Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 Terbaru

Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 ini merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu satu tahun. Setiap pengajar PAUD ataupun lembaga sederajat lainnya wajib membuat dan memiliki Program Semester PAUD ini sebagai upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu segera download saja filenya untuk melengkapi referensi anda dalam membuat Program Semester 2016/ 2017 sendiri. Semoga file ini bisa menjadi bahan referensi yang baik sesuai dengan harapan bapak/ ibu guru PAUD/ TK/ RA/ KB sekalian. 

PROMES (Program Semester) adalah rencana kegiatan yang terkait dengan kegiatan kurikulum dalam rentang satu semester atau setara dengan enam bulan waktu kalender. Rencana kegiatan semester setidaknya memuat unsur waktu, tema, sub tema, dan kegiatan pendukung.

Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester :
  1. Mempelajari dokumen kurikulum, yakni pedoman pengembangan program pembelajaran.
  2. Menentukan tema yang akan digunakan dalam setiap semester dan menetapkan alokasi waktu setiap tema
  3. Menentukan dan mengidentifikasi tema menjadi sub tema
  4. Tema-tema yang dipilih dan hasil dokumentasi tema menjadi sub tema dapat dibuat dalam bentuk tabel pada setiap awal tahun pelajaran.

Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013

 ini merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu satu tahun Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 Terbaru

Seperti pada gambar diatas, program semester ini terdiri dari beberapa kolom keterangan/ isian yakni kolom No, Tema, Jumlah Minggu, Jadwal Kegiatan, dan Keterangan. Dalam kolom tema tentunya diisi dengan Tema yang akan dipakai dalam pembelajaran dalam satu tahun (download Tema PAUD). Kemudian kolom Jumlah Minggu diisi dengan jumlah minggu yang akan dialokasikan untuk setiap Tema yang tentu saja mengacu pada kalender pendidikan untuk menentukan jumlah minggu efektif (download Kalender Pendidikan PAUD). Dan terakhir adalah kolom Jadwal Kegiatan diisi dengan merinci tanggal dari minggu yang sudah dialokasikan untuk setiap tema.



Jadi kesimpulannya adalah dalam tahap awal kita harus menghitung dulu atau merinci berapa jumlah minggu efektif yang tersedia selama satu tahun pelajaran, untuk yang belum bisa menghitung minggu efektif silahkan baca artikel Cara Menghitung Minggu Efektif. Baru setelah anda merinci minggu efektif anda membagi minggu tersebut ke seluruh Tema yang akan dipakai (Alokasi Minggu tiap Tema bisa berbeda-beda). Setelah itu anda tinggal merinci ke bentuk tanggal dalam kolom Jadwal Kegiatan (dari tanggal berapa sampai tanggal berapa)

Download Juga :

Semoga Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi anda dalam menemukan referensi yang tepat dalam mebuat program semester sendiri. Kritik dan saran selalu saya tunggu dari bapak/ibu sekalian untuk saya jadikan bahan pertimbangan dalam perbaikan blog ini dimasa datang. Dalam blog ini juga tersedia berbagai administrasi PAUD lainnya secara lengkap dan terupdate, untuk mencari administrasi yang anda butuhkan silahkan cari melalui kotak pencarian diatas atau melalui menu yang tersedia.

Sumber http://www.downloadadmintrasisekolah.com/

Belum ada Komentar untuk "Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel