CARA MEMBUAT EFEK TEKS MOZAIK DI PHOTOSHOP

Belajar Efek Teks Photoshop | Kali ini kita akan belajar Membuat Efek teks Mozaik di Photoshop. bentuk dari tulisan nantinya akan terlihat seperti perpaduan kotak - kota kecil yang akan membentuk susunan Huruf dari tulisan kita, bisa juga disebut sebagai efek teks pixels.

Apa itu Mozaik ?

Mozaik adalah seni menciptakan gambar dengan menggabungkan pecahan - pecahan kecil dari berbagai bahan, sesuai keinginan. teknik mozaik dalam desain grafis terbilang sulit, sebab kita di tuntut untuk membuat objek dari gabungan beberapa objek kecil yang masing - masing pasti memiliki warna sendiri. Baca juga Cara Membuat Efek Foto Mozaik di Photoshop.

Membuat Efek Teks Mozaik di Photoshop

Membuat Efek Mozaik pada teks mungkin masih jarang ditemukan, karena penerapan seni ini lebih banyak terlihat pada foto  atau pemandangan. coba anda cari di internet tentang penerapan mozaik, pasti kebanyakan berupa gabungan objek kecil yang membentuk foto manusia atau pemandangan. nah dengan melihat fenomena itu, maka ide saya muncul untuk menciptakan Trik untuk Membuat Efek Mozaik pada Teks menggunakan Photoshop. 

Untuk Perlengkapan dalam proses pembuatannya saya kita hanya perlu Photoshop dan secangkir teh. hehe. baiklah sebelum kita mulai tutorialnya ,saya akan menunjukan hasil yang akan diperoleh dari latihan kita kali ini.
Belajar Membuat Efek Tteks Mozaik Di Photoshop

Langkah - Langkah Pembuatan Efek Teks Mozaik di Photoshop

Step 1

Pertama kita akan membuat Backgroundnya terlebih dahulu.
Buat lembar kerja baru dengan ukuran 1000 x 600 pixels dan beri warna putih. lalu gunakan Brush tool atau tekan B, buatlah beberapa garis dengan warna berbeda, pastikan hardness pada brush 0%.

Step 2

Pergi ke Filter - Distort - Mosaic. gunakan Amount 356% dan Size Medium. klik ok.

Step 3

Pergi ke Filter - Pixelate - Mosaic. Atur Cell size 35 square. maka Background kita sekarang akan menjadi berupa kotak - kotak berwarna. layaknya Pixels.

Step 4

Buatlah tulisan anda dengan Huruf Futura Md, Besarnya 250 px berwarna hitam.
pergi ke layer panel, Klik kanan pada layer text kita lalu pilih Rasterize Layer. agar huruf kita ini bisa kita edit menggunakan filter nantinya.
Tahan CTRL lalu klik layer thumbnail text kita, lihat arah panah merah dibawah. proses ini bermaksud agar kita mengambil seleksi dari huruf kita. maka akat terlihat garis seleksi pada huruf.
Pakai lagi Brush tool, untuk ukuran dari brush gunakan 131, atau jikan ingin membesarkan lagi tidak apa - apa, karna tujuan kita hanyalah memberikan beberapa warna ke dalam text. 
buatlah beberapa garis dengan warna berbeda. tidak perlu hati - hati, sebab garis yang anda buat tidak akan keluar dari huruf karenan adanya seleksi yang kita buat sebelumya. jika sudah tekan CTRL D untuk menghilangkan garis seleksi.

Step 5

Duplikat atau copy layer text kita dengan menekan CTRL J. lalu beri Overlay pada Blend modenya.

Step 6

Usahakan kita bekerja pada Layer copian. Pergi ke Filter - Pixelate - Mosaic. masukkan nilai 20 square. tekan OK.

Step 7

Pindah ke layer text utama. Pergi ke Filter - Pixelate - Mosaic. Berikan nilai 16 pada Square. klik ok.
lanjutkan dengan Pergi ke Filter - Brush Strokes - Accented edges. lalu masukkan Edge width 1, brightness 12, Smoothness 5. klik OK. sampai disini anda sudah bisa melihat hasil nya, namun untuk lebih mengesankan maka kita beri satu efek lagi pada Blending options.

Step 8

Klik kanan pada layer text utama lalu pilih Belnding options. gunakan Bevel and Emboss dengan pengaturan seperti gambar dibawah. lalu klik ok.
Hasil dari Belajar Membuat Efek Teks Mosaik di Photoshop.
Nah akhirnya kita sudah bisa membuat efek teks mosaik sendiri. mudahkan bro / sist ?. saya rasa untuk tutorial kali ini,sampai disini saja, semoga apa yang saya berikan bisa menambah ilmu kawan - kawan semua agar lebih kreatif lagi dalam menciptakan hal yang baru dalam dunia desain grafis. jangan lupa like, share dan komentarnya.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT EFEK TEKS MOZAIK DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel