Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017

Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017 Modul ini akan dikuasai dengan optimal bila Anda telah mempelajari dan memahami modul Kelompok Kompetensi ( KK-A ) sampai dengan Kelompok Kompetensi  ( KK-J ). Pada modul ini terdapat dua unsur yang sangat penting, yaitu Pedagogik dan Profesional. Kedua unsur tersebut yang nantinya digunakan oleh guru sebagai dasar materi pembelajaran. Berikut ini penjelasan singkat mengenai Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017, dan lebih lengkapnya nanti bisa anda dwonload pada bagian akhir artikel.
 Modul ini akan dikuasai dengan optimal bila Anda telah mempelajari dan memahami modul Kel Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017
Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017

Pembahasan Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017
 
  1. Karakteristik siswa dan teori belajar matematika di SMP (modul KK-A Pedagogik dan KK-B Pedagogik);
  2. Pengembangan indikator pencapaian kompetensi (modul KK-E Pedagogik);
  3. Analisis materi pembelajaran (modul KK-E Pedagogik dan KK-I Profesional);
  4. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan hasil analisis materi pembelajaran (modul KK-C Pedagogik dan KK-DPedagogik);
  5. Pemilihan dan penentuan media pembelajaran yang relevan dengan muatan materi dan kompetensi yang dipelajari siswa (modul KK-H Profesional dan KK-I Pedagogik);
  6. Rancangan penilaian proses dan hasil belajar siswa pada suatu kompetensi dasar (modul KK-G Pedagogik dan KK-H Pedagogik).
  7. Bilangan, Aljabar, Geometri, Statistika dan Peluang (modul KK-A Profesional s.d KK-G Profesional). 
Topik Belajar Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017
  1. Ketentuan penyusunan RPP;
  2. Pemetaan muatan atau isi RPP Matematika SMP;
  3. Penyusunan RPP Matematika SMP. 
Topik belajar tersebut masing-masing akan diakomodasi dalam modul ini dalam tiga Kegiatan Pembelajaran (KP). 
  1. KP-1: Ketentuan Penyusunan RPP, membahas tentang pengetahuan menyusun RPP berdasarkan Standar Proses pada Dikdasmen (Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016) yang mencakup prinsip dan karakteristik pembelajaran, hakikat RPP, prinsip penyusunan RPP dan komponen RPP. Dalam KP-1 ini Anda diajak untuk mempraktikkan pengetahuan tersebut melalui kegiatan telaah RPP. 
  2. KP-2: Pemetaan Muatan atau Isi RPP, membahas tentang pemetaan muatan atau isi RPP dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan terakhir pada satu materi pokok pembelajaran agar berkesinambungan atau memiliki benang merah.
  3. KP-3: Penyusunan RPP, membahas tentang cara menyusun RPP Matematika SMP.

Cara Penggunaan Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017
Cara Penggunaan Modul pada Kegiatan Tatap Mukan dan In-On-In: Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017  ini dapat digunakan dalam program pembinaan karier guru melalui peningkatan kompetensi dengan moda tatap muka, baik tatap muka penuh maupun secara In-On-In. Alur model pembelajaran secara umum dapat dilihat pada bagan berikut ini.

Deskripsi Kegiatan Diklat Tatap Muka Penuh
Kegiatan pembelajaran diklat tatap muka penuh adalah kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui model tatap muka penuh yang dilaksanakan oleh unit pelaksana teknis dilingkungan Ditjen GTK maupun lembaga diklat lainnya. Kegiatan tatap muka penuh ini dilaksanan secara terstruktur pada suatu waktu yang di pandu oleh fasilitator. Kegiatan tatap muka penuh dilaksanakan menggunakan alur pembelajaran sebagai berikut.
  • Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan fasilitator memberi kesempatan kepada peserta diklat untuk mempelajari :
  1. latar belakang yang memuat gambaran materi 
  2. tujuan kegiatan pembelajaran setiap materi
  3. kompetensi atau indikator yang akan dicapai melalui modul.
  4. ruang lingkup materi kegiatan pembelajaran
  5. langkah-langkah penggunaan modul 
  • Mengkaji Materi 
Pada kegiatan mengkaji materi modul Kelompok Kompetensi (KK) Pedagogik Perencanaan Pembelajaran Matematika SMP ini, fasilitator memberi kesempatan kepada peserta untuk mempelajari materi yang diuraikan secara singkat sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi. Guru yang menjadi peserta dapat mempelajari materi secara individual ataupun berkelompok dan sehingga dapat mengkonfirmasi segala permasalahan yang dihadapi kepada fasilitator
  • Melakukan aktivitas pembelajaran 
Lembar Kegiatan (LK) pada setiap pembelajaran pada tahap tatap muka penuh adalah media untuk yang digunakan untuk pemahaman tentang pembahasan materi yang telah dipelajari. Dengan bantuan LK pada aktivitas pembelajaran, peserta secara aktif menggali informasi, mengumpulkan dan mengolah data sampai akhirnya dapat membuat kesimpulan tentang hasil belajar yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran. 
  • Presentasi dan Konfirmasi 
Pada kegiatan ini peserta melakukan presentasi hasil kegiatan pembelajaran sedangkan fasilitator melakukan konfirmasi terhadap substansi presentasi. Pada tahap ini peserta dan penyaji me-reviu materi pembelajaran berdasarkan seluruh kegiatan pembelajaran. 
  • Persiapan Tes Akhir 
Pada bagian panitia mendampingi fasilitator untuk menginformasikan tes akhir yang akan dilakukan dari seluruh peserta yang kemudian dinyatakan layak tes akhir.

Dwonload Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017 bentuk rar yang didalamnya terdapat Kelompok Kompetensi ( KK A – KK J ) pada tautan dibawah ini :


Demikian tadi artikel mengenai Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017, semoga bermanfaat dan membantu anda sebagai bahan referensi PKB.

Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Modul PKB Matematika SMP Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel