TUTORIAL MEMBUAT COVER MAKALAH DENGAN PHOTOSHOP

Tutorial Photoshop - Menempuh jenjang pendidikan di tingkat Sma sampai perguruan tinggi pasti tidak akan lepas dengan tugas berbentuk makalah. dimana makalah ini adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang terstruktur dan mudah di pelajari.beranjak dari itu semua, di kesempatan ini saya mau mengajak sobat untuk mencoba mempelajari tutorial membuat cover makalah dengan photoshop.

Prosese pembuatan makalah memang sudah tidak lepas dari aplikasi microsoft word. mulai dari awal sampai akhir aplikasi ini sudah bisa menunjang semua yang di inginkan. komponen dalam makalah, terdapat bagian yang sangat penting dan ini aberada dibagian depan, yakni cover.

Ketika kita berbicara masalah sampaul atau cover makalah. maka bukan cuma microsoft word yang bisa menghasilkannya. malahan dengan menggunakan aplikasi grafis seperti photoshop maka desain cover bisa menjadi lebih menarik.

Sobat pasti sudah tahu keunggulan photoshop dalam menghasilkan gambar - gambar yang menarik. nah untuk pertemuan ini, saya akan membuka keterbatasan kita semua, untuk menggunakan photoshop sebagai tempat untuk membuat cover makalah, agar bisa menjadi lebih unik dan menarik.
Ingat :: Cover buku yang menarik bisa menjadi nilai tambah, apalagi di tunjang dengan isinya yang baik pula.

Berikut Hasil dari Tutorial membuat cover makalah dengan photoshop

Yang perlu sobat ketahui adalah, pembuatan cover makalah di photoshop tidaklah sulit. kita hanya menggunakan Text Tool untuk menulis standar, selebihnya jika ingin efek tulisan menarik silahkan lihat koleksi tutorial efek teks photoshop. sedangkan untuk memperindah tampilannya, bisa memasukkan wallpapaer yang sudah ada, atau membuat background/wallpaper  dengan paduan fitur pada photoshop. silahkan lihat panduannya dibawah ini :

TUTORIAL MEMBUAT COVER MAKALAH & BUKU DENGAN PHOTOSHOP


  1. Buka aplikasi photoshop. Buat file baru ( CTRL N ). berikan ukuran kertas A4 dengan background warna Putih.
  2. Aktifkan Text tool ( T ). lalu cari huruf kesukaan sobat kemudian tulislah Judul Makalahnya. disini saya menggunakan huruf Poplar Std - ukuran 48pt - warna Hitam.
    - Tekan CTRL Enter untuk keluar dari area menulis.
  3. Untuk membuat teks berada di tengah, pastikan menggunakan Pick tool ( V ) - tekan CTRL A lalu pada bagian toolbar atas pilih rata tengah.
  4. Jika ingin menambahkan Logo silahkan cari buka windows explorer sobat kemudian pilih file logonya - langsung tarik ke dalam photoshop. gunakan CTRL T untuk mengatur besar kecilnya. 
  5. Sekarang selesaikan semua tulisan sesuai format cover makalah yang biasa sobat gunakan.
  6. Jika sudah, Pilih semua layer selain background. cara dengan tahan CTRL untuk seleksi semua layer. kemudian tekan CTRL G agar menjadikannya dalam satu group. beri nama grup " Isi makalah".
  7. Sekarang kita akan membuat background yang menarik untuk cover makalah sobat.
    Buatlah layer baru dan tempatkan dibawah grup " isi makalah". pastikan backroung dan foreground sudah diberi warna favorite. lihat gambar dibawah.
  8. Pergi ke Filter - Render - Clouds. maka seketika background akan tercipta dengan perpaduan warna yang terlihat seperti awan.
  9. Lanjutkan dengan pergi ke Filter - Pixelate - Mosaik. masukkan nilai 50. Klik ok.
    Maksud dari angka 50 adalah gambar yang ada akan terbentuk menjadi pecahan dari kotak berukuran 50 pixels. 
  10. Nah sekarang Cover Makalah sobat sudah jadi. kalau masih merasa belum puas dengan background nya, silahkan sobat cari wallpapar yang menarik, atau buat sendiri saja di phtotoshop, blog ini sudah punya beberapa tutorial tentang membuat wallpaper, salah satunya - membuat wallpaper corak abstrak di photoshop.

Mungkin cuma itu saja yang bisa saya berikan. semoga dapat menambah ilmu baru dalam menghadapi dunia desain grafis jaman digital ini. saya Safri ST mengucapkan banyak terima kasih - Assalamualaikum.




Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "TUTORIAL MEMBUAT COVER MAKALAH DENGAN PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel