Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13

Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13 (Kurikulum 2013) - Sejalan dengan perkembangan sistem teknologi era modern, pembelajaran akuntansi berbasis microssoft excel menjadi perhatian khusus di sekolah menengah kejuruan, hal tersebut kemudian di kembangkan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bisnis dan Pariwisata senantiasa melakukan upaya peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan Disparitas mutu merupakan masalah yang mendesak untuk diminimalisasi, bagaimanapun juga faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya proses pendidikan bermutu.
Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13
Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13
Upaya peningkatan mutu melalui pendidikan dan pelatihan akan sangat ditunjang oleh adanya Bahan ajar yang relevan dengan tujuan diklat dimaksud. Bahan ajar ini disusun sebagai media dan merupakan stimulus yang dirancang untuk direspon oleh peserta diklat sehingga peserta diklat dapat menguasai kompetensi yang dibutuhkan secara tepat dan bermutu.

Bahan ajar ini berjudul “Spreadsheet Untuk Akuntansi” disusun oleh Muhammad Arif Adriyanto SE.Ak,M.Si. Bahan materi modul Spreadsheet akuntansi merupakan komponen pendukung Pendidikan dan Pelatihan Program Akuntansi Tingkat Dasar bagi Guru SMK yang diharapkan dapat memperdalam kajian dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tersebut yang mendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Masukan, kritik dan saran yang bersifat kontruktif untuk penyempurnaan Bahan ajar ini sangat diharapkan. Semoga bahan ajar ini bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya kompetensi guru Akuntansi SMK.

Materi spreadsheet akuntansi secara pokok menjelaskan tentang rumus-rumus dalam membuat aplikasi akuntansi, proses pembuatan aplikasi dan bagaimana mengoperasikannya. Juga diberikan beberapa soal latihan sebagai bentuk praktek sesuai materinya. Selain itu juga diberikan beberapa tips dan trik untuk membuat aplikasi yang mungkin sebagai penambahan informasi bagi peserta diklat.

Penulisan formula dalam modul ini menggunakan setting tanda titik koma (;) sebagai pemisahnya. Jika komputer anda tidak menggunakan setting tersebut, anda tinggal mengganti tanda titik koma (;) dalam setiap formula sesuai dengan setting komputer yang anda gunakan. Apabila Anda ingin menyesuaikan setting yang sama dengan modul, maka berikut langkah-langkahnya.

  • Buka jendela Control Panel, klik pada pilihan Regional and Language Options.
  • Tampil jendela Regional and Language Options. Posisi ada di dalam tab Regional Options.
  • Pada pilihan Select an item to match its preference, or click Customize to choose your own formats, pilih Indonesian. Ikuti langkah berikutnya sesuai gambar di bawah ini.


Materi Pokok dan Sub Pokok Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13 terdiri dari 3 bagian yaitu rumus dan fungsi, pembuatan aplikasi akuntansi dan tombol otomatis. Sub materi rumus dan fungsi membahas beberapa jenis rumus dan fungsi dasar pembangun aplikasi. Sub materi pembuatan aplikasi akuntansi membahas tentang pembuatan lembar kerja dan aplikasinya. Sub materi tombol otomatis mengulas tentang teknik membuat dan menyusun tombol otomatis dalam lembar kerja.
Sumber https://www.pelitaguru.id/

Belum ada Komentar untuk "Materi Modul Spreadsheet Akuntansi Kelas X XI XII SMK KTSP/K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel