TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP

Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  bisa menghasilkan sesuatu yang menarik, dan yang paling penting bisa di mengerti oleh orang lain. sudah banyak sekali desain yang bisa dilihat di sekitar kita. namun kadang kala masih ada yang sulit untuk mengerti maksud dari ilustrasinya itu. 

Desain yang mudah di mengerti adalah desain yang bisa berkomunikasi dengan mata khalayak. dalam  artian, bisa memberikan informasi pada khalayak tentang makna yang terkandung dalam desain itu sendiri. dalam hal ini, peran tulisan pada gambar sangat penting. karena tulisan sebagai pelengkap untuk menjelaskan point penting dalam suatu desain

Dalam menggabungkan teks dan background pada suatu desain, ada beberapa yang harus di perhatikan, agar informasi yang akan disampaikan bisa lebih jelas. 
Masalah yang sering di alami adalah, ketika menggabungkan teks dengan background tetapi tulisan masih susah untuk di baca. ini disebabkan, karena terlalu mempertahankan kualitas background. padahal teks juga memiliki fungsi yang penting. jadinya, tulisan yang ada bercampur dengan warna latar sehingga, bentuk dari huruf sulit untuk di raba oleh mata.
Kesempatan ini, saya mau memberikan tips menggabungkan teks dengan background agar lebih mudah di mengerti menggunakan photoshop- tanpa menghilangkan unsur penting yang ada.

TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND AGAR MUDAH DI PAHAMI MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Dengan tips ini sobat diharapkan bisa mengerti akan pentingnya informasi dalam desain dan berusaha untuk memperjelasnya. 

1. Memberikan Efek Blur  pada Background

Masalah yang ada pada gambar dibawah adalah kejelasan akan tulisan yang terkandung masih kurang. karena ketajaman warna pada background masih ada jadi fokus masih tertuju pada latarnya saja. selain itu warna background juga memiliki komposisi warna putih yang akan membaur dengan warna teks kita.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Solusinya, dengan memberikan efek blur atau buram pada background menggunakan photoshop. Pada menu photoshop pilih Fitler - Blur - Gaussian blur - berikan 3 pada pengaturannya dan tekan Ok.
Sekarang tulisan kita lebih mudah dibaca. karena background sudah di blur. teknik ini membuat tulisan kita menjadi fokus. background kita menjadi buram namun tetap dapat di mengerti.

2. Memberikan Latar Berwarna pada Bagian Teks

Pada masalah ini, Teks dan background di tuntut harus memiliki ketajaman yang sama. karena background yang ada memperlihatkan point penting, yaitu 3 wajah lelaki. namun tulisan yang ada masih sulit untuk di baca, karena warna yang ada masih terkesan sama.
tutorial membuat vektor di photoshop.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Nah sekarang sobat bisa melihat, teks dan background sudah kontras. walaupun ada sedikit bentuk persegi hitam di belakang teks. untuk lebih mengesankan, berikanlah bentuk vektor yang indah untuk menjadi nilai tambah pada desain anda nantinya.

3. Memberikan Stroke atau Garis luar pada teks

Kalau melihat gabungan dibawah. pasti sobat pernah mengalaminya. ketika menginginkan warna teks yang sama dengan sebagian warna background.  kondisi seperti ini, saat tidak memiliki pilihan untuk mengganti warna teks, padahal ketika ingin di padukan dengan background hasilnya terlalu sulit untuk dibaca.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Solusinya, Menambahkan efek Stroke pada teks menggunakan Blending options Photoshop. stroke berfungsi untuk menimbulkan garis luar pada objek dengan warna pilihan.
Caranya, cukup klik kanan pada layer text kemudian pilih Blending Options - ceklist Stroke - kemudian sobat otak atik ukuran dan warna yang di inginkan. klik ok.
Karena teks kita berwarna hitam, maka dalam contoh ini saya menggunakan stroke berwarna putih.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Sekarang teks kita sudah bisa terlihat dan mudah untuk dibaca. teknik ini sangat baik di gunakan jika sobat mempunyai proyek desain dengan tema flat maupun menggunakan warna minimalis.

4. Memberikan Efek Filter warna pada background

Dalam kasus ini sebenarnya sama dengan kasus no.2. namun pemecahaan masalahnya yang berbeda. kita akan membuat teks dan background tidak kehilangan informasinya. Melihat desain dibawah, teks yang kita tempatkan masih kurang jelas untuk dibaca, karena warnanya yang masih memiliki komposisi yang hampir sama.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Solusinya, dengan memberikan filter warna pada backround di photoshop. teknik ini menggunakan metode, menaruh warna solid di atas background lalu mengurangi opacity nya, agar keseluruhan warna background terpengaruh oleh warna solid kita. disini saya menggunakan warna Orange.Caranya cukup buat layer baru di atas background dan berikan warna warna orange. kemudian kurangi Opacity nya sampai teks dan background sudah terlihat seimbang.
Membuat suatu desain grafis kita di tuntut untuk  TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP
Dengan metode ini, kita sudah bisa pecahkan masalah teks yang sulit dibaca. walaupun background kita sudah teralihkan warna dasarnya.  tapi semua informasi yang ada pada background tetap bisa di mengerti.

       Kesimpulan-nya ketika membuat desain yang memerlukan teks didalamnya sebagai salah satu point untuk menjelaskan sesuatu. maka berusahalah untuk mencari perpaduan warna yang kontras agar teks maupun background tidak kehilangan informasi mereka. jika sobat sudah terbiasa memecahkan masalah seperti itu, saya yakin desain yang menarik dan mudah di mengerti pasti selalu akan di hasilkan.

Demikian yang bisa saya berikan kali ini. semoga dapat bermanfaat. bila ada pertanyaan, silahkan selipkan di kolom komentar dibawah. saya Safri st mengucapkan terima kasih sudah berkunjung - Assalamualaikum.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "TIPS MENGGABUNGKAN TEKS DENGAN BACKGROUND - PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel