Program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 Bagi Guru yang Belum Sarjana


Dalam rangka mempercepat peningkatan kualifikasi akademik S1/D4 bagi guru TK, SD,SMP, SMA, SMK dan SLB. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai program bantuan pemerintah untuk peningkatan kualifikasi S1/D4 bagi Guru yang belum berkualifikasi S1/D4.

Adapun kategori bantuan tersebut terbagi menjadi 4 kategori,
1. Sedang kuliah/studi S1
2. Pernah Studi S1
3. Lulusan Diploma
4. Lulusan SMA/SMK/MA

Hal ini sesuai dengan surat dari Ditjen GTK Kemdikbud nomor 4082/B.B3/GT/2019 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota seluruh Indonesia
Yang isinya sebagai berikut
Dengan hormat, kami sampaikan bahwa dalam rangkan mempercepat peningkatan kualifikasi akademik S1/D4 bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SK dan SLB, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud mempunyai program bantuan pemerintah untuk peningkatan kualifikasi akademik S1/D4.

Berkenaan dengan hal tersebut kami mohon perkenan saudara untuk menginformasikan kepada guru yang belum berkualifikasi S1/D4 di wilayah Saudara untuk mengisi form pendaftaran bantuan beasiswa Pemerintah pada portal  gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019 paling lambat 31 Mei 2019.

VIDEO CARA DAFTAR DAPAT BEASISWA

Bagi anda yang bingung bagaimana cara pendaftarannya,berikut caranya:
1. Masuk portal pendaftaran
Bagi Anda yang ingin mendaftar beasiswa, daftarkan diri melalui link https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019/login/register

Setelah membuka link tersebut, Anda dapat mengisi form pendaftaran yang tertera.  Untuk persyaratan pengisian form pendaftaran adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dan email aktif.

2. Isi form
Mengisi form pendaftaran beasiswa dengan memasukan NUPTK Anda. Jika NUPTK benar maka nama Anda akan terisi otomatis.

Selanjutnya mengisi alamat emali dan pasword. Jangan lupa untuk menceklis kotak "I agree to term & comdition". Setelah form terisi semuanya, berikutnya klik tombol "Daftar".

3. Jika berhasil mendaftar, maka akan muncul notifikasi "Registrasi Berhasil Dilakukan". Setelah berhasil, Anda dapat mengecek email Anda untuk verifikasi pendaftaran.

4. Cek email masuk Anda, sesuai dengan email yang didaftarkan pada form pendaftaran beasiswa GTK. Selanjutnya klik verifikasi sampai mucul notifikasi "verifikasi Pendaftaran Berhasil Dilakukan", untuk mendapatkan username dan password login akun beasiswa Anda

5. Jika berhasil, Anda dapat segera login ke aplikasi pendaftaran beasiswa GTK, menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan. Setelah berhasil, Anda akan masuk ke beranda website PENDAFTARAN BANTUAN PEMERINTAH BAGI GURU UNTUK STUDI LANJUT S1.
Klik menu profil untuk melengkapi data pribadi Anda. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk klik simpan agar perubahan data berhasil.

6. Selanjutnya klik menu tambahan, kemudian isi riwayat pendidikan, pengalaman pelatihan dan penghargaan.

7. Anda dapat mengisi dokumen pendukung dengan data atau dokumen yang sudah discan.
Berikut file-file yang perlu di upload melalui aplikasi pendaftaran beasiswa GTK Kemendikbud.
-SK Pengangkatan sebagai guru
-Ijazah pendidikan terakhir
-Transkrip nilai
-Sertifikat pendidikan dan pelatihan
-Piagam penghargaan
-Surat pernyataan belum berkualifikasi S1 ( Download Disini) 
-Surat Pernyataan Tidak Sedang Memperoleh Bantuan Pendidikan dari Instansi/Lembafa lain (tanda tangan bermaterai, diketahui oleh kepala sekolah). 

8. Untuk mengupload file-file tersebut, silahkan klik tombol browse, kemudian pilih file yang akan di upload, lalu klik tombol simpan.

Setelah langkah-langkah tersebut diikuti, maka pendaftaran beasiswa telah selesai. Selanjutnya Anda dapat memantau pengumuman resmi dari Kemendikbud dan Dinas Pendidikan untuk melewati tahap selanjutnya.

Sumber http://supiadi74.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Program Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 Bagi Guru yang Belum Sarjana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel