EDIT WARNA FOTO DENGAN HUE SATURATION PADA PHOTOSHOP

Edit Warna foto Menggunakan Hue Saturation pada Photoshop adalah Pembahasan kita kali ini. dalam beberapa proses desain atau edit foto, tidak jarang kita melihat para desainer mengatur warna menggunakan fitur ini. karna kelebihannya dalam memberikan intensitas warna pada objek.

Apa itu Hue Saturation?

Hue Saturation merupakan salah satu dari beberapa alat untuk mengatur komposisi warna pada Adjustment Panel photoshop. hue sendiri artinya adalah istilah yang digunakan untuk nama dari suatu warna pada objek misalnya orange, merah,biru dll. sedangkan saturation adalah intensitas warna pada suatu objek.

Apa yang bisa kita hasilkan dengan menggunakan Hue Saturation ?

ada banyak efek yang bisa kita hasilkan dengan menggunakan adjustment Hue Saturation. namun kali ini saya akan memberikan 5 Fungsi Hue saturation yang bisa di terapkan untuk Edit warna pada foto kita. dibawah ini adalah beberapa langkah penggunaanya.

Buka foto anda di photoshop - aktifkan panel Adjustment di Windows - Adjustment. maka akan terlihat panel seperti gambar dibawah. lingkaran merah itu adalah Hue Saturation. klik untuk mengaktifkannya. maka layer Hue sturation akan tampil di atas layer foto anda.

EDIT WARNA FOTO DENGAN HUE SATURATION PADA PHOTOSHOP 

1. Membuat Kulit Menjadi Putih menggunakan Hue Saturation

Pilih Yellow pada susunan warna. kita memilih yellow atau kuning, karna warna kulit yang ada pada foto dibawah sawo matang atau kekuning kuningan. kurangi Saturation menjadi - 55 agar intensitas warnanya berkurang ( semakin rendah saturation maka warna akan semakin muda dan menjadi abu - abu), lalu tambahkan Lightness menjadi 25 untuk memberikan kecerahan, agar warna yang di hasilkan akibat saturation tadi menjadi lebih terang.

2. Membuat Foto menjadi Hitam Putih menggunakan Hue Saturation 

Gunakan settingan Default atau settingan dasar pada saat membuka panel Hue saturation. Disini kita hanya mengatur Saturationnya saja menjadi - 100. agar semua intensitas warna pada objek Turun menjadi abu - abu.

3.  Mengubah Semua jenis warna secara acak pada foto

Disini kita hanya Menggeser Bolak balik Hue sampai mendapatkan susunan warna yang di inginkan. maka dengan otomatis foto anda akan berganti warna. teknik ini biasa digunakan untuk membuat suatu foto pemandangan atau menjadi menjadi lebih berwarna.

 4. Memberikan Filter warna pada foto.

Disini kita akan Mengubah komposisi warna pada foto menghilang dan membuat satu filter warna baru untuk mengisi bagian bagian yang sudah hilang. caranya centang kotak kecil pada Colorize. lalu atur hue sesuai yang di inginkan.

 5. Memberikan efek pada area tertentu menggunakan Mask.

Jika anda melihat gambar dibawah, saya menggunakan pengaturan saturation -100 yang berarti foto akan terlihat hitam putih. namun pada bagian kepala sampai leher saya tidak terkena efek dari pengaturan itu. sebab saya memberikan brush pada layer mask Hue saturation.

- ketika anda menggunakan panel Adjustment hue saturation, maka dengan sendirinya layer akan tercipta dimana ada layer mask berwarna putih disamping adjusment kita. Pastikan bekerja pada layer mask dengan meng klik nya, gunakan Brush tool warna Hitam lalu coret pada bagian wajah maka anda akan langsung melihat efeknya.

Nah itu dia 5 contoh dasar mengunakan Hue Saturation pada Foto kita. jadi jangan bosan untuk bereksperimen sebab masih sangat banyak yang bisa kita hasilkan dari beberapa fungsi pada Photoshop. semoga dapat bermanfaat, Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "EDIT WARNA FOTO DENGAN HUE SATURATION PADA PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel