Cara menulis Notulensi / Notula Rapat dengan Benar Serta Contohnya
Guruberbahasa.com- Cara menulis Notulensi / Notula Rapat dengan Benar
Notulen adalah hasil pencatatan sebuah rapat yang dilakukan oleh notulis/sekretaris. Pola penulisan notulen adalah sebagai berikut.
1. Judul
2. Hari / Tanggal
3. Tempat
4. Waktu
5. Peserta rapat
6. Pemimpin rapat
7. Daftar acara
8. Notulis
9. Jalannya rapat
10. Keputusan rapat
11. Tanggal penandatanganan notulen dan tempat
12. Tanda tangan pemimpin diskusi dan notulis.
1. Judul
2. Hari / Tanggal
3. Tempat
4. Waktu
5. Peserta rapat
6. Pemimpin rapat
7. Daftar acara
8. Notulis
9. Jalannya rapat
10. Keputusan rapat
11. Tanggal penandatanganan notulen dan tempat
12. Tanda tangan pemimpin diskusi dan notulis.
Contoh 1:
Notulen Rapat
Bagian Umum Deputi Bidang
Administrasi BPPT
Tanggal : 10 Maret 2007
Tempat : Ruang Rapat Bagian Umum
Waktu rapat : Pukul 10.00 - 13.30
Peserta rapat :
1. Untung Darwadi, S.H., Kabag Umum.
2. Dra. Ina Mardiana, Kabag Rumah Tangga.
3. Budi Susilo, S.E., Kasubag Tata Usaha.
4. Fenny Darmasaputra, B.Sc., Staf Tata Usaha.
5. Endang Ningsih, B.A., Staf Tata Usaha.
6. Malik, Staf Rumah Tangga.
7. Novianti Nazli Dewi, Sekretaris.
Pemimpin rapat : Toto Wahyu
Keputusan rapat :
1. Produktivitas Kerja
Disepakati menerima usulan Ibu Ina yang menyangkut hal berikut.
a. Perlu diadakan pembagian kerja yang seimbang di antara pegawai serta perlunya pengawasan langsung dari atasan yang bertanggung jawab pada tugas-tugas bawahannya.
b. Frekuensi pekerjaan yang semakin tinggi selama ini tidak diimbangi oleh kesiapan tenaga yang ada. Karena itu, perlu diadakan pembagian kerja yang tepat. Seorang pegawai harus mendapat pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang keahliannya.
2. Kursus Bahasa Indonesia
Rapat menyetujui usulan Pak Malik mengenai hal-hal sebagai berikut:
a. Perlu segera dicarikan jalan keluar atas kendala yang dihadapi dalam kegiatan surat-menyurat intern, yaitu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia tulis untuk korespondensi.
b. Agar diupayakan sekretaris yang siap pakai dalam tugas-tugasnya, memiliki kemampuan menjadi korektor, notulis, dan MC.
Rapat memutuskan agar Bagian Umum meneruskan usulan tersebut pada Bagian Diklat.
Bagian Umum Deputi Bidang
Administrasi BPPT
Tanggal : 10 Maret 2007
Tempat : Ruang Rapat Bagian Umum
Waktu rapat : Pukul 10.00 - 13.30
Peserta rapat :
1. Untung Darwadi, S.H., Kabag Umum.
2. Dra. Ina Mardiana, Kabag Rumah Tangga.
3. Budi Susilo, S.E., Kasubag Tata Usaha.
4. Fenny Darmasaputra, B.Sc., Staf Tata Usaha.
5. Endang Ningsih, B.A., Staf Tata Usaha.
6. Malik, Staf Rumah Tangga.
7. Novianti Nazli Dewi, Sekretaris.
Pemimpin rapat : Toto Wahyu
Keputusan rapat :
1. Produktivitas Kerja
Disepakati menerima usulan Ibu Ina yang menyangkut hal berikut.
a. Perlu diadakan pembagian kerja yang seimbang di antara pegawai serta perlunya pengawasan langsung dari atasan yang bertanggung jawab pada tugas-tugas bawahannya.
b. Frekuensi pekerjaan yang semakin tinggi selama ini tidak diimbangi oleh kesiapan tenaga yang ada. Karena itu, perlu diadakan pembagian kerja yang tepat. Seorang pegawai harus mendapat pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang keahliannya.
2. Kursus Bahasa Indonesia
Rapat menyetujui usulan Pak Malik mengenai hal-hal sebagai berikut:
a. Perlu segera dicarikan jalan keluar atas kendala yang dihadapi dalam kegiatan surat-menyurat intern, yaitu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia tulis untuk korespondensi.
b. Agar diupayakan sekretaris yang siap pakai dalam tugas-tugasnya, memiliki kemampuan menjadi korektor, notulis, dan MC.
Rapat memutuskan agar Bagian Umum meneruskan usulan tersebut pada Bagian Diklat.
Jakarta, 15 Maret 2007
Mengetahui,
Toto Wahyu Novianti N. Dewi
Pemimpin Rapat Notulis
Sumber http://www.guruberbahasa.com/
Belum ada Komentar untuk "Cara menulis Notulensi / Notula Rapat dengan Benar Serta Contohnya"
Posting Komentar