MENGENAL FUNGSI ADJUSTMENTS PANEL TOOL DI PHOTOSHOP

Adjustments  Tool adalah salah satu fitur yang berfungsi sebagai pengaturan warna pada gambar di photoshop. kita dapat memberikan efek perubahan warna pada gambar kita dengan hanya klik pada Adjusment tool pilihan kita lalu memberikan pengaturan yang ada ataupun membuat beberapa pengaturan yang baru.

Adjustment Panel

Pada Photoshop CS4 ke atas sudah di hadirkan Panel Adjusments untuk lebih  memudahkan kita dalam memilih tool mana yang akan digunakan pada pilihan adjustment yang tersedia. panel ini akan terlihat di bagian sisi sebelah kanan pada tampilan layar photoshop. ata kita juga bisa memanggilnya pada bagian bawah layer panel. yang harus anda ketahui, ketika kita menggunakan fungsi adjustment ini maka layer baru akan tercipta sesuai adjustment yang kita pilih.

Fitur Clipping Mask Pada Adjustment Panel

Clipping Mask adalah salah satu keunggulan photoshop, yang berfungsi agar 2 layer bisa berhubungan sehingga fungsinya hanya terlihat seperti satu layer saja.. nah dengan fungsi ini Adjustment layer yang kita hasilkan bisa berfungsi hanya pada layer dibawahnya saja jika kita mengaktifkan Clipping mask, namun jika tidak maka semua layer yang ada dibawah adjustment akan berpengaruh.
Contoh, disini kita akan menggunakan Adjusment layer Brightness / Contrast. terlihat dua layer dibawahnya yang terpengaruh oleh nilai yang kita masukkan pada pengaturannya.
 Setelah kita memberikan Clipping mask pada Layer dibawah Brightnes /contrast, maka layer 2 tidak akan memiliki pengaruh sama sekali. untuk mengaktifkan Clipping mask bisa menggunakan ikon bulat yang ada pada sebelah kiri ikon mata pada bagian bawah adjusment panel. atau dengan cara klik kanan pada layer adjusment dan pilih create clipping mask.

Fitur lain pada Adjustment panel

Untuk lebih memudahkan penggunaanya, ada beberapa fitur pelengkap yang ada pada bagian adjustment panel, diantaranya Visibility atau tombol untuk mengaktifkan atau tidak mengaktifkan, Reset default untuk mengembalikan setingan ke awal, Meperbesar dan memperkecil tampilan panel adjustment.

Bagian - bagian pada Adjustments Panel

Untuk Latihan Penerapannya pada gambar silahkan Klik pada Adjustment panel yang diinginkan.

1. Brightness/Contrast

Adjustment Brigthness dan Contrast. Fungsi dari adjustments ini sangatlah penting dikala kita ingin meningkatkan kepadatan warna suatu gambar dengan Contrast maupun tingkat kecerahannya dengan Brightness.

2. Levels

Level - adjustment yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga kita, sebab sering digunakan di kalangan Desainer sebagai alat untuk mengatur tinggi rendahnya tonal (komposisi warna) pada gambar yaitu Hitam(dark tones) - Abu abu(mid tones) - Putih (highlight). selain itu kita juga bisa menganalisis tingkat warna pada suatu gambar dengan melihat Histogram pada panelnya.

3. Curvers

Adjustment Curves - hampir sama seperti Levels namun curves pengaturannya berbentuk Kurva. fungsinya untuk memberikan filter warna pada gambar dari Gelap ke Terang. selain itu kita juga bisa menambahkan beberapa campuran komposisi warna secara bersamaan. sehingga foto kita bisa terlihat memiliki banyak campuran warna. teknik Curves bisa digunakan untuk membuat foto seperti pengaturan warna pada Instagram.

4. Exposures

Adjustment Exposure berfungsi untuk mengatur Exposure, Offset dan gamma (midtones) pada suatu gambar. dengan Exposure anda dapat mengatur bagian foto yang terang tanpa mempengaruhi bagian gelapnya. adjusment ini juga sering digunakan dalam membuat HDR.

--- Untuk latihan Nomor 1 - 4 bisa baca disini 4 Cara Memadatkan warna  foto di photoshop. ---

5. Vibrance

Vibrance adjustment merupakan salah satu langkah mudah untuk mengatur intensitas warna pada foto. filter ini sangat baik digunakan untuk mengatur warna pada kulit kita.

6. Hue / Saturation

Hue / saturation salah satu yang harus anda tahu karna ini juga sering digunakan. fungsinya untuk memberikan komposisi warna pada gambar secara  keseluruhan dan lebih spesifik. silahkan lihat tutorial penerapannya untuk lebih mengerti.

7. Color Balance

Color Balance - ini termasuk Adjusment favorit saya. sebab kita bisa menambahkan filter warna pada 3 bagian dalam suatu gambar, yaitu Shadow (bagian yang gelap  ), Midtones ( bagian tengah atau abu - abu) dan Higlight ( bagian yang paling terang atau warna akibat pencahyaan). dengan mengatur 3 Filter warna itu kita bisa mengubah Warna yang ada pada foto sesuai keinginan kita.

8. Black and White

Black and White atau Hitam Putih. panel ini berfungsi untuk membuat gambar menjadi terlihat hitam putih namun dengan pengaturan yang ada kita bisa mengatur kopmposisi kepadatan warna hitam dan putih agar lebih memberikan hasil yang di inginkan.

9. Photo Filter

Photo Filter ini sama halnya ketika kita memiliki plastik berwarna biru yang bening lalu buat dia berada didepan mata dan lihat efek pada apa yang kita lihat. maka semua akan memiliki pengaruh warna plastik biru kita. begitupun pada photoshop. adjustment ini biasa digunakan untuk memberikan efek sephia pada foto.

10. Channel Mixer

Channel mixer berguna untuk mencampur gambar grayscale. bisa memncampur berbgai channel grayscale dengan pengaturan berbeda pada masing - masing channel. jika anda membuka foto dengan mode RGB maka anda akan melihat 3 channel pada photoshop, nah itu adalah contoh dari channel pada satu gambar, yang jika salah satunya rusak maka kita akan memperbaikinya dengan informasi yang sudah kita dapat dari 2 channel lainnya.

11. Invert 

Invert - yang satu ini memang tidak memiliki pengaturan untuk memasukkan nilai - nilai. sebab fungsinya hanya memutar balik warna pada objek. jika anda mempunyai gambar hitam lalu gunakan Invert maka gambar anda akan putih. sebab kebalikan dari hitam adalah putih. begitupun selanjutnya pada gambar yang memiliki beberapa komposisi warna.

12. Posterize

Posterize berfungsi untuk memberikan pada warna. jika anda menggunakannya maka warna pada gambar akan terlihat memiliki degradasi dari gelap ke terang. atau terlihat sepertu sebuah kontur warna.

13. Treshold

Treshold ini adalah salah satu pilihan untuk membuat gambar menjadi Hitam Putih. beda dengan no.8 disana kita masih bisa melihat warna abu - abu. namun pada treshol warna akan dibawa menjadi hitam dan putih saja. untuk komposis hitam dan putihnya bisa anda atur pada panelnya.

14. Gradient Map

Gradient map berfungsi untuk memberikan warna pada gambar dengan teknik gradient. jadi kita bisa memberikan warna pada gambar sesuai perpaduan warna yang kita buat pada gradient. 

15. Selective Color

Selective color berguna untuk mengubah warna pada gambar yang terseleksi menjadi warna lain yang di inginkan sesuai nilai pada pengaturan CMYK nya. fungsi ini sangat baik jika anda menggunakan mode CMYK pada lembar kerja. namun tetap akan bekerja dengan baik pada mode RGB yang sering kita gunakan pada photoshop.

      Semua Pilihan di atas memiliki fungsi yang sangat berguna bagi pengaturan warna pada desain kita. tergantuk bagaimana kita menggunakannya. jika anda terus melatih penggunaan terhadap 15 tool adjusment diatas saya yakin akan ada trik baru yang bisa di dapatkan. maka dari itu teruslah bereksperimen walaupun hasilnya jelek dimata anda. desain yang jelek memiliki sebab, nah sebab itulah yang mengajarkan kita bagaimana untuk membuat desain yang menarik.terima kasih.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "MENGENAL FUNGSI ADJUSTMENTS PANEL TOOL DI PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel