Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop

Assalamualaikum. Salam semuanya, semoga selalu dalam kondisi sehat. kali ini saya akan mengajarkan satu trik photoshop yang ajib. yaitu Cara menghapus tulisan tanpa merusak background pada gambar. misalnya sobat memiliki gambar yang didalamnya ada watermark atau teks. tapi merasa itu semua menganggu keindahannya, jadi ingin menghapusnya. maka gunakan teknik dibawah, dijamin background tidak cacat.

Menghapus Tulisan Otomatis Tanpa Merusak Background 

Cara pertama, kita akan menggunakan fitur "Content aware" Photoshop. Fungsinya ialah untuk menghilangkan objek apapun secara halus. jadi hasilnya seperti tidak ada objek pada gambar

Menurut saya, Content aware ini memanfaatkan tekstur yang ada disekitarnya. jadi dia mengambil bagian yang mirip lalu mengganti pada bagian yang terhapus. berikut tutorialnya.

1. Buka Aplikas Adobe Photoshop. disini saya memakai Photoshop Cs6. siapkan gambar yang mau dihapus tulisannya. Klik File - Cari gambar sobat - Open. gambar dibawah terdapat tulisan "IndoINT" sebagai watermarknya. nah tulisan itulah yang mau dihilangkan.
Tool seleksi,"Rectangle Marquee Tool", lalu buatlah seleksi pada teks tersebut. bisa seleksi permasing-masing huruf supaya lebih baik hasilnya. karena ini latihan, jadi saya langsung seleksi secara keseluruhan.
Pastikan sebelum menyeleksi, layer gambar diklik dulu.
 kali ini saya akan mengajarkan satu trik photoshop yang ajib Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop

3. Pergi ke Menu Edit - Fill (Shift F5). akan tampil kotak dialog "Fill". pada Content, pilih "Content-Aware" selebihnya biarkan standar. Klik Ok. maka fitur ini akan langsung meregenerasi bagian yang telah terseleksi tadi. tunggu beberapa detik.
 kali ini saya akan mengajarkan satu trik photoshop yang ajib Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop

4. Hasilnya pun akan seperti dibawah. tulisan sudah hilang, sedangkan background tetap ada dan tidak terganggu. kalau sobat tidak merasa puas, coba gunakan teknik ini, namun seleksinya setiap huruf. pasti hasilnya lebih maksimal lagi.
 kali ini saya akan mengajarkan satu trik photoshop yang ajib Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop

Menghapus Tulisan Pada Foto Dengan Spot Healing Brush Tanpa menghapus background

Kalau diatas metodenya otomatis, sementara ini semi manual. karena kita akan menggunakan tool yang mirip brush, namun punya kelebihan. dalam tools ini sudah dipadukan dengan "Content aware", jadi ketika menyapukan brush ke area tertentu, content aware langsung bekerja. mirip kan caranya. okeh, langsung praktek.

Dianggap Photoshop sudah terbuka, dan gambar yang diolah juga masih sama yah. 
Klik "Spot Healing Brush Tool" pada toolbox photoshop. kemudian pergi ke pengaturan, dibawah menu. pastiskan ceklis "Content-aware", karena kita akan memadukannya.

Setelah itu, klik kanan pada area gambar dan aturlah ukuran brush. kemudian mulailah menyapukan Brush diarea tulisan. usapkan lalu lepaskan, lihat hasilnya. lakukan sampai selesai. nanti hasilnya tidak beda jauh dengan yang diatas. semoga berhasil.
 kali ini saya akan mengajarkan satu trik photoshop yang ajib Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop

Untuk melihat contoh tutorial tentang kasus yang sama, bisa lihat dibawah:
Okelah. mungkin itu saja. semoga tidak ada masalah lagi. rajin-rajinlah melatih skill photoshop. karena aplikasi ini bisa berguna disegala medan tempur. Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Tulisan Tanpa Merusak Background di Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel