Cara Daftar UNBK 2019 Untuk Sekolah Penyelenggara/Penggabung Tahun Pelajaran 2018/2019

Cara daftar UNBK 2019 untuk sekolah penyelenggara/penggabung tahun pelajaran 2018/2019 (SMP/MTs SMA/MA SMK – Ujian Nasional Berbasis Komputer atau lebih dikenal UNBK merupakan kegiatan test peserta didik pada kelas akhir dengan memnggunakan sistem CBT (komputerisai) yang bertujuan untuk memperoleh nilai yang valid, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak terkait.
 Ujian Nasional Berbasis Komputer atau lebih dikenal UNBK merupakan kegiatan test peserta  Cara Daftar UNBK 2019 Untuk Sekolah Penyelenggara/Penggabung Tahun Pelajaran 2018/2019
Cara Daftar UNBK 2019
Teknis yang dipakai UNBK dalam implementasinya menerapkan sistem berbasis semi-online yaitu waktu hari ujian peserta UNBK mengakses/mengerjakan soal serta menjawab tidak memerlukan koneksi ke internet, server terhubung ke jaringan internet hanya dibutuhkan pada waktu proses sinkronisasi sekolah penyelenggara sebelum hari ujian, rilis token pada saat ujian, dan unggah/ upload data hasil ujian siswa.

Penjadwalan UNBK berbeda – beda untuk masing-masing jenjang pendidikan dasar maupun menengah (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK). Mata pelajaran yang diujikan berdasarkan Prosedur Operasional Standar UNBK dari BSNP.

Sekolah yang akan mendaftar UNBK 2019 terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan denga perangkat (hardware) sebagai persiapan awal sebelum menyelenggarakan UNBK. Berikut cara daftar sekolah penyelenggara/penggabung UNBK 2019

Cara Daftar UNBK 2019 (Ujian Nasional Berbasis Komputer)

1. Silahkan mengakses laman resmi http://ubk.kemdikbud.go.id
2. Masukan user, password dan kode pengaman

3. Selanjutnya pilih tombol masuk4. Karena sekolah belum terdaftar sebagai peserta UNBK maka akan tampil notifikasi informasi seperti dibawah ini.

5. Pilih OK, pada informasi tersebut diatas.
6. Langkah berikutnya mengisi menu data sekolah.
7. Menu Fasilitas & Infrastruktur diisi bagi sekolah penyelenggara secara lengkap, sedangkan untuk sekolah penggabung bisa dikosongkan.

8. Lengkapi tab menu dibagian Identitas Sekolah penyelenggara/menggabung termasuk jumlah siswa (SMK/ Sekolah Menengah Kejuruan terbagi menjadi program keahlian Pariwisata, Teknik, dan Bismen)
9. Mengisi Koneksi internet & ISP untuk sekolah penyelenggara.
10. Mengisi biodata peserta UN caranya dengan Upload Biodata/ Ambil dari BIOUN.
11. Perlu menjadi catatan bahwasannya proses pada saat pengambilan biodata peserta UNBK akan mengakibatkan terhapusnya data siswa sebelumnya.
12. Jika Data Sekolah sudah diisi dengan lengkap selanjutnya cetak Surat Kesiapan. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

13. Kolom kesiapan diisi Siap > Simpan.
14. Klik tombol cetak untuk mencetak surat kesiapan mengikuti UNBK, kemudian surat tersebut ditandatangani oleh kepala sekolah penyelenggara atau penggabung dibubuhi bermaterai dan stempel.

Selengkapnya mengenai cara daftar UNBK 2019 silahkan download dibawah ini.

Download Panduan Cara Daftar UNBK 2019

Demikian cara UNBK 2019 untuk sekolah penyelenggara/penggabung tahun pelajaran 2018/2019 (SMP/MTs SMA/MA SMK).


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar UNBK 2019 Untuk Sekolah Penyelenggara/Penggabung Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel