Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop

Membuat efek long shadow pada teks di photoshop adalah tutorial kita kali ini. efek jenis long shadow pasti sudah tidak asing di mata sobat. apalagi kalau sering mengunjungi beberapa situs dengan desain minimalis, pasti akan melihat beberapa efek teks pada menu maupun logonya menggunakan efek long shadow. Long shadow sendiri dapat diartikan berdasarkan dua kata, Long berarti panjang dan Shadow berarti bayangan. jadi dapat disimpulkan bahwa efek long shawod adalah efek bayangan yang panjang. 

Ketenaran efek long shadow sudah ada sejak tahun 2010 dimana logo - logo sampai efek teks muenggunakan jenis desain seperti ini. penerapan efek ini paling pas jika di padukan dengan tema desain flat yaitu dengan perpaduan bentuk dan warna yang minimalis, sehingga menciptakan desain yang kompleks.
Membuat efek teks bokeh keren di photoshop
Berikut adalah hasil dari tutorial photoshop kali ini.

Membuat efek long shadow pada teks di photoshop Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop

Untuk pertemuan ini, kita akan belajar membuat efek long shadow yang akan diterapkan pada teks.tentunya alat yang digunakan adalah photoshop. pembuatan efek long shadow pada photoshop bisa dicapai dengan beberapa cara, untuk kali ini, kita menggunakan cara yang memanfaatkan Pen tool ( alat membuat vektor )  untuk membuat bayangannya secara manual. jika sobat tertarik, silahkan ikuti prosesnya dibawah ini :

MEMBUAT EFEK LONG SHADOW PADA TEKS DI PHOTOSHOP

  1. Buka photoshop. buat File baru denngan ukuran 1200x800 pixels. berikan warna background hijau  #39b54a. kemudian aktifkan Text tool ( T ) lalu tulislah nama sobat sebagai contohnya. Untuk warna teksnya saya menggunakan Putih agar lebih kontras, karena tutorial kita ini tentang efek long shadow, maka pemilihan warnanya juga harus seminimalis mungkin.

    Kalau hasil teks sobat terlalu jauh spasinya, silahkan atur dulu. atau baca tutorial mengatur tulisan di photoshop.

    Membuat efek long shadow pada teks di photoshop Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop
  2. Setelah teks sudah jadi. Sekarang membuat bentuk bayangan. Klik Pen tool ( P ) pada toolbox photoshop. pastikan menggunakan mode Shape. lanjutkan dengan membuat titik - titik yang akan membentuk bayangan. imajinasikan saja, bayangannya mengarah kemana. lihat gambar dibawah. 
    Jangan khawatir dengan garis yang ada didalam teks karena itu nantinya tidak akan kelihatan.
    Kemudia tempatkan layer Shape nya dibawah layer Teks kita.
    Membuat efek long shadow pada teks di photoshop Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop
  3. Jika sudah, pergi ke pengaturan Pen tool - pada bagian Fill berikan warna Hitam. untuk stroke nya biarkan kosong, karena kita tidak menginginkan garis luar bayangan.
    Membuat efek long shadow pada teks di photoshop Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop
    Untuk membuat bayangan pada tulisan Media , cukup gunakan teknik seperti langkah 1 - 3. maka sobat akan menghasilkan efek long shadow photoshop pada teks. 
Tips : untuk menghasilkan efek long shadow yang baik, pastikan sobat menggunakan warna yang lebih gelap dari warna teksnya.  dan untuk tetap konsisten pada tema desain yang minimalis, pastikan tidak menggunakan gadient. cukup warna yang solid.

Untuk lebih mengasah teknik membuat efek teks di photoshop, silahkan lihat koleksi tutorial efek teks photoshop di blog ini.

Semoga apa yang saya berikan kali ini yaitu Tutorial membuat efek long shadow pada teks di photoshop bisa bermanfaat bagi sobat semua. semakin sering latihan maka semakin sering mendapat ilmu. dan sedikit demi sedikit akan mejadi orang terlatih. saya Safri st mengucapkan terima kasih - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Membuat Efek Long Shadow Pada Teks Di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel