Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan yang Didengar

Denah
Dalam membuat suatu bangunan gedung kita memerlukan tempat atau lokasi  yang strategis dan aman dari ancaman baik berupa bencana alam maupun bencana lainnya. Maka bangunan tersebut memerlukan denah lokasi yang telah diperhitungkan menurut aturan-aturan yang telah ditentukan oleh para ahli.


Setelah menentukan denah lokasi maka diperlukan denah bangunan gedung, denah ruangan  yang diperlukan dalam membangun bangunan tersebut.

Contoh dalam denah ruangan kelas dalam bangunan sekolah.

Dalam ruang kelas biasanya terdapat meja murid, tempat duduk murid, meja guru,tempat duduk guru, papan tulis, lemari guru, dan lemari murid.

Dengan menggunakan denah kita dapat mengetahui gambaran keberadaan suatu tempat dan benda-benda yang ada di dalamnya.

Misalnya dalam suatu ruang kelas terdapat meja murid yang berada ditengah kelas, meja guru, papan tulis dan lemari buku berada didepan kelas. Meja guru, meja murid, lemari buku, dan papan tulis berguna untuk kelancaran belajar murid.

Nyayian mengenai arah mata angin.
Timur tanggara, selatan, barat daya
Barat, barat laut, utara timur laut


Arah mata angin
Arah mata angin merupakan petunjuk arah denah. Arah mataangin berguna untuk mempermudah membaca denah. Arah mata angin ada delapan. Antara lain Utara (U), timur laut (TL), timur (T), tenggara (TG), selatan(S), barat daya (BD), barat (B), dan barat laut (BL). Pada denah, arah utara selalu berada di atas. Sementara itu, arah selatanberada di bawah.

LAKUKAN KEGIATAN BERIKUT
SECARA BERKELOMPOK


a.       Judul Kegiatan      : Membuat Denah
b.      Tujuan Kegiatan    : Mampu Membuat Denah
c.       Alat dan Bahan     : Ruang Kelas
d.      Langkah-langkah kegiatan
1.      Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2.      Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3.      Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4.      Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
5.      Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
a.       Letak kelasmu menghadap ke arah mana?
b.      Ada berapa meja dan tempat duduk yang terdapat dikelasmu?
c.       Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d.      Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e.       Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f.       Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g.      Terletak disebelah manakah lemari buku?
h.      Terletak disebelah manakah papan tulis?
i.        Terletak disebelah manakah pintu kelas?

PENUGASAN TERSTRUKTUR

A.  Tugas membuat denah kamar sendiri
1.    Apakah kamu mempunyai kamar sendiri?
2.   Coba gambarkan denah kamarmu sesuai dengan arah mata angin.
3.   Tuliskan letak-letak benda-benda yang terdapat dikamarmu.

B.   Tugas mengerjakan soal-soal latihan.
1.     Sebutkan manfaat tempat tidur!
2.    Sebutkan manfaat lemari?
3.    Sebutkan manfaat meja belajar?
4.    Sebutkan manfaat ruang-ruang yang ada dirumahmu?
5.    Sebutkan manfaat pentilasi?
 
LEMBAR KERJA SISWA
DENAH KELAS
Hari Tanggal :
Kelas :
Nama kelompok :
Anggota kelompok:
   
1.     …………………………..
2.    …………………………..

Petunjuk :

1.     Tuliskan hari, tanggal, kelas, nama kelompok, dan anggota kelompok pada tempat yang sudah disediakan.
2.    Lakukanlah kegiatan sesuai dengan langkah-langkah kegiatan, bila ada yang kurang jelas, mintalah penjelasan dari guru.

A.   Tujuan kegiatan :
Membuat denah kelas
 
B.    Alat dan bahan :
Kelas, meja, kursi.
 
C.    Langkah-langkah kegiatan :
1.     Simaklah penjelasan guru tentang keberadaan ruang kelas!
2.    Amatilah keberadaan ruang kelasmu!
3.    Buatlah denah kelasmu sesuai arah mata angin!
4.    Laporankan hasil kegiatan membuat denah!
 
D.   Pertanyaan :
Diskusikan bersama kelompokmu utnuk menjawab pertanyaan berikut!
a.    Letak kelasmu menghadap ke arah mana?
b.    Ada berapa meja dan tempat duduk yang terdapat dikelasmu?
c.    Menghadap ke arah manakah tempat duduk dikelasmu?
d.    Ada berapa jumlah baris meja dikelasmu?
e.    Ada berapa jumlah meja dalam tiap baris meja dikelasmu?
f.    Terletak disebelah manakah meja gurumu?
g.    Terletak disebelah manakah lemari buku?
h.    Terletak disebelah manakah papan tulis?
i.     Terletak disebelah manakah pintu kelas?

Sumber http://www.guruberbahasa.com/

Belum ada Komentar untuk "Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan yang Didengar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel