Pengertian Warna Panas Dan Contohnya

Pernahkah sobat merasa keceriaan ketika melihat suasana senja di sore hari, atau merasa semangat sambil mengimajinasikan bara api membara. ingat, semua itu memiliki warna didalamnya. dan itu adalah warna panas yang bisa menimbulkan suasan tertentu dalam diri. untuk pertemuan ini, kita akan membahas tentang pengertian warna panas dan contohnya. artikel grafis ini bertujuan untuk lebih mengasah referensi warna kita bersama. silahkan di baca dengan baik.

Warna Panas

Pengertian warna panas

Warna panas adalah warna yang bisa menimbulkan suasana menjadi semangat, riang serta mendatangkan keceriaan. warna panas juga bisa mendatangkan sensasi dekat dan panas, dimana warna ini mengelabui perasaan kita sehingga seolah merasa ada kedekatan maupun terhimpit/sempit. sensasi panas timbul ketika melihat warna warna panas seperti merah api dan kuning matahari.

Baca juga : Pengertian warna dingin

Jenis Warna Panas

Dalam warna terdapat tiga warna primer yaitu Merah,Kuning dan Biru. selebihnya adalah warna sekunder dan tersier yang tercipta lewat perpaduan antara ketiga warna primer tersebut. dengan tergabungnya seluruh warna dasar hasil penggabungan, maka seorang seniman bernama Brewster membuat skema warna. dengan skema warna inilah kita juga bisa mengelompokan mana warna yang panas maupun warna dingin.

Perlu sobat ketahui, bahwa warna Hitam juga bersifat panas, karena hitam dapat menyerap energi cahaya menjadi panas dibandingkan warna putih. contohnya ketika memakai baju panas disiang hari, pasti badan akan cepat berkeringat.

Warna panas bisa kita temukan pada skema dari Merah sampai ke warna campuran Y-G ( yellow / kuning di campur Green / hijau ). lalu selebihnya adalah warna dingin. 
Pernahkah sobat merasa keceriaan ketika melihat suasana senja di sore hari Pengertian Warna Panas Dan Contohnya
Skema warna panas dan warna dingin
Keterangan :: Kode warna yang hanya huruf adalah singkatan. misalnya Y-O ( Yellow atau kuning dicampur Orange )

Dengan skema warna diatas, sekarang kita sudah bisa mengetuhia mana warna warna yang bersifat panas, diantaranya : Warna Merah, Orange, Kuning, O-R, Y-O, dan Y-G. 

Contoh kasus :: 

Dalam sebuah sekolah seni dan ilmu fisika, sering terdapat pengujian tentang sifat warna. dimana siswa disuruh untuk membuktikan warna mana yang paling cepat menyerap energi cahaya matahari dan berubah ke energi panas. 

Bahan yang digunakan dalam prakteknya adalah kain 100% katun dengan warna warna berbeda. bisa juga pakai baju distro sobat, kan sekarang banyak tuh, baju 100% cotton combad 24 s. hehe
Gunakan juga termometer untuk mengukur suhu pada kain.

Selanjutnya jemur kain tersebut sampai beberapa menit. lalu ukur suhunya.

Hasilnya, pasti warna hitam akan lebih mudah panas / hangat. karena memang warna hitam dapat menyerap semua warna pada cahaya. jadi akan lebih hangat dari kain putih dan kain yang warnanya muda atau menuju ke putih.

Selebihnya, untuk warna Merah, Warna Orange dan kuning, akan hangat namun tetap dibawah suhu warna hitam.

Warna dingin seperti Hijau, Ungu dan Biru pasti akan terasa hangatnya namun masih sangat rendah.

Kesimpulannya, semakin banyak warna itu menyerap cahaya, maka akan semakin akan semakin cepat panas.

Contoh Objek Yang Memiliki Warna Panas

Setelah mengetahui warna apa saja yang tergolong warna panas. sekarang kita akan mengasah kemampuan. saya mengajak sobat mencari objek apa saja yang memiliki warna panas, mulai dari tumbuhan , hewan, bangunan, kendaraan. saya berikan 5 contoh objek warna panas, yaitu : Strowberry, labu, cabe, bunga matahari dan apel. selebihnya cari sendiri yah.
Pernahkah sobat merasa keceriaan ketika melihat suasana senja di sore hari Pengertian Warna Panas Dan Contohnya

Warna Panas Dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis, warna panas digunakan untuk mengsimbolisasikan tema desain yang bersifat ceria, semangat dan kekuatan. contohnya ketika membuat poster bertemakan kejuaraan. maka kombinasi warna harunya mengambil dari susunan warna panas. ini tidak mutlak, sobat bebas memilik jenis warna apapun tapi ingat desain yang baik adalah memiliki filosofi dan fungsi.


Dibawah merupakan contoh perpaduan warna panas dengan satu sentuhan warna dingin sebagai penetralisir suasana. jadi dalam desain sobat penggunaan ruang untuk warna panas adalah 80%, selebihnya warna dingin 20%.

Pernahkah sobat merasa keceriaan ketika melihat suasana senja di sore hari Pengertian Warna Panas Dan Contohnya

Penutup

Dengan beberapa penjelasan diatas, saya rasa sekarang sobat sudah bisa mengelompokkan jenis jenis warna panas. dan sudah tau bagaimana menempatkan warna panas kedalam desain. intinya semua warna itu baik jika kita padukan dengan hati hati. sesuaikan kondisi untuk menciptakan kombinasi warna, agar suasana yang di inginkan bisa tercipta semaksimal mungkin.

Sekian dari saya, semoga pengertian warna panas dan contohnya bisa menjadi pelajaran baru bagi sobat. terima kasih sudah berkunjun - jangan lupa di Share. SAFRI ST mengucapkan, Assalamualaikum.



Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Warna Panas Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel