Buku Penilaian Berorientasi HOTS
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud telah menerbitkan sebuah buku yang diberi judul Buku Penilaian Berorientasi HOTS, Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.
Buku ini bisa menjadi panduan para guru dalam membuat proses pembelajaran siswa berorientasi pada ketrampilan berpikir tinggi.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAGIAN I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Sasaran Buku Pegangan
BAGIAN II. PENILAIAN DAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS
A. Deskripsi Singkat
B. Penilaian Sikap
C. Penilaian Pengetahuan
1. Pengertian HOTS
2. Karakteristik
3. Menggunakan bentuk soal beragam
4. Level Kognitif
5. Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS
D. Penilaian Keterampilan
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
Buku ini bisa menjadi panduan para guru dalam membuat proses pembelajaran siswa berorientasi pada ketrampilan berpikir tinggi.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.
Daftar Isi Buku
KATA PENGANTARDAFTAR ISI
BAGIAN I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Sasaran Buku Pegangan
BAGIAN II. PENILAIAN DAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS
A. Deskripsi Singkat
B. Penilaian Sikap
C. Penilaian Pengetahuan
1. Pengertian HOTS
2. Karakteristik
3. Menggunakan bentuk soal beragam
4. Level Kognitif
5. Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS
D. Penilaian Keterampilan
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
Belum ada Komentar untuk "Buku Penilaian Berorientasi HOTS"
Posting Komentar