang disesuaikan dengan konsep dari foto yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik dan unik mungkin anda bisa mencoba banyak sudut pandang. Cara seperti ini memang dianggap akan memudahkan konsep foto yang unik.

Selain itu, anda juga harus memilih objek yang tidak biasa. Hal ini untuk menghindari hasil foto sama dari fotografer lainnya. Lakukan hunting untuk mendapatkan landscape yang mengesankan. Pilih spot yang jarang atau tidak pernah digunakan oleh satu fotografer. Berbagai rekomendasi dari pilihan objek dari landscape ini bisa anda dapatkan dari eksplorasi di berbagai tempat.

2. Terapkan unsur fotografi yang ideal

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Anda harus tahu bahwa untuk mendapatkan foto landscape yang mengesankan sebaiknya terapkan berbagai integrasi dari unsur-unsur fotografi. Semakin banyak unsur yang anda gunakan biasanya hasil foto yang didapat juga sangat menarik. Ada beberapa unsur fotografi yang bisa anda gunakan seperti background, foreground, middleground. Masing-masing dari unsur ini mempengaruhi sudut pandang dari orang yang melihat hasil foto itu. Misalnya saja anda memperhitungkan background atau latar dari objek yang akan diambil. Biasanya beberapa pilihan objek dari landscape juga memiliki banyak pilihan latar yang berbeda.

Selain itu, objek yang berada di bagian bawah atau tengah garis imajiner foto juga dianggap mempengaruhi seluruh bagian objek. Sebenarnya anda bisa mendapatkan banyak objek yang mengesankan dengan integrasi dari seluruh bagian lapisan ini. Kolaborasi dari pengaturan kamera biasanya terlihat sangat ideal. Cobalah anda untuk menggunakan bukaan kecil untuk membuat hasil sudut pandang terlihat lebih dalam. Bahkan, fokus dari landscape juga terlihat sangat tajam. Untuk memaksimalkan hasil foto yang anda inginkan tambahkan perlengkapan tripod agar bukaan rana semakin berkualitas.

3. Pemilihan waktu yang tepat

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Rekomendasi lain dari tips fotografi tema landscape yang bisa anda perhitungkan adalah pemilihan waktu yang tepat. Biasanya waktu yang baik akan menghasilkan pencahayaan yang sangat ideal. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi hasil foto yang anda inginkan. Apalagi konsep dari landscape juga membutuhkan pencahayaan yang sangat baik untuk mendapatkan seluruh rangkaian objek.

Metode pencahayaan yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto terbaik tentu saja pemilihan waktu. Biasanya pencahayaan di pagi dan siang hari akan menghasilkan bayangan yang berbeda. Hal ini dianggap akan mempengaruhi seluruh kondisi dari foto. Hal yang hraus anda ingat adalah pencahayaan dalam posisi yang lebih rendah akan menghasilkan bayangan yang sangat berbeda. Bahkan, kondisi pencahayaan ini justru akan membuat detail dari objek terlihat lebih dalam. Biasanya perubahan pencahayaan akan mempengaruhi tampilan dari awan di sekitar background dari objek utama.

Hal yang harus anda hindari dalam pengambilan objek dari landscape ini adalah pencahayaan di siang hari. Biasanya pencahayaan di siang hari akan menampilkan kontras yang sangat berlebihan. Bahkan, beberapa detail dari objek utama terlihat menghilang karena highlight yang terlalu besar.

4. Penyesuaian dengan penglihatan

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Sebelum anda menentukan objek utama dari landscape ini biasanya akan melibatkan penglihatan secara kasat mata. Konsep seperti ini juga dilakukan untuk memudahkan penggunaan unsur dan pemilihan spot yang unik. Semakin baik proses penglihatan yang anda terapkan biasanya akan memudahkan anda mendapatkan hasil foto yang sangat unik. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan berbagai kondisi di sekitar objek utama. Cara ini memang menjadi bagian penting terhadap seluruh detail yang diinginkan. Integrasi dari unsur background hingga foreground akan memberikan kemudahan terhadap hasil konsep foto.

Salah satu contoh yang bisa anda dapatkan dari proses penyesuaian dengan penglihatan yang ideal adalah dengan menggabungkan objek background bukit dengan aliran sungai. Biasanya aliran sungai akan memiliki detail berkelok. Anda harus menentukan spot yang membuat seluruh integrasi dari konsep garis imajiner dan unsur dengan sangat baik. Selain itu, beberapa objek tambahan yang terlihat dari bagian middleground juga bisa digunakan untuk membuat kondisi dari objek utama menjadi lebih menarik. Hal ini juga berlaku untuk penerapan dari detail warna yang anda inginkan.

5. Menghilangkan objek awan

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Anda harus ingat bahwa tidak seluruh bagian dari objek yang terdapat di bagian landscape bisa digunakan. Bahkan, beberapa fotografer profesional selalu mengambil spot untuk menghilangkan sebagian dari objek yang dianggap menggangu. Konsep seperti ini biasanya dipengaruhi terhadap kondisi geografis hingga pilihan warna yang diinginkan. Selain itu, unsur-unsur yang digunakan juga dianggap akan menentukan objek lain yang menggangu.

Salah satu pilihan objek yang sering dihilangkan adalah awan di bagian atas. Bila anda tidak mendapatkan pemilihan waktu yang ideal biasanya akan membuat tampilan awan sangat kusam. Selain itu, kondisi awan juga akan mempengaruhi konsep utama dari foto itu sendiri. Anda bisa menggunakan pengaturan pencahayaan dari kamera atau dengan software editing foto.

6. Tambahan filter Polarizing

 Fotografi landscape atau yang sering disebut dengan foto pemandangan sering menjadi salah Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba
Tentu saja anda harus menerapkan filter yang ideal sesuai dengan spesifikasi dan kualitas kamera. Filter seperti ini akan mengambil konsep dari polarisasi. Filter yang diterapkan seperti ini biasanya mempengaruhi kondisi warna objek utama. Anda bisa saja mendapatkan kondisi langit yang sangat gelap dengan garis pencahayaan mengesankan. Selain itu, filter ini juga bisa membuat warna dari awan terlihat sangat biru.
Ketajaman dari warna untuk beberapa objek memang sangat diandalkan dengan menggunakan filter seperti ini. Untuk memaksimalkan hasil dari filter seperti ini sebaiknya lakukan pengaturan bukaan hingga penggunaan dari tripod.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Tips fotografi tema landscape yang harus anda coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel