Apa Itu Warna Analogus ? Berikut Contoh dan Penjelasannya

Assalamualaikum. salam sobat grafi-media, selamat datang di blog yang membahas seputar ilmu desain grafis. Dalam teori warna, ada istilah yang disebut Warna Analogus yang juga termasuk dalam Skema warna. jadi pemanfaatannya biasa digunakan dalam mengkombinasikan warna. teori ini masih berhubungan dengan Warna komplementer, triad komplementer. untuk lebih jelasnya silahkan baca baik-baik dibawah.

Penjelasan Tentang Analogus

Apa itu analogus ?, kamu yang masih sangat awam dengan warna ini pasti bertanya-tanya dan mulai menerka-nerka apa yang dimaksudkan dengan jenis warna ini. Jika kamu ingin mencari tahu dan mengetahui secara lengkap apa yang dimaksud dengan warna analogus, maka bacalah tulisan ini sampai akhir. Sebab kami akan membahasnya secara lengkap, mulai dari pengertian dan juga contohnya untuk kamu semua.

Pertama-tama mari kita bahas warna analogus berdasarkan bahasanya. Analogus merupakan sebuah kata yang bersumber dari bahasa latin Yunani yaitu analogous. Maksud dari kata tersebut adalah mempunyai proporsi yang sesuai atau dengan kata lain proporsional. Makna tersebut sangat menyerupai dengan kata analogi yang memiliki arti kesamaan.

Kata lain yang menyerupai dengan makna analogous adalah sinonim yang memiliki arti sebanding, serupa, dam mirip

Apa Itu Warna Analogus? Ini Penjelasannya


Warna Analogus adalah 3 kelompok warna yang terlihat sama dan mirip tetapi sebenarnya memiliki perbedaan. Dengan artian zat warnanya berbeda, tetapi masih dalam satu jenis warna yang sama. lebih jelasnya lagi, warna analogus ialah warna yang masih berdekatan. misalnya dari Merah, Orange kemerahan dan Orange. ketiganya masih berdampingan. beriktu contoh gambarnya:
Warna Primer yaitu WarnaMerah, Warna Kuning dan Biru. ketiganya ini jika sudah dicampur akan menghasilkan Warna Sekunder. selanjutnya Sekunder akan menghasilkan Warna Tersier. dari semua warna yang ada akan menghasilkan susunan warna yang saling berdampingan. coba liat contoh dibawah:
 selamat datang di blog yang membahas seputar  Apa Itu Warna Analogus ? Berikut Contoh dan Penjelasannya

Bagaimana ? sudah bisa mengerti kan seperti apa itu warna analogus.

Warna analogus merupakan lawan dari Warna Kontras, karena warna analogus memang kombinasi warna yang masih serumpun. jadi kalau dilihat dengan mata, tidak begitu nampak perbedaan warnanya. sangat jauh dengan warna kontras.
Baca juga Arti Warna Kesukaanmu

Penjelasan Selanjutnya

Jika kamu masih sulit untuk memahami pengertian di atas, maka kami akan memberikan contoh kepada kamu agar lebih mudah untuk memahami maksud dari warna analogus. Sebagai contohnya adalah warna kuning dan hijau kekuningan. Kedua warna tersebut secara zat atau pigmen warna sangatlah berbeda, tetapi jika kamu lihat secara langsung tampak sama dan tidak berbeda sama sekali.

Hal tersebut dapat terjadi karena kedua jenis warna di atas masih berdekatan dan masih satu turunan antara satu dengan yang lainnya. Warna hijau kekuningan berasal dari campuran warna kuning dengan sedikti warna biru, sehingga bisa menghasilkan warna yang sedemikian rupa.

Warna analogus juga sering kali diartikan sebagai kombinasi dari warna-warna yang terdekat. Sebagai contohnya warna merah yang cocok dengan warna oranye, warna oranye sangat terlihat harmonis dengan warna kuning. Sama halnya jika warna kuning dipadukan dengan warna hijau atau pun warna biru yang sangat serasi dengan warna ungu. Dari pengertian yang satu ini warna analogus dapat diartikan sebagai sebuahh warna yang sangat berdekatan dikarenakan mempunyai unsur warna yang sama.

Mengapa bisa demikian?


Sebagai contohnya kami akan memberikan contoh berupa warna merah dan jingga. Kedua jenis warna tersebut sama dikarenakan warna jingga sendiri terbentuk dari warna merah dan warna kuning. Selanjutnya ada warna biru dan warna ungu, dimana kedua jenis warna ini dianggap sama karena warna ungu terbentuk dari perpaduan warna biru dan warna merah.

Bagaimana sudah paham sampai disini?


Jika belum paham, maka kami akan menjelaskan lebih jauh tentang warna analogus kepada kamu semua.

Warna analogus merupakan warna yang saling berdekatan satu dengan yang lainnya. Di antara warna tersebut memiliki gelombang cahaya dan juga pigmen warna yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan perbedaan antara warna analogus tidak begitu terlihat jika kamu melihatnya secara langsung.

Agar lebih jelas kamu bisa melihat lingkaran warna brewster untuk memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan warna analogus. Jika kamu perhatikan ada tiga zona warna yang ada di dalam lingkaran warna brewster. Zona yang pertama adalah warna merah menuju warna kuning, dalam zona ini keseluruhan warna yang berderet dari warna merah sampai kuning disebut dengan warna analogus.

Mengapa bisa demikian?


Hal ini dikarenakan semua jenis warna tersebut masih satu rumpun, dimana warna-warna tersebut muncul akibat percampuran antara warna merah dan warna kuning yang ada, meskipun percampuran tersebut dengan takaran yang berbeda-beda.

Namun harus kamu ingat jangan teruskan sampai ke warna biru, sebab tambahan warna tersebut bukan lagi termasuk warna analogus. Hal ini disebabkan telah ada tambahan warna primer lain di dalamnya.

Dalam memahami warna analogus gunakan batas berupa 2 warna primer yang ada disana. Dengan demikian zona analogus adalah warna yang ada diantara warna merah dan kuning, kemudian warna kuning sampai warna biru, dan zona yang terakhir adalah warna biru sampai warna merah.
Baca juga : Pengertian warna polikromatik dan monokromatik
Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kamu semua berkaitan dengan warna analogus.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Warna Analogus ? Berikut Contoh dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel