CARA MEMBUAT PLANET BUMI DI PHOTOSHOP

Membuat Planet di Photoshop | Halo teman - teman pecinta Photoshop. kali ini kita akan Belajar Membuat Planet Bumi di Photoshop. saya harap kalian mengikuti tutorial kali ini, soalnya ini sangat penting karena menyangkut  bumi kita yang tercinta, haha. masa tinggal dibumi tapi tidak tahu cara buatnya.hoho. 

Sedikit tentang masa lalu gambar bumi.

Sebelum ada yang namanya Satelit di luar angkasa saya yakin, pasti belum ada yang pernah melihat bumi. wkwkwk, kecuali Nabi - nabi utusan Allah yang pernah melakukan perjalanan ke langit berkat kecepatan cahaya yang diberikan oleh Allah. dengan berkembangnya zaman maka satelit telah memberikan kita Pencitraan wajah bumi. jadi berterima kasihlah pada mereka yang menciptakan satelit beserta teropong raksasanya.

Membuat Planet Bumi di Photoshop

Proses pembuatan objek bumi kali ini bisa dibilang mudah karna kita hanya menggabungkan beberapa efek saja. untuk waktu pengerjaannya - saya sendiri bisa membuat objek bumi beserta backgroundnya memakan waktu 10 menit. Cepat kan.
Hasil dari tutorial Photoshop kita kali ini
Bahan ::
Gambar Peta Bumi - Silahkan unduh di situs resminya disini

Langkah - langkah Membuat Planet Bumi di Photoshop

Step 1

Buat lembar kerja dengan ukuran 800 x 800 pixel. jika ingin ukurannya lebih besar , pastikan panjang dan lebarnya sama. gunakan warna Hitam.
- Kita akan membuat Background terlebih dahulu, dengan tema Luar angkasa.

Step 2

Pergi ke Filter - Noise - Add noise. berikan 20% pada nilai amount. Pilih Gaussian dan Checklist Monochrome. klik ok.
Nah jika kita lihat , akan terdapat banyak titik - titik putih. inilah yang kita gunakan sebagai objek bintangnya pada background ruang angkasa.

Step 3

Tekan CTRL L (levels). disini kita akan mengurangi kapasitas titik -titik putih agar terkesan bintang yang memiliki jarang masing - masing.
berikan 0,24 pada Input Abu-abu, dan 212 pada input White. klik Ok. nah. untuk background saya rasa sampai disini sudah cukup menggambarkan scene ruang angkasa yang di taburi bintang - bintang.

Step 4 

Buka File Peta Bumi kita di photoshop. lalu tarik ke dalam lembar kerja kita.
Gunakan Transform tool atau tekan CTRL T , untuk membuat ukurannya pas dengan lembar kerja kita. caranya tinggal tarik titik pada pinggiran transform tool. tekan enter jika sudah.

Step 5

Tekan M atau marquee tool, atau pergi ke toolbar dan cari Elliptical marquee tool. buat lingkarang di bagian Peta kita - untuk lebih proporsi tahan CTRL SHIFT ALT lalu tarik dari tengah gambar. 
- area yang ada didalam seleksi kita , itulah yang akan terlihat di planet bumi kita nanti.
masih keadaan terseleksi, Pergi ke Filter - Distort - Spherize. berikan Amount 100% dan pilih mode normal. klik ok.
lanjutkan tekan CTRL J agar seleksi kita terduplikat menjadi layer baru. Hapuslah layer peta utama kita tadi. hasilnya akan seperti dibawah.

Step 6

Memberikan Efek bayangan dan cahaya.
Klik kanan pada layer bumi kita, pilih Blending Options. gunakan Inner shadows dengan pengaturan seperti dibawah.
 Gunakan Outer shadow dengan pengaturan seperti dibawah.
 terakhir gunakan Inner Glow dengan pengaturan seperti dibawah. klik OK. dan lihat hasilnya.
membuat planet bumi di photoshop.

Sampai disini kita sudah bisa menikmati keindahan planet bumi yang sudah kita ciptakan di photoshop. saya harap ada teknik pada proses tutorial kita kali ini yang bisa anda jadikan pelajaran yang bisa di ingat sampai kapanpun. jangan lupa komentarnya.
Assalamualaikum.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT PLANET BUMI DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel